4 Contoh Kesiapsiagaan di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Kesiapsiagaan

Kesiapsiagaan tentu saja menjadi salah satu istilah yang patut untuk diperhatikan. Alasannya karena dengan penerapan sekaligus perwujutan kesiapsiagaan ini setiap masyarakat nantinya bisa mengantisipasi beragam contoh permasalahan sosial di masyarakat.

Namun yang pastinya, kesiapsiagaan sama halnya dengan kata kesempataan yang secara etomologi berasal dari kata samapta yang artinya siap siaga atau makna lainnya adalah siap siaga dalam segala kondisi dan fakta sosial yang berkembang.

Kesiapsiagaan

Kesiapsiagaan adalah realitas sosial menunjukan adanya sikap untuk siap siaga dengan dijiwai oleh individu dan kelompok secara fisik, mental, maupun sosial dalam menghadapi situasi kerja yang beragam. Tentu saja impelementasinya sendiri bisa diwujudukan dengan berbagai hal kehidupan, namun paling umumnya untuk menjaga keteraturan sosial di masyarakat.

Contoh Kesiapsiagaan

Adapun bentuk penerapan dari contoh kesiapsiagaan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kesiapsiagaan bencana

Bencana alam yang menjadi bagian dari fenomena sosial di masyarakat sejatinya sudah menjadi lumrahanya untuk membuat kesiapsiagaan. Prihal ini kasusnya seperti adanya BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sebagai tipe lembaga sosial pemerintahan yang menginformasikan sekaligus menditeksi adanya bencana alam yang akan terjadi.

Prihal ini contoh kasusnya ketika ada situsi gempa bumi tentu saja BNPB berwenang untuk mediteksi apakah ada kemungkinan terjadi tsunami ataupun banjir bandang ataupun tidak. Proses peramalan tersebut dilakukan dengan ketentuan atas adanya ilmu pengetahuan.

  1. Bela Negara

Bentuk pengalaman lainnya dari implementasi kesiapsiagaan untuk contoh bela negara bisa melihat adanya kebulatan sikap, tekad dan perilaku masyarakat untuk menjaga, merawat, sekaligus menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara dengan patuh pada norma sosial dan nilai sosial yang ada.

Prihal ini contoh bentuknya sendiri misalnya saja dengan tindak melakukan tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Dimana semua bentuk tindakan sosial yang termasuk KKN tersebut bisa memberikan dampak besar di masyarakat seperti tingginya kemiskinan karena proses pembangunan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan ataupun tingginya pengangguran karena lapangan pekerjaan diisi oleh orang-orang yang tidak memiliki kopetensi.

  1. Jasmani

Bentuk lainnya dari adanya penerapan kesiapsiagaan jasmani berhubungan erat dengan kesehatan yang dimiliki oleh seseorang. Prihal ini misalnya saja sebagai tenaga kerja ataupun anak muda kita dituntut untuk menjaga pola makan, melakukan gaya hidup sehat, dan lainnya. Hal ini dibutuhkan guna menciptakan lingkungan sehat yang berpengaruh pada produktivitas seseorang.

  1. Kesiapsiagaan Mental

Kesiapsiagaan mental bisa dikatakan sebagai bagian daripada perilaku seseorang dengan memahami kondisi mental, perkembangan mental, dan proses menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan sesuai dengan perkembangan, baik tuntutan dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar. Namun pastinya, adanya kesiapsiagaan ini memberikan dorongan untuk dapat berfikir sehat.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dibagikan pada kalian tentang adanya contoh penerapan kesiapsiagaan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan sekaligus referensi bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.