6 Contoh Kelompok Asosiasi di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Asosiasi

Bentuk kelompok sosial asosiasi biasanya berhubungan dengan proses sosial dan interaksi sosial dalam membentuk wadah kesatuan dan persatuan berdasakan pada latar belakangnya (sejarah). Prihal inilah setidaknya mencerminkan bahwa asosiasi sendiri berdiri guna menopang arti kebutuhan setiap anggotanya dalam menjalin jenis kerjasama, membentuk ikatan sosial, dan lainnya.

Namun yang pasti setidaknya ada beberapa contoh asosiasi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja asosiasi alumni perguruan tinggi ataupun sekolah, tak khayal anggotanya harus pula pernah dan bersyarat lulus dalam perguruan maupun sekolah yang bersangkutan.

Kelompok Asosiasi

Asosiasi adalah bagian daripada organisasi formal yang setiap anggota di dalamnya memiliki kesadaran atas kesamaan dari beragam jenis tujuan sehingga korelasi yang tercipta terdapat hubungan sosial antar anggota kelompok dalam proses pembentukan suatu organisasi.

Contoh Kelompok Asosiasi

Adapun beberapa contoh adanya penjabaran tentang kelompok asosiasi di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Iksaru

Iksaru adalah singkatan dari Ikatan Santri Riyadlatul Ulum yang menjadi salah satu asosiasi dalam pendidikan nonformal khususnya di pondok pesantren. Organisasi ini meskipun secara legalitas kepemerintahan tidak ada namun anggotanya hanya berlaku bagi setiap individu yang pernah menjadi santri di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum, Kecamatan Batang Hari, Kabupaten Lampung Timur.

  1. Aspikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi)

Untuk contoh dari adanya asosiasi dalam perguruan tinggi yang bergerak pada penelitian sosial ialah Aspikom. Dimana ososiasi ini berdiri sejak 2007 dengan anggota terdiri dari konsorsium beberapa universitas berfokus pada penelitian dengan penerbitan jurnal Aspikom yang telah terakreditasi. Oleh karena itulah asosiasi ini dalam pekerjaannya hanya melakukan satu tugas dengan cara yang paling efisien.

  1. APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang dikenal dengan APJII merupakan salah satu jenis asosiasi yang berkembang sekaligus mudah ditemukan hasil penelitiannya di website ataupun jejaring media sosial. Asosiasi ini muncul karena menyikapi perubahasan sosial yang ada.

Meskipun demikian struktur organisasi dalam asosiasi dengan jejering organisasi virtual ke struktur fleksibel lainnya. Hal ini terjadi karena setiap perusahaan penyelenggara terus berkembang dan meningkatkan kehadiran global mereka, organisasi masa depan dapat mewujudkan organisasi yang cair dan bebas, kepemilikan anggota, dan pendekatan kewirausahaan di antara semua anggota.

  1. OSIS

Osis adalah bagian daripada jenis asosiasi yang mudah ditemukan untuk pendidikan formal berbasis sekolah SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat. Organisasi Siswa Intera Sekolah yang dikenal dengan Osis ini mempunyai  struktur organisasi yang dapat mempengaruhi tindakan organisasi dan memberikan landasan yang menjadi landasan prosedur operasi standar dan rutinitas.

Adapun dalam struktur organisasi menentukan individu mana yang dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan mana, dan dengan demikian sejauh mana pandangan mereka membentuk tindakan organisasi. Struktur organisasi juga dapat dianggap sebagai kaca pandang atau perspektif di mana individu melihat organisasi dan lingkungannya.

  1. PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia)

PGRI adalah singkatan dari Persatuan Guru Republik Indonesia yang menjadi salah satu asosiasi dengan nenampung kepentingan sekaligus keinginan para gurunya. Adapun dalam menjalankan organisasi ini syarat mutlaknya ialah harus berstatus sebagai guru baik guru honorer, guru P3K, ataupun PNS.

  1. APPI

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia yang kemudian disingkat dengan APPI merupakan salah satu yang paling familiar untuk ditemukan. Alasannya karena dalam hal ini semua perencanaan bisnis di dunia tidak dapat menyelamatkan perusahaan jika dalam jangka panjang untuk usaha keungan tidak tergabung.

Bahkan jikalau tidak ada yang bertanggung jawab untuk memenuhi pencapaian klien atau tidak ada orang yang secara definitif mengambil keputusan dalam perusahaan pembiayaan maka ketika ada masalah manufaktur besar yang mengancam untuk menghentikan produksi.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan beragam contoh kelompok asosiasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.