5 Contoh Budaya Populer di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Budaya Populer

Budaya populer yang berkembang di masyarakat pada saat ini bisa dikatakan dipengaruhi besar oleh beragam bentuk perubahan sosial, khususnya masifnya teknologi yang ditemukan sehingga tidak adanya batasan antar wilayah satu dengan wilayah lainnya.

Disisi lain, keberadaan budaya pupuler menjadi hiburan yang tidak bisa di kejawantahkan. Oleh karena itulah keberadaan budaya populer ini berisiko mendorong perubahan sosial regress lantaran tidak adanya bentuk sosialisasi sebelumnya.

Budaya Populer

Keberadaan budaya populer bisa dikatakan sebagai bagian daripada produk masyarakat perkembangan industri dimana kegiatan pemaknaan, hasilnya yang ditampilkan dalam jumlah besar yang kerapkali berhubungan dengan bantuan teknologi produksi, distribusi dan penggadaan massal sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

Contoh Budaya Populer

Adapun untuk beberapa contoh adanya kasus terkait dengan budaya populer. Misalnya saja;

  1. Film

Industri perfilman yang menjadi bagian daripada budaya populer menampilkan beragam adegan yang dihanderungi oleh masyarakat secara luas. Contohnya saja Film Hollywood di Amerika Serikat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat modern.

  1. K-Pop

Lain halnya dengan K-Pop sebagai bagian daripada arti budaya populer yang kerapkali memiliki jumlah pengikut sekaligus penikmat besar di Indonesia. Mulai dari musik yang tampilkan sampai pada tarian yang dipertontonkan. Kontras saja realitas sosial seperti ini menjadi bagian dari kehidupan pada saat ini.

  1. Dangdut Koplo

Lain halnya contoh kasus lainnya terkait dengan budaya populer yang berhubungan erat dengan dunia hiburan di tanah air. Muculnya para seniman seperti Denny Cak Nan, Happy Asmara, Guyon Waton, dan lainnya sejatinya cerminan daripada budaya populer.

  1. Pekerjaan

Ranah ekonomi yang berhubungan dengan budaya populer misalnya saja banyak masyarakat bekerja sebagai selebgram dimana fenomena sosial menjadi selebgram melalui media sosial instagram diganderungi masyarakat untuk menciptakan ide-ide kreatif.

Adapaun contohnya seperti halnya Ria Ricis yang paling terkenal dengan followers lebih dari 23 juta. Menjadi
panutan remaja berhijab. Atau Awkarin dengan memiliki followers 1,8 juta akun figurnya bebas dan vulgar.

  1. Mural

Bagian lainnya budaya populer yang akhir-akhir ini mucul ialah karya seni rupa mengacu pada karya klasik dalam berbagai genre yang diciptakan oleh seniman mapan. Dimana keberadaan mural sebagai simbul kebebasan setiap orang untuk berpendapat.

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa budaya populer sejatinya dapat berbentuk material contohnya termasuk mobil, gedung, pakaian, dan perkakas. Sedangkan, budaya non-material mengacu pada gagasan abstrak dan cara berpikir yang membentuk suatu budaya.

Namun yang pasti, untuk contoh budaya non-material termasuk undang-undang lalu lintas, kata-kata, dan kode pakaian. Budaya material dan non-material berbeda dalam hal keberwujudannya. Budaya material berwujud, sedangkan budaya non-material tidak berwujud.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kasus adanya budaya populer di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.