10 Contoh Kelompok Sosial Dinamis di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Kelompok Sosial Dinamis

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang berinteraksi satu sama lain dan memiliki kesamaan karakteristik dan rasa persatuan. Karakteristik yang dimiliki dalam syarat terbentuknya suatu kelompok sosial dapat mencakup minat, nilai sosial, representasi, latar belakang etnis atau sosial, dan ikatan kekerabatan. Namun pastinya salah satu bentuk kelompok sosial ialah kelompok bersifat dinamis.

Dimana kelompok dinamis yang biasanya sengaja dibentuk oleh orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi sosial di masyarakat, misalnya kelompok asosiasi profesi guru atau IGI.

Kelompok Dinamis

Kelompok dinamis adalah kelompok sosial yang sifatnya berubah-ubah melalui suatu dinamika aktivitas organisasi. Sehingga secara harfiah, istilah dinamika kelompok itu sendiri bisa diartikan sebagai suatu kondisi yang menggambarkan adanya gerakan yang dilakukan secara bersama oleh sekumpulan orang atau kelompok dalam melakukan aktivitas organisasi.

Dinamika kelompok sosial bisa pula didefinisikan sebagai suatu metode dan proses yang tujuannya ialah  meningkatkan nilai-nilai kerjasama dalam suatu kelompok. Hal itu berarti bahwa metode dan proses dinamika kelompok berupaya untuk menumbuhkan dan membangun kelompok yang pada awalnya hanya terdiri dari sekumpulan individu yang belum saling mengenal satu sama lain.

Selanjutnya, individu-individu tersebut kemudian menjadi satu kesatuan yang tergabung dalam suatu kelompok tertentu, yang memiliki satu tujuan, satu norma dan satu cara pencapaian berusaha yang disepakati bersama.

Contoh Kelompok Dinamis

Contoh-contoh kelompok sosial dinamis diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Lembaga pemerintah

Lembaga sosial kepemerintahan merupakan contoh kelompok sosial yang terbentuk di tingkat nasional. Lembaga pemerintah atau negara bisa diartikan sebagai organisasi permanen atau semi-permanen dalam mesin pemerintahan yang bertanggung jawab atas pengawasan dan administrasi fungsi-fungsi tertentu, seperti administrasi.

  1. Kelompok olahraga

Kelompok olahraga adalah kelompok sosial yang dibentuk atas dasar kesamaan jenis kegiatan olahraga yang diikuti. Misalnya ada kelompok olahraga sepak bola atau biasaanya disebut dengan tim sepak bola. Contoh tim sepak bola yang ada di Indonesia yaitu Persija, Persib, Arema, dan lain-lain.

  1. Kelompok asosiasi profesi

Kelompok asosiasi profesi atau organisasi profesi, adalah asosiasi yang terdiri dari anggota yang merupakan bagian dari industri atau bidang karir yang sama. Misalnya, seorang arsitek dapat bergabung dengan asosiasi berbasis arsitektur untuk tetap mengetahui tren terbaru di industri mereka dan untuk membangun jaringan dengan arsitek lain di bidangnya.

  1. Kelompok organisasi militer

Organisasi militer atau organisasi militer adalah penataan angkatan bersenjata suatu negara untuk menawarkan kemampuan militer yang mungkin diperlukan oleh kebijakan pertahanan nasional. Organisasi militer juga dapat diartikan sebagai sebuah organisasi, departemen, atau individu yang diberi wewenang oleh Badan Pemerintah untuk membela atau terlibat dalam pertempuran untuk suatu negara atau yang terlibat dalam kegiatan yang bersifat militer.

  1. Kelompok partai politik

Partai politik adalah organisasi yang mengoordinasikan kandidat untuk bersaing dalam pemilihan negara tertentu. Partai politik telah menjadi bagian utama dari politik hampir di setiap negara. Sangat jarang ada negara yang tidak mempunyai partai politik.

Meskipun ada beberapa negara yang hanya mempunyai satu partai politik, tapi yang lain memiliki beberapa partai politik.

  1. Kelompok serikat kerja

Serikat pekerja merupakan organisasi perkumpulan para pekerja atau buruh yang mempunyai tujuan untuk melindungi hak-hak para pekerja. Serikat pekerja didirikan agar karyawan bisa menyelesaikan masalah terkait pemenuhan hak mereka oleh perusahaan. Di Indonesia sendiri, pembentukan serikat pekerja sudah diatur berdasarkan Pasal 1 Ayat 17 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

  1. Kelompok pendidikan atau pembelajaran

Kelompok pendidikan atau pembelajaran biasanya berupaya untuk menemukan dan mengembangkan ide-ide dan cara berpikir baru. Kelompok yang satu ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan, serta proses kognitif anggota. Anggota kelompok berharap untuk mendapatkan pengetahuan tambahan atau meningkatkan perilaku mereka.

  1. Kelompok ibu-ibu PKK

Kelompok ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau disingkat PKK biasanya terbentuk di tingkat desa. PKK itu sendiri bisa diartikan sebagai sebuah gerakan yang tumbuh dari bawah dengan menonjolkan peran perempuan sebagai penggerak dan dinamisatornya dalam upaya membangun, membina, dan membentuk keluarga yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai unit kelompok terkecil dalam masyarakat.

  1. Kelompok koperasi

Kelompok koperasi merupakan kelompok sosial yang terdiri atas sekumpulan individu yang sekurangkurangnya mempunyai kepentingan yang sama. Ada banyak jenis koperasi yang berkembang di Indonesia misalnya koperasi konsumsi, koperasi produksi, koperasi simpan pinjam, koperasi serba usaha, dan lain-lain.

  1. Kelompok produsen

Kelompok produsen adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh produsen miskin dan marginal atau pengusaha kecil untuk keuntungan bersama mereka untuk mengakses beragam contoh fasilitas umum seperti infrastruktur, pengembangan kapasitas, pegangan tangan, dukungan keuangan dan hubungan pasar secara berkelanjutan

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya kelompok dinamis di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.