5 Contoh Mobilitas Sosial Struktural di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Mobilitas Sosial Struktural

Diakui ataupun tidak, dalam objek kajian sosiologi terjadinya mobilitas sosial struktural bisa disebabkan karena adanya faktor pendorongnya. Salah satunya seperti telah terjadinya bencana alam, ketidaksetabilan kehidupan, akibat adanya beragam contoh konflik sosial, dan lainnya.

Kasus seperti itulah menjebabkan terjadinya mobilitas sosial struktural tidak terhindarkan. Bahkan di Indonesia sendiri sebagai karakteristik negara berkembang pada Tahun 2015 telah terjadi perpindahan masyarakat radius 5 KM dari Gunung Sinabung.

Mobilitas Sosial Struktural

Mobilitas struktural adalah gerak sosial adanya perubahan dalam status sosial maupun peran sosial individu dan kelompok yang disebabkan lantaran adanya peperangan, bencana alam, pemberontakan, dan lainnya sehingga prihal ini lebih menekankan adanya keterpaksaan maupun keinginannya.

Contoh Mobilitas Struktural

Adapun untuk contoh adanya kasus tentang terjadinya mobilitas sosial struktural. Misalnya saja;

  1. Rara sebagai orang china mempunyai keluarga di luar negeri yang dahulunya juga berwarga negara Indonesia. Namun, lantaran telah terjadi konflik sosial terhadap etnis china kisaran tahun 1998 keluarga Rara memilih untuk pindah kewargeneragaan.
  2. Adanya Mantan Anggora DPR RI dari daerah Lampung yang pada tahun 2019 memenangkan pemilihan umum, namun pada Tahun 2024 ia kalah suara, sehingga prihal ini akhirnya memutuskan untuk kembali ke daerahnya dan meninggalkan Jakarta sebagai pusat pemerintahan.
  3. Tahun 2002 telah terjadi Tsunami di Aceh, dimana prihal ini sebagian masyarakat Aceh memilih pindah ke daerah lainnya. Proses perpindahannya tentusaja memiliki status sosial dan peran sosial baru namun juga berpengaruh pada strukturnya.
  4. Adanya program pemerintah yang ingin membangun waduk maupun jalan tol. Dimana untuk sebagian masyarakat yang lokasinya berada di rancangan pembangunan tersebut harus melakukan pindah, perpindahannya inilah terjadi karena adanya perubahan struktur.
  5. Pindahnya masyarakat dari hutan lindung yang disebabkan karena adanya himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada mayarakat untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek rumah kaca yang sudah terjadi hampir di seluruh belahan dunia.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa mobilitas sosial struktural pada hakekatnya mengacu pada pergeseran status sosial dan peran sosial yang dialami oleh individu dari satu kondisi ke kondisi sosial lainnya yang berbeda akibat dari adanya perubahan dalam kebijakan struktur sosialnya.

Sehingga pergeseran kadangkala ini sendiri bisa saja berubah menjadi lebih tinggi, lebih rendah, antargenerasi, mapun intragenerasi.  Namun yang pasti, untuk lebih atau kurang memberi manfaat bagi orang-orang karena dimotivasi oleh berbagai faktor dalam masyarakat dan pekerjaan untuk mencapai peran baru yang menawarkan standar hidup yang lebih baik dan penghargaan yang lebih besar. Disinilah setiap orang bersaing dan bekerja sama dengan orang lain dalam masyarakat untuk menaiki tangga mobilitas sosial.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh terjadinya mobilitas struktural di masyarakat dalam keseharian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semua pembaca yang ingin mendalaminya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *