7 Contoh Kampanye Hitam yang Pernah Terjadi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kasus Kampanye Hitam

Kampanye bisa diartikan sebagai serangkaian bentuk tindakan sosial yang terjadi dengan maksud mencapai hasil tertentu. Dalam kegiatan kampanye ini yang kerpakali berhubungan dengan politik yang diwarnai dengan kasus adanya kampanye hitam.

Secara singkat kampanye hitam dianggap sebagai kampanye negatif terkait dengan isu yang dilakukan oleh pihak lawan dengan tidak didasarkan pada fakta sosial yang ada. Meski demikian, kasus adanya kampanye hitam dan kampanye negatif ini pernah terjadi di masyarakat utamanya saat adanya Pilpres Tahun 2019.

Kampanye Hitam

Kampanye hitam yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan black campaign adalah kampanye yang dilakukan dengan mengabarkan suatu hal tentang pihak lawan tapi tidak berdasarkan fakta-fakta yang ada. Karena apa yang disampaikan tersebut tidak seseuai fakta dan yang bersangkutan tidak benar-benar melakukan hal tersebut, maka kampanye hitam cenderung pada suatu fitnah. Tindakan tersebut sangat dilaranh karena telah melewati batas fungsi norma hukum sebab tidak disertai fakta.

Perlu kita ketahui bahwa kampanye hitam berbeda dengan kampanye negatif, yaitu kampanye yang menonjolkan sisi negatif lawan agar diketahui oleh publik. Sebagai lawan dari kampanye negatif, ada istilah kampanye positif yang mengacu pada kampanye tentang program-program apa yang akan dilakukan oleh para kandidat untuk kepentingan bangsa.

Contoh Kampanye Hitam

Adapun untuk contoh kasus adanya kampanye hitam di masyarakat yang pernah terjadi. Antara lain;

  1. Jokowi keturunan Tionghoa

Kampanye hitam biasanya dilakukan dengan menyebarkan informasi palsu tentang calon atau kandidat dalam pemilihan umum. Misalnya saat adanya menjelang pemilu 2014, terdapat penyebaran isu tentang calon presiden Joko Widodo yang disebut-sebut sebagai keturunan Tionghoa atau Cina dengan nama Wie Jo Koh.

  1. Jokowi Beragama Kristen

Selain penyebaran isu tentang Jokowi yang disebut keturunan Tionghoa, ada pula isu yang tersebar bahwa Jokowi beragama Kristen dengan nama lengkap Heribertus Joko Widodo. Prihal ini adanya tindakan tersebut melanggar konstitusi negara secara umum, alasannya karena pada hakekatnya Jokowidodo yang status sosialnya sebagai Presiden Indonesia sejatinya seseorang yang beragama Islam.

  1. Penyebaran informasi Tabloid Obor Rakyat

Menjelang Pemilu Tahun 2014, Jokowi juga diseranng melalui penyebaran informasi palsu yang termuat dalam Tabloid Obor Rakyat. Terdapat 14 berita panjang dalam tabloid tersebut yang hampir semuanya menyudutkan Jokowi.

Beberapa judul berita tersebut misalnya Capres Boneka Suka Ingkar Janji, Partai Salib Pengusung Jokowi, Jokowi Juru Selamat yang Gagal, dan lain-lain.

  1. Penyebaran isu buku nikah palsu

Selain diserang melalui penyebaran isu-isu yang berkaitan dengan SARA, Jokowi diserang pula dengan isu buku nikah palsu. Untuk menepis isu yang tersebur itu, tim pemenangan Jokowi-JK bahkan mengeluarkan fotokopi surat nikah Jokowi sebagai bukti bahwa isu tersebut tidak benar adanya.

  1. Peniadaan adzan dan pelegalan pernikahan sesama jenis

Seiring maraknya penggunaan media sosial, kampanye hitam juga dapat dilakukan melalui media tersebut. Misalnya di media sosial ditemukan kampanye hitam berupa sebuah video ibu-ibu yang menyampaikan bahwa apabila Jokowi terpilih sebagai presiden pada tahun 2019 lalu maka akan meniadakan azan dan melegalkan pernikahan sesama jenis.

  1. Ppengesahan Undang-undang tentang perzinahan

Pada Pemilu 2019 lalu, di media sosial beredar pula video yang berisi kampanye hitam dari seorang ustaz berinisial sp di salah satu Masjid di Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi yang menyampaikan bahwa apabila Jokowi-Ma’ruf Amin terpilih dalam Pilpres 2019, maka akan ada pengesahan Undang-undang tentang perzinahan.

  1. Kampanye hitam pada komoditas kelapa sawit

Komoditas kelapa sawit memberikan kontribusi besar bagi devisa dan perekonomian, terutama di tengah-tengah pandemi seperti saat ini. Akan tetapi, permasalahan yang muncul adalah seringnya komoditas yang satu ini beserta produk hasil turunannya menjadi korban kampanye hitam melalui tersebarnya bermacam-macam isu mulai dari isu terkait masalah kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial.

Demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh kasus kampanye hitam yang pernah terjadi di masyarakat Indonesia. Semoga saja melalui tulisan ini memberikan wawasan sekaligus pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *