4 Contoh Faktor Internal Perubahan Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Faktor Internal Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat sejatinya membuktikan bahwa setiap individu dan kelompok mengalami pergerakan. Baik ke arah positif maupun negatif, namun yang pasti proses sosial dan interaksi sosial di dalamnya turut mempengaruhinya.

Disisi lainnya, pengelompokannya terjadinya perubahan sosial juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Singkatnya untuk faktor internal dipengaruhi oleh realitas sosial dalam masyarakat. Contohnya saja seperti ditemukan inovasi dalam bidang pertanian yang menyebabkan masyarakat lebih memilih mempergunakan bajak daripada harus memanfaatkan hewan sapi untuk membajaknya.

Faktor Internal Perubahan Sosial

Perubahan sosial internal adalah sebuah bentuk perubahan sosial yang diinginkan oleh masyarakat yang ada di lingkungan sosial tertentu. Dimana proses terjadinya perubahan tersebut telah direncanakan dan diinginkan oleh seluruh anggota keluarganya.

Contoh Faktor Internal Perubahan Sosial

Adapun untuk adanya contoh kasus yang menggambarkan adanya faktor internal yang menjadi penyebab perubahan sosial. Misalnya saja;

  1. Inovasi

Seseorang memiliki cara yang berbeda beda dalam bertahan hidup. Contoh perubahan sosial internal ialah dengan cara inovasi. Definisi inovasi ini akan membuat seseorang terus berpikir dan berkembang untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Banyak inovasi yang saat ini kita nikmati. Perubahan yang begitu cepat adalah sebuah teknologi yang kita gunakan. Teknologi membawa banyak perubahan dikehidupan manusia. Mulai dari kebiasaan, kemudahan akses, dan lain-lain.

Contohnya saja saat terjadinya pandemi covid 19 yang menyerang berbagai negara di seluruh dunia, tak terkeculi Indonesia yang memanfaatkan sistem belajar mempergunakan digital. Sehingga pada akhirnya lokasi kursus yang mulanya untuk persiapakan siswa/i lulus sekolah semuanya berpindah dalam sistem online.

  1. Pemberontakan

Perubahan sosial internal bisa terjadi karena adanya pemberontakan yang dialami dalam masyarakat itu sendiri. Alasannya karena tidak menerima dengan penerapan sistem sosial atas kebijakan pada pemerintah yang resmi. Kondisi seperti ini bisa dilihat pada adanya kasus terkait dengan pemberontakan yang diakukan Barcelona kepada pemerintah Spanyol yang menyebabkan adanya konfik berkepanjangan.

  1. Revolusi

Disisi lainnya, terjadinya sebuah perubahan yang terjadi dalam lembaga masyarakat. Perubahan ini akan memberikan dampak pada sistem sosial. Sistem sosial ini meliputi nilai, sikap sosial, dan perilaku kelompok masyarakat.

Untuk contoh kasusnya ialah terjadinya revolusi pada Taun 1998 dimana pada saat itu rezim orde baru tumbang akibat adanya demontrasi yang dilakukan mahasiswa.

  1. Konflik Sosial

Konflik sosial yang dialami oleh masyarakat secara keseluruhan menjadi salah satu bagian yang menyebabkan adanya perubahan sosial secara internal. Contoh kasus seperti ini misalnya saja adanya konflik yang terjadi antar suku, biasanya kehidupa suku dalam daerah tersebut mengalami sentimen yang lebih bahkan kehidupan menjadi terancam.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya beragam contoh adanya kasus faktor internal peyebab terjadinya perubahan sosial di masyarakat. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.