Contoh Demokrasi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Demokrasi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demokrasi bisa dikatakan sebagai salah satu arti ideologi yang berasal dari Barat. Namun untuk pelaksanannya sendiri para pendiri Bangsa sepakat untuk membawa paham demokrasi sebagai salah satu alat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan berasakan pada arti nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Prihal ini agar pelaksannya sendiri sesuai dengan karakter dan jati diri bangsa Indonesia, maka penggunaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari haruslah sesuai dengan seperangkat dasar negara yaitu Pancasila.

Demokrasi Pancasila

Demokrasi Pancasila adalah paham arti demokrasi yang berlandaskan pada nilai-nilai yang terkandung di dalam ideologi Pancasila dari sila pertama sampai dengan ke-5. Sehingga prihal ini terdapat seperngkat hikmah kebijaksanaan yang mengisyaratkan kepada bangsa Indonesia untuk selalu melakukan musyawarah mufakat dalam
mengambil keputusan.

Meskipun, haruslah dipahami bahwa penggunaan voting tidak dilarang, namun diambil sebagai jalan akhir ketika
jalan mufakat menemui kata buntu.

Contoh Demokrasi Pancasila

Adapun untuk contoh penerapan demokrasi Pancasila di Indonesia, antara lain;

  1. Perlindungan Terhadap Golongan Minoritas

Implementasi dari penerapan ciri demokrasi Pancasila yang sesuai dengan sila-1 khususnya misalnya saja terkait dengan para penghayat kepercayaan seperti Sunda wiwitan, Batak Parmalim, Ugamo Bangsa Batak, dan Sapto Darmo yang memiliki kedudukan hukum yang sama dengan enam pemeluk agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia.

  1. Lingkungan Sekolah

Penerapan dalam contoh demokrasi Pancasila di lembaga pendidikan, khususnya sekolah misalnya ketika adanya pemilihan ketua kelas. Dimana semua pemecahan masalah atau pengambilan keputusan perlu didasarkan dengan
musyawarah dan mufakat.

Meskipun, jikalau tidak ada keputusan bersama maka setiap anggata yang ada dalam kelas tersebut bisa mengambil keputusan dengan voting.

  1. Pemerintahan Indonesia

Ruang lingkup penerapan demoktasi Pancasila yang ada dalam pemerintahan ialah dengan menjalankan sepenuhnya sistem sosial pemerintahan yang sesuai UUD 1945 sebagai konstitusi ataupun norma sosial tertinggi.

Misalnya saja dengan menjalankan Wewenang MPR adalah Pasal 3 ayat 1 sampai 3 yang setidaknya MPR berdasarkan aturan tersebut tugasnya ialah mengubah undang-undang, menetapkan undang-undang, dan melantik Presiden dan Wakil Presiden

  1. Adanya Pemilihan Umum

Jikalau ditarik dalam sejarah pendirian Bangasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa pada awalnya dengan nama nusantra kekuasaan dijalankan dengan garis keturunan dimana kerajaanlah yang memang penuh status sosial dan peran sosial di masyarakat.

Namun, setelah Indonesa merdeka setidaknya terdapat pemilihan umum secara konsisten dan berkesinambungan. Hal ini tentusaja menjadi bukti bahwa penerapan ideologi Pancasila sudah dirasakan pada saat ini, sesuai dengan Sila-4 Pancasila.

  1. Hukuman Mati bagi Bandar Narkoba

Proses sosial dan interaksi sosial dalam penjalanan hukuman mati di berbagai negara sudah banyak yang dihapuskan, akan tetapi untuk di Indonesia sendiri pelaksanannya masih terus menerus diterapkan. Khususnya untuk para pengedar narkoba kelas wahid.

Prihal ini tentusaja solusi atau gagasan pemecahan masalah sosial yang muncul terkait dengan hukuman tidak berasal dari sumber suara terbanyak, namun gagasan yang dirasa paling benar. Alasannya tetap diberi hukuman mati karena narkoba sejatinya mampu merusak generasi dan masa depan anak bangsa.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penerapan demokrasi Pancasila di Indonesia yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi referensi bagi semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *