5 Contoh Kontribusi ke Perusahaan yang Bisa Diberikan

Diposting pada

Contoh Kontribusi untuk Perusahaan

Kontribusi yang dalam Bahasa Inggris contribution memiliki arti keikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri, atau sumbangan. Dalam hal ini tentusaja adanya perwujutan atas arti kontribusi bisa berupa materi atau bentuk tindakan sosial lainnya.

Disisi lainnya, dengan memberikan kontribusi, menunjukkan bahwa individu dan kelompok telah berusaha meningkatkan efesiensi dan efektivitas hidupnya. Misalnya dalam bentuk pemikiran kepada perusahaan, adanya sikap kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya.

Kontribusi Perusahaan

Kontribusi perusahaan adalah bagian daripada sumbangan tenaga maupun pikiran yang dapat kita berikan kepada perusahaan tempat kita bekerja. Biasanya pada awal ketika kita melamar pekerjaan, pemberi kerja akan memberikan pertanyaan terkait kontribusi yang nantinya akan kita berikan kepada perusahaan saat kita telah diterima bekerja disana.

Kita dapat memberikan kontribusi positif kepada perusahaan dalam berbagai bentuk dan ukuran, tapi kontribusi yang terbaik akan membuat perbedaan material bagi kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Contoh Kontribusi di Perusahaan

Contoh adanya perwujutan daripada kontribusi positif yang dapat kita berikan kepada perusahaan, diantaranya;

  1. Memiliki produktifitas yang tinggi

Seorang karyawan harus efisien dan efektif dalam melakukan pekerjaan mereka. Karyawan yang efisien akan menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat dan tidak boros sumber daya, termasuk dalam hal waktu manajemen. Karyawan yang efektif akan melakukan pekerjaan mereka dengan kualitas tinggi.

  1. Memiliki kreativitas yang tinggi

Seorang karyawan diharapkan mampu memunculkan ide atau mengajukan pertanyaan yang bijaksana untuk mendorong ide. Misalnya kita bisa menambahkan setidaknya satu komentar yang bermanfaat atau membuat satu komentar yang mendukung komentar orang lain, serta berfokus pada solusi dari masalah yang diangkat.

  1. Memberikan dampak langsung pada leba perusahaan

Salah satu kontribusi paling nyata yang dapat kita berikan untuk perusahaan adalah berdampak langsung pada laba perusahaan, baik dengan menghasilkan pendapatan tambahan atau dengan potongan biaya untuk produksi tertentu.

Pikirkan kembali kinerja yang telah kita lakukan untuk perusahaan. Apakah kita sudah membuat jumlah penjualan yang memecahkan rekor? Mencacari solusi yang lebih murah? Mengkonsolidasikan layanan untuk mengurangi biaya yang terbuang? Atau bentuk kontribusi lainnya. Idealnya, kita dapat menggunakan metode STAR, dengan menggambarkan Situation (Situasi), Task (Tugas), Action (Tindakan yang kita ambil) dan Result (Hasil yang kita capai).

  1. Meningkatkan semangat tim

Pekerja yang bahagia adalah pekerja yang produktif. Mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan moral adalah kontribusi kunci bagi perusahaan karena memberikan energi dan menyatukan tim.

Contohnya mencakup segala hal mulai dari mengatur piknik perusahaan dan menyiapkan buletin staf hingga mengembangkan program pelatihan yang membuat karyawan merasa lebih kompeten dan nyaman dalam pekerjaan mereka.

  1. Meningkatkan hubungan pelanggan (customer relationships)

Jika kita bekerja dalam suatu perusahaan yang memberikan pelayanan kepada klien, maka meningkatkan hubungan dengan pelanggan adalah cawan suci dari kontribusi positif.

Apa pun yang kita lakukan yang melebihi harapan pelanggan, menyelesaikan masalah mereka dengan cepat, menyelamatkan perusahaan dari kehilangan klien atau akun besar, meningkatkan reputasi perusahaan atau melacak dan mengukur tingkat kepuasan pelanggan termasuk dalam kategori ini.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh kontribusi kepada perusahaan yang bisa dilakukan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang membutuhkanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.