6 Contoh Anti Radikalisme di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Anti Radikalisme

Radikalisme menjadi bahasan yang sangat menarik untuk dpiahami akhir-akhir ini. Alasannya sikap radikal ini pada hakekatnya bisa menyebabkan adanya kehancuran dalam keteraturan sosial di masyarakat, meski demikian yang perlu dipahami bahwa arti radikalisme sendiri sangat jauh dari upaya untuk memojokkan agama tertentu, karena bisa saja radikalisme bisa tumbuh di dalam kehidupan sosial lainnya. Bahkan dalam gerakan apapun yang berhubungan dengan adanya bentuk upaya perubahan sosial yang dijalankan dengan cepat sehingga merusak atau menghancurkan pihak lawan diakatkan sebagai paham radikal.

Oleh karena alasan itulah, maka kemunculkan anti radikalisme dianggap sebagai upaya dalam membentuk hubungan sosial masyarakat yang stabil. Meskipun sadar maupun tidak anti radikalisme ini sendiri sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Anti Radikalisme

Anti radikalisme adalah gerakan sosial yang bermuara pada sikap untuk mentiadakan kekerasan yang biasanya sikap ini sendiri berdasarkan sila Pancasila. Oleh karena itulan konsep pemikiran ini dianggap sebagai solusi dalam perwujutan masyarakat untuk menghindari bentuk penyimpangan sosial yang terjadi.

Contoh Anti Radikalisme

Adapun untuk beberapa contoh yang termasuk dalam sikap anti radikalisme yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Pekerjaan

Dalam lingkungan pekerjaan yang mencerminkan sikap anti radikalisme. Misalnya saja Rendra dan Yono dipercayakan atasannya untuk menyelesaikan sebuah proyek dalam bidang pekerjaan tertentu. Rendra ditugaskan sebagai ketua proyek lalu Yono ditugaskan dibagian Administrasi.

Adapaun ketika di tengah proses, mereka berdua berbeda pendapat dan menyebabkan penyelesaian proyek tersebut semakin lama. Perbedan pendapat tersebut pun dapat memicu arti pertikaian. Maka, sikap yang perlu dilakukan Rendra sebagai perwujutan anti radikalime ialah membagi tugas masing-masing sesuai porsinya.

  1. Hubungan Pertemanan

Contoh kasus sikap anti radikalime dalam pertemanan. Misalnya saja ketika kita mendengar kabar dari tetangga, bahwa rekan kerja kita yang bernama Merry meneror orang lain yang terlibat dalam kasus penculikan. Prihal menyikapainya seseorang yang mempunyai sikap anti radikalime berusaha untuk mencari tahu kebenaran berita tersebut terlebih dahulu. Sebelum menghakiminya, karena bisa saja berita tersebut salah.

  1. Sekolah

Sikap anti radikalisme di sekolah. Terlihat dari kasus ketika pada hari ini, Kita mendapatkan kabar dari teman-teman di sekolah bahwa salah seorang murid di sekolah ada yang meneror kepala sekolah. Alasannya karena tidak menyukai atasan kepimpinan sekolah.

Adapun untuk keputusan yang diambil bagi seseorang yang memiliki sikap anti radikalisme ialah bersikap biasa aja. Karena belum tentu berita tersebut benar.

  1. Masyarakat

Untuk kasus yang menggambarkan sikap anti radikalisme di masyarakat. Misalnya saja ketika Nani adalah ketua panitia sebuah acara peringan ulang tahun desanya, dan Widi adalah wakil ketuanya. Di saat berdiskusi, mereka berdebat dan tidak ada yang mau mengalah.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka acara tersebut akan batal. Dan dapat memicu pertikaian diantara mereka. Prihal ini untuk penggambaran Nani yang memiliki sikap anti radikalime ialah berusaha untuk meminta maaf kepada Widi dan akan membagi tugas berdasarkan porsi masing-masing.

  1. Agama

Sikap yang mencerminkan anti radikalime dalam agama, misalnya saja ketika pada hari ini, Yani diajak oleh Yuri untuk datang ke rumah Ema. Walaupun mereka beda agama tapi mereka tetap berteman baik. Disaat dalam perjalanan ke rumah Ema, Yani sudah melihat sudah jam 14.00 WIB dan dia belum sholat zuhur.

Prihal ini Yani meminta tolong ke Yuri untuk mencarikannya mesjid di sekitaran. Tapi jika menunggu Yani selesai sholat, Ema akan marah karena terlambat datang ke rumahnya. OLeh karena keputusan Yuri sebagai orang yang tidak memiliki sikap anti radikal ialah dengan mengabari Ema bahwa mereka akan terlambat datang ke rumahnya dan membantu mencarikan mesjid untuk Yani dengan ikhlas.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Prihal menjalankan aktivitas keseharaian yang menggambarkan sikap tidak radikal. Misalnya saja dalam kasus ketika kita melihat seseorang yang tidak dikenal yang selalu membuat kerusuhan di halaman kantor datang lagi. Tomy selaku security sudah menegur orang tersebut, akan tetapi Tomy malah diancam akan diteror setiap harinya.

Untuk cerminanannya Tomy yang memiliki sikap anti radikalime ialah dengan melaporkan hal tersebut kepada Polisi. Bukan malah menghajar ataupun menghakiminya.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh perwujutan sikap anti radikalisme di masyarakat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *