Contoh Modal Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Jenis Modal Sosial

Modal sosial menjadi salah satu bahasan penting dalam objek kajian sosiologi. Hal ini lantaran hampir semua element kehidupan bermasyarakat tidak terlepas daripada modal awal yang dipergunakan untuk menumbuhkambengkan perekonomian ataupun pemberdayaan berbasis komunitas. Oleh sebab itulah manakala bisa memaksimlakan modal sosial yang ada tentusaja proses pembangunan masyarakat bisa berjalan sebagimana mestinya.

Modal Sosial

Modal sosial secara sederhana diartikan sebagai kepunyaan atau keahlian seseorang yang mana menjadi kelebihan untuk dirinya sendiri sehingga mampu disebut sebagai modal dalam kehidupan sosial bermasyarakat melalui serangkaian pemberdayaan yang akan dijalankan.

Contoh Modal Sosial

Untuk memperdalam terkait dengan beragam contoh modal sosial yang bisa dimaksimalkan dalam pemberdayaan masyarakat berikut ini adalah penjelasannya. Antara lain;

  1. Jejaring/Jaringan Sosial

Jaringan sosial atau relasi yang luas merupakan modal sosial yang sangat baik untuk dimiliki setiap orang. Dengan memiliki relasi sosial yang luas, maka peluang dan kesempatan-pun akan semakin luas untuk dikembangkan, apalagi pada era digital seperti saat ini, maka modal sosial jejaring bisa dipergunalan.

Contoh nyata yang ada di masyarakat misalnya saja apa yang terjadi di Kampung Inggris Pare, bisa terkenal karena adanya jejaring sosial yang membumingkan disana sebagai tempat belajar terbaik Bahasa Inggris di Indonesia.

  1. Ketimbal-balikan (reciprocity)

Adanya simbiosis mutualisme dalam kehidupan sosial akan menciptakan bentuk ketimbal-balikan antara dua pihak yang mampu menjadi modal sosial yang kuat. Kedua pihak akan merasakan hal yang menguntungkan dan membangun menuju kemajuan

  1. Kepercayaan

Kepercayaan adalah sesuatu yang mahal harganya. Memiliki rasa percaya dari orang lain, berarti ada tanggung jawab dan juga kesempatan yang bersandar di pundak kita. Menjadi satu modal yang kuat bagi seseorang apabila mampu mendapatkan kepercayaan terus menerus dari pihak lainnya.

  1. Nilai/akhlak

Nilai sosial atau akhlak manusia merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya. Di era ini banyak orang yang pintar, tapi tidak memiliki akhlak atau nilai yang baik sebagai seorang manusia. Maka nilai atau akhlak ini mampu menjadi modal yang begitu baik dalam bermasyarakat.

  1. Norma

Apabila mampu menaati dan mematuhi kaidah serta norma-norma sosial dengan baik, mampu menginspirasi orang lain, dan memiliki modal sosial yang juga kuat sebagai seorang manusia agar bermanfaat dalam hidupnya. Adapu contoh pemanfaatan norma ini misalnya saja adanya KitaBisa sebagai salah satu media online yang memiliki norma untuk pengalangan dana.

  1. Pengakuan

Dalam beberapa hal, pengakuan dari orang lain menjadi penting untuk menunjukkan kerja keras dan keringat yang telah dilakukan. Seperti halnya mengikuti perlombaan memasak, dengan pengakuan baik dari dewan juri yang profesional, maka menjadi modal besar untuk terus melanjutkan perjuangan memasak dan memenangkan perlombaan.

  1. Ekonomi

Tanpa dipungkiri, faktor ekonomi dalam hal ini dapat diartikan dengan uang, memiliki peran penting menjadi modal seseorang untuk memulai membangun citra kepada masyarakat bahwa ia sebagai orang yang sukses dalam mengapai cita-citanya.

  1. Hukum

Ketaatan seseorang akan hukum yang berlaku dan mampu menyebarkannya sikap dan perilaku tersebut pada orang-orang di lingkungan sosial sekitar, menjadi sebuah modal sosial yang baik dan cukup kuat bagi seseorang untuk mempergunakannya.

  1. Teknologi

Memiliki atau menguasai suatu teknologi tertentu akan menjadi manfaat modal sosial yang baik bagi seseorang, khususnya dalam pencarian pekerjaan tertentu yang membutuhkan keahlian tertentu terhadap penguasaan teknologi yang semakin kompetisitif ini.

  1. Kebudayaan

Modal dalam arti kebudayaan yang kuat mampu menjadi karakter yang kuat pula bagi dunia luar. Seperti halnya orang asli Bali, yang sangat kental dan sarat akan budayanya, memiliki modal kuat di mata dunia untuk pengbangan pariwisata yang ada di wilayah tersebut.

  1. Skill/passion

Dengan skill atau passion atau kebisaan tertentu yang disenangi sebagai hobi dan dijiwai sebagai bagian dari diri akan menjadi modal kuat bagi seseorang di lingkungan sosial. Karakter yang otentik adalah modal yang diperlukan setiap orang.

  1. Sumber daya alam

Modal sumber daya alam yang melimpah tinggal menunggu dikelola dengan maksimal dan bertanggung jawab oleh tangan-tangan yang secara nyata mampu berfikir dan mengesekusinya dengan kreatif dan inovatif dalam memajukan masyarakat yang ada.

  1. Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan menjadi modal yang kuat bagi kehidupan sosial karena ilmu pengetahuan adalah satu-satunya hal yang mampu membuat setiap orang berpikir lebih dalam dan dari berbagai sisi dan sudut pandang dalam menciptakan kepuasaan terhadap jawaban yang dimilkinya.

  1. Kesehatan

Lingkungan, pikiran, serta jiwa yang sehat adalah modal utama yang harus dimiliki setiap orang sebagai sebuah upaya mencapai hidup lebih baik. Tidak akan ada gunanya memiliki semua modal, tanpa memiliki modal kesehatan yang terbaik.

  1. Komunikasi

Komunikasi yang baik tidak hanya sekadar membalas bahasa dengan bahasa, tapi bagaimana komunikasi ini mampu bersifat komunikatif dan memberikan nilai bagi pihak-pihak yang berkomunikasi. Modal ini tidak serta merta datang pada setiap orang, tapi apabila tekun mempelajarinya, terus belajar berinteraksi, maka modal ini akan terlatih dengan sendirinya.

Itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam jenis dan contoh-contoh modal sosial di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja melalui artikel ini memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *