5 Contoh Mobilitas Sosial Intragenerasi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Mobilitas Intragenerasi

Mobilitas sosial intragenerasi pada dasarnya berperan sebagai penggambaran atas beragam fenomena sosial dalam masyarakat yang telah terbangun dilampiaskan melalui jalur peran sosial dan status sosial yang terbagi dalam generasi yang sama.

Namun kadangkala bahasan terkait bentuk mobilitas ini bisa terjadi dengan naik namun juga turun semuanya bergantung pada kemampuan setiap individu dalam mengelola modal sosial, jaringan sosial, dan memanfaatkan potensi yang sudah ada dalam dirinya.

Mobilitas Intragenerasi

Definisi mobilitas sosial intragenerasi adalah terjadinya bentuk perubahan sosial akibat pergeseran status sosial dalam satu generasi yang sama dalam ukuran anggota keluarganya. Disinilah bisa saja seorang individu melakukan perpindaham naik atau turun lantaran adanya pengaruh orang lain dalam anggota keluarganya yang masih satu keturunan.

Contoh Mobilitas Sosial Intragenerasi

Adapun penggambaran atas adanya mobilitas intragenerasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Naik

Kasus adanya mobilitas intragenerasi yang naik. Misalnya saja;

  1. Agus dan tim diberikan tugas baru oleh pimpinan perusahaan, dimana pimpinan tersebut dalam status sosialnya sebagai Adik Kandung Amir, tugas tesebut merupakan tugas yang lumayan baru dan belum pernah Agus kerjakan sebelumnya. Begitupun dengan rekan tim yang lain mereka merasa kebingungan dan juga mereka semua juga belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas baru tersebut. Sehingga dalam hal ini status Amir mengalami mobilitas intragenerasi naik atau vartikal lantaran sebagai pimpinan perusahaan.
  2. Adanya Jokowidodo sebagai Presiden Republik Indonesia selama dua periode, ia memiliki dua 3 anak yang salah satunya ialah Gibran Rakabuming Raka sebagai Walikota Surakarta sedangkan Kahiyang Ayu sebagai Adiknya menjadi Ibu Rumah Tangga meskipun suaminya juga menjadi Walikota Medan. Disinilah Gibran mengalami mobilitas sosial intragenerasi naik dibadingkan dengan Kahiyang Ayu.
  1. Turun

Mobilitas sosial intragenerasi yang turun. Misalnya saja;

  1. Sandi termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan karena status pendidikannya lulusan S3. Sedangkan adik Sandi bernama Santi tidak memiliki kesempatan tersebut, sehingga dalam hal inilah Santi mengalami mobilitas intragenerasi yang turun.
  2. Dika ialah seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang expedisi sedangkankan Rendy sebagai adik Dika bekerja sebagai pemulung sampah. Dalam kasus inilah Rendy mengalami mobilitas sosial intragenerasi turun.
  3. Marry seorang lulusan S1 di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, hingga akhirnya pada saat ini Merry bekerja sebagai Direktur di salah satu perusahaan BUMN. Sedangkan Agus sebagai adik Merry tidak bekerja alias pengangguran, alasannya karena Agus dahulu tidak berkeinginan melanjutkan pendidikan. Penggambaran agus dalam hal ini bagian daripada mobilitas intragenerasi yang turun.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa mobilitas sosial intragenerasi ialah sgerak dalam struktur sosial yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial dalam ranahnya sebagai bagian daripada keluarga. Disisi lainnya, bahasan pada jenis mobilitas ini bisanya dikemukakan dalam kasus mobilitas sosial antargenerasi dan intragenerasi.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya kasus mobilitas sosial intragenerasi yang terjadi secara naik dan turun di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *