5 Contoh Kampanye Kesehatan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kampanye Kesehatan

Akhir-akihir ini diakui ataupun tidak banyak sekali masalah sosial terjadi di masyarakat Indonesia  yang berhubungan langsung dengan kesehatan. Misalnya dalam upaya mencegah penularan COVID-19 yang sepanjang Tahun 2020 sampai 2021 menjadi momok tersendiri. Sehingga dalam mengatasinya diperkukan arti kampanye kesehatan.

Disisi lainnya, adanya kampanya kesehatan bukan hanya berhubungan dengan iklan suatu produk yang harus dipergunakan namun juga dalam objek kajian sosiologi menciri khaskan pada penanganan kesehatan dalam fisik dan juga mental. Meskipun semua bentuk tindakan sosial tersebut diperlukan upaya terorganisir dengan mempengaruhi kemajuan pengambilan keputusannya.

Kampanye Kesehatan

Kampanye kesehatan adalah kampanye yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait dengan kesehatan kepada masyarakat secara luas sehingga masyarakat bisa mengenali lebih jauh terkait permasalahan kesehatan beserta cara pencegahannya agar mereka terhindari dari permasalahan kesehatan yang telah terjadi.

Contoh Kampanye Kesehatan

Adapun untuk contoh adanya kampanye kesehatan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Anti merokok

Kampanye anti merokok dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat terkait bahaya merokok bagi kesehatan, diantaranya yaitu dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, masalah kesuburan, dan gangguan pada paru-paru, seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) dan kanker paru-paru.

  1. Mencegah penyebaran virus COVID-19

Kampanye kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 telah banyak dilakukan, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak terluar vrus COVID-19, diantaranya yaitu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak 1 sampai dengan 2 meter, menghindari kerumunan, dan lain-lain.

Mengingat bahwa COVID-19 dapat menyebabkan kematian, maka melalui kampanye kesehatan yang dilakukan oleh berbagai pihak, diharapkan masyarakat bisa mematuhi protocol kesehatan yang berlaku.

  1. Pencegahan HIV

Kampanye pencegahan HIV merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV). Praktik pencegahan HIV dapat dilakukan oleh individu untuk melindungi kesehatan mereka sendiri dan kesehatan orang-orang di komunitas mereka, atau dapat dilembagakan oleh pemerintah dan organisasi berbasis masyarakat sebagai kebijakan kesehatan masyarakat.

  1. Kampanye “Kalahkan Kanker”

Kalahkan Kanker merupakan salah satu bentuk kampanye kesehatan yang berupa rangkaian inisiatif dan kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terkait penyakit dan risiko kanker, sehingga masyarakat dapat melakukan deteksi dini secara berkala dan berkonsultasi dengan dokter jika bergejala.

  1. Konsumsi buah dan sayuran untuk kesehatan yang lebih baik

Asupan harian buah dan sayuran di seluruh dunia tetap jauh di bawah tingkat yang direkomendasikan WHO, meskipun ada manfaat kesehatan yang terkait dengan konsumsi buah dan sayuran. Oleh sebab itu, kampaye terkait hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat mengkonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kampanye kesehatan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *