5 Contoh Mobilitas Sosial Antargenerasi di Masyarakat

Diposting pada

contoh mobilitas sosial antargenerasi

Bahasan terkait dengan penjabaran atas mobilitas sosial antargenerasi dan intragenerasi kadangkala sangatlah sulit dibedakan. Alasannya karena keduanya menjadi bagian daripada perpindahan individu, keluarga, dan bentuk kelompok sosialnya dan satu lapisan ke lapisan sosial lainnya. Namun yang pasti, untuk mobilitas sosial antargenerasi ditandai oleh perpindahan antar pelapisan sosial menyangkut dua generasi yang berbeda dalam satu arti keluarga.

Penerapan atas contohnya daripada mobilitas antargenerasi ini bisa sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dari segi profesi, pendidikan, maupun status sosial dan peran sosial lainnya. Yang bisa saja terjadi naik maupun turun.

Mobilitas Sosial Antargenerasi

Mobilitas antar generasi adalah gerak sosial yang dilakukan seseorang atas perpindahan status sosial dalam dua generasi yang berbeda namun untuk bagian keluarga yang sama yang bisa saja menjalankan perpindah naik atau turun lantaran adanya pengaruh anggota keluarganya yang berbeda generasi.

Tentusaja arti mobilitas sosial (social mobility) antargenerasi ini memiliki ciri khas dalam perkembangan taraf hidup yang senantisa berpihak pada generasi sama, namun proses sosial dan interaksi sosial lebih menekankan pada status sosial suatu generasi ke generasi lainnya.

Contoh Mobilitas Antargenerasi

Adapun untuk contoh adanya kasus yang menggambarkan adanya mobilitas sosial terjadi antargenerasi. Misalnya saja;

  1. Naik

Prihal ini kasusnya seperti;

  1. Siang ini Santi sedang melayani banyak nasabah di salah satu perbankan milik BUMN, dimana terdapat antrian cukup panjang dan Santi melihat salah yang berbaris mengantri ialah Mawar sebagai salah satu anak paman anda. Mawar terlihat mengantri ingin mengambil uang bantuan dari pemerintah karena mawar tergolong sebagai orang dengan kelas ekonomi menengah ke bawah. Meslihat kasus ini sejatinya Santi menjadi bagian daripada mobilitas sosial antargenerasi yang naik.
  2. Kasir merupakan salah satu petani miskin yang ada di desa tertentu, dimana Kasir pada saat ini memiliki anak yang mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri untuk melanjutkan pendidikannya. Status anak Kasir ini menjadi bagian daripada mobilitas sosial antargenerasi yang naik, alasannya karena keberhasilan dan kecerdasannya memberikan peluang untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  3. Jokowidodo menjadi Presiden ke-7 di Indonesia salam dua periode. Jokowi yang merupakan anak dari Bapak Widjiatno Notomihardjo dan Ibu Sudjiatmi menjadi bagian daripada mobilitas antargenerasi yang naik. Alasannya karena kedua orangtua Jokowidodo dahulunya tidak berstatus sebagai Presiden Republik Indonesia.
  1. Turun

Contoh penggambaran atas mobilitas sosial antargenerasi yang turun. Misalnya saja;

  1. Amir merupakan salah satu Guru Besar di perguruan tinggi tertentu sedangkan Tika anak Prof Amir tidak melanjutkan pendidikan bahkan memilih untuk menikah di usia muda. Status tika dalam hal ini menjadi penggambaran akan adanya mobilitas antargenerasi dengan sifat turun.
  2. Adanya status Tommy Soeharto sebagai anak Presiden Soeharto menjadi penggambaran atas adanya mobilitas antargenerasi dengan sifat turun. Alasannya karena keduanya memanglah satu keluarga, namun dalam statusnya sendiri Tommy Soeharto sampai saat ini belum menjadi Presiden Indonesia.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan, dapatlah dikatakan bahwa mobilitas sosial antargenerasi ialah adanya gerak dalam bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam dua generasi atau lebih. Kasusnya bisa saja ada untuk generasi ayah-ibu, generasi anak, generasi cucu, generasi kakek-nenek, dan lain sebagainya. Sehingga prihal ini inilah proses terjadinya ada social climbing mobility (mobilitas vertikal naik) dan social sinking (mobilitas vertikal turun) dengan contohnya masing-masing.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya kasus mobilitas sosial antargenerasi yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberikan wawasan serta edukasi mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *