Contoh Kemiskinan Natural/Alamiah di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kemiskinan Alamiah

Kemiskinan menjadi salah satu masalah sosial yang terjadi di Indonesia pada saat ini. Kondisi atas kemiskinan ini tentusaja berkaitan dengan fakta sosial  yang membuat suatu keadaan sosial menjadi buruk khususnya dengan kesejahteraan sosial dimasyarakat.

Kesejahteraan sosial atas jenis kemiskinan berhubungan erat dengan kemiskinan natural atau dikenal pula dengan kemiskinan alamiah.

Kemiskinan Natural/Alamiah

Kemiskinan natural atau bisa juga disebut kemiskinan alamiah adalah sebuah keadaan lingkungan sosial yang menjadi orang di lingkungan tersebut miskin. Sehingga dapat dikatakan lingkungan yang ditempati tidak memiliki sumber daya alam, apabila ada sulit untuk dikembangkan, lantaran belum mampu mengolah sumber daya yang ada.

Tentusaja arti kemiskinan alamiah berkaitan dengan situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan sama sekali sehingga dampak yang dirasakan bukan hanya untuk diri sendiri, bahkan apabila terus menerus akan membuat keturunannya merasakan hal yang sama. Oleh karena itulah upaya dalam mengatasi penyebab kemiskinan alamiah ini ialah turun tangan program yang telah dilakukan oleh pemerintah.

Contoh Kemiskinan Natural serta Kemiskinan Alamiah

Adapun untuk beberapa contoh yang termasuk dalam kemiskinan alamiah atau kemiskinan natural. Antara lain;

  1. Tinggal di lahan yang sulit ditanami

Salah satu cara manusia bertahan hidup ialah dengan menggunakan alam yang ada di sekitarnya. Tak jarang banyak orang yang tinggal di lingkungan yang sulit untuk menanam tanaman yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka harus membeli dengan harga yang mahal sehingga mereka memang secara alami miskin dari segi kekayaan alam.

  1. Di daerah rawan bencana alam

Orang yang tinggal di daerah rawan bencana harus memiliki kemampuan yang lebih untuk bertahan hidup. Orang yang tinggal di lingkungan rawan bencana harus selalu waspada dan siap apabila terjadi sesuatu. Secara alami masyarakat akan memulai hidup dari nol lagi pasca bencana.

  1. Di daerah yang sulit untuk mendapatkan sumber daya alam

Lingkungan yang gersang akan membuat seseorang sulit memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar. Hal ini tentu menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat harus lebih kreatif untuk tetap bertahan hidup dan lepas dari kemiskinan.

  1. Di daerah yang sulit sumber air

Air merupakan hal yang utama dalam kehidupan. Apabila suatu daerah sulit air maka akan semakin banyak usaha yang dibutuhkan untuk bertahan dalm kondisi ini. Seseorang dalam konteks ini akan termasuk dalam kategori kemiskinan alamiah atau natural.

  1. Di daerah Zimbabwe

Daerah yang dikelilingi pegunangan, mereka sulit bertahan dengan keadaan ini. Dilihat dari kondisi ekonomi saat ini tingkat inflasi sangat tinggi, sehingga dapat diindikasikan bahwa negara tersebut termasuk negara miskin. Hal ini di dukung keadaan alam yang menambah kemiskinan negara ini.

  1. Daerah Afrika

Afrika sangat terkenal dengan daratan yang gersang dan hanya ditumbuhi oleh beberapa rumput liar. Bertahan hidup disana membutuhkan kemampuan dan perjuangan agar tetap bertahan hidup dengan sumber yang terbatas. Oleh karena itlulah beberapa negara di afrika tergolong dalam kemiskinan alamiah.

  1. Indonesia

Adapun untuk contoh kemiskinan yang ada di Indonesia, misalnya saja Kabupaten Mamasa yang umumnya masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai petani baik dikebun maupun di sawah. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang masih tertinggal.

Alasannya karena masyarakat Kabupaten Mamasa  yang hanya menghandalkan pertanian. Sehingga menyebabkan kesejahteraan masyarakat juga masih jauh dari kata sejahtera.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai contoh kemiskinan natural atau kemsikinan alamiah yang ada di masyarakat.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *