6 Contoh Gaya Hidup Konsumtif di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup konsumtif di kalangan masyarakat pada saat ini sangatlah mudah ditemukan. Apalagi pada era revolusi industri 4.0 dimana perkembangan teknologi sangatlah masif sulit untuk dikendalian sehingga kemunculan beragam merek maupun produk luar negeri bisa dengan mudah didapatkan.

Disisi lainnya, munculnya gaya hidup konsumtif termasuk contoh ancaman di bidang ekonomi yang berkenaan dengan tingkat efektivitas masyarakat dalam membeli produk-produk luar negeri dan mengencampingkan karya dalam negeri.

Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup yang dikenal dengan life style merupakan segala bentuk tindakan sosial yang berkaitan dengan arti konsumerisme. Sehingga menginditifikasikan bahwa individu dan kelompok membeli barang tidak berdasar pada kebutuhan tetapi lebih pada selera, gaya hidup membeli simbol (merek).

Contoh Gaya Hidup Konsumtif

Adapun untuk contoh perilaku konsumtif dalam gaya hidup. Misalnya saja;

  1. Pelajar

Perilaku dalam contoh konsumerisme di kalangan pelajar misalnya saja ketika sehabis menonton film maupun melihat tarian K-Pop dimana bisanya bagi mereka langsung membeli pakaian ataupun aksesoris lainnya dengan hargam mahal.

Alasannya agar mendapatkan status sosial sekaligus mencerminkan bahwa dirinya memiliki keterlekatan dengan sosok yang didiolakan. Padahal hal sejatinya ia sendiri belum mendapatkan penghasilan apapun alias tergantung dengan orangtunya.

  1. Mahasiswa

Dalam sikap budaya konsumtif yang ditemukan dalam kalangan mahasiswa misalnya saja membeli model perhiasan ataupun baju yang mahal dibandingkan dengan buku maupun jurnal yang seharusnya dibutuhkan bagi seorang mahasiswa. Dampaknya ketika lulusnya nanti tidak memiliki kemampuan sesuai dengan jurusan yang diambil.

  1. Selebritis

Kalangan selebritis atau seseorang yang bergerak dalam publik figur budaya konsumtif terlihat maraknya artis yang membeli produk maupun merek luar negeri sebagai simbul bahwa dirinya mampu. Padahal sejatinya pendapatan yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginannya tersebut.

  1. Politik

Lain halnya dalam sistem sosial pemerintahan budaya konsumtif ini terlihat ketika penyelenggaraan rapat maupun penyelenggaraan musyawarah dilakukan pada hotel mewah dengan fasilitas yang mantap. Apalagi uang dipergunakan sejatinya merupakan uang rakyat yang dilakukan untuk menjalankan pembangunan.

  1. Masyarakat

Kehidupan masyarakat cerminan budaya konsumtif bisa dilihat dari banyaknya perkumpulan ibu-ibu arisan yang mengahbiskan waktu untuk makan di lestoran mewah yang tidak disesuaikan dengan penghasilan suaminya. Sehingga menyebabkanya dalam memenuhi keinginan tersebut berhutang pada teman ataupun pinjaman online.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Cerminan yang menunjukan adanya konsumtif dalam kehidupan sehari-hari ialah ketika banyak menghabiskan waktu untuk memantau diskon dalam platform penjualan online. Sehingga ketika ada diskon barang apapun yang setinya tidak dibutuhkan langsung dibelinya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dituliskan berkenaan dengan contoh adanya kasus gaya hidup konsumtif di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.