6 Contoh Anti Korupsi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Anti Korupsi

Integritas menjadi bagian daripada sikap yang harus dimiliki oleh semua orang dalam menghindari prilaku dalam arti korupsi. Alasannya karena korupsi ini memiliki dampak yang cukup besar bagi kegagalan pembangunan semua negara. Meskipun haruslah diakui bahwa korupsi ini juga pada saat ini menjadi salah satu bagian masalah sosial bagi sistem sosial pemerintahan.

Sehingga untuk menyikapinya diperlukanlah tindakan anti korupsi yang berarti menghindari segala bentuk korupsi dengan preventif. Artinya sikap anti korupsi dijarkan dalam lingkungan sosial bermasyarakat, sekolah, dan lain sebagainya.

Anti Korupsi

Anti korupsi adalah bagian daripada bentuk tindakan sosial yang dilakukan guna mengendalikan, mengurangi, bahkan menghilangkan prilaku dalam bentuk penyimpangan sosial. Seperti halnya nepotisme, penipuan, penggelapan, penyuapan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, prilaku anti terhadap adanya korupsi ini penting untuk generasi mendatang sebagimana yang dijarkan oleh para tokoh bangsa Indonesia, yang telah membuktikan mereka ialah pemimpin-pemimpin yang amanah, jujur, sederhana dan bertanggung jawab. Misalnya saja Mohmmad Hatta yang menggembalikan sisa dana non-bujeter ke negara sebesar 6 Juta, yang pada saat itu nominalnya cukup besar pada awal kemerdekaan.

Contoh Anti Korupsi

Adapun untuk beberapa contoh yang digambarkan sebagai tindakan anti korupsi misalnya saja;

  1. Tindak Melakukan Nepotisme

Cerminan ini misalnya saja terlihat dari sikap Najib yang akan mengikuti seleksi menjadi anggota TNI. Dari kecil cita-citanya konsisten hingga Najib beranjak dewas Najib ingin melanjutkan cita-cita ayahnya menjaga NKRI. Ayah Najib dulu merupakan anggota TNI berpangkat jendral. Beliau gugur pada saat menjalankan tugasnya di bumi Papua. Karena ayahnya adalah seorang Jendral, nama Najib sudah popular di kalangan para petinggi TNI. Namun, bukannya ia ingin meminta bantuan kepada mereka. Najib justru ingin masuk ke TNI AD melalui jalur umum.

Prihal ini Najib ingin merasakan apa yang dulu dirasakan ayahnya, berjuang masuk TNI dari 0 dan masuk
tanpa jalur eksekutif.

  1. Mengindari Korupsi Waktu

Prihal ini contohnya saja ketika kita menjadi seorang guru di lembaga pendidikan tertentu yang akan mengajar kepada anak didiknya. Hari ini anda dijadwalkan untuk mengajar di kelas X, namun saat anda hendak berangkat ke kantor ke sekolah turun hujan.

SIkap kita sebagai guru tetaplah haruslah berusaha untuk sampai di sekolah sebelum pelajaran dimulai, alasannya karena hal tersebut menjadi bagian daripada kewajiban atas waktu yang diamahkan.

  1. Pekerjaan

Dalam bidang pekerjaan contoh sikap anti korupsi yang bisa ditemukan. Misalnya saja saat sedang menghitung keuangan kantor, terdapat kelebihan dana sebesar Rp80.000.000 didalam perhitungan rekan kerja anda. Kemudian rekan kerja kita mengajak anda untuk menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadi.

Prihal ini sikap atas tindakan kita yang mencerminkan anti terhadap korupsi ialah dengan menolaknya secara tegas bahwa kita tidak ingin terlibat, bahkan berusaha untuk memberi pengertian bahwa hal tersebut dilarang oleh perusahaan anda.

  1. Anti Suap

Cerminan sikap anti korupsi yang bisa digambarkan. Misalnya saja saat kita beserta 3 rekan lain adalah pegawai baru di sebuah kantor pelayanan. Di kantor kita, terdapat loket pelayanan sebanyak 3 loket. Kita sebagai pegawai baru ditugaskan pada loket 1 urusan administrasi surat menyurat, sedangkan reka kerja baru kita ditugaskan pada loket 2 urusan pembayaran.

Pada suatu siang, ada seseorang meminta pelayanan pada loket 2 yang dijaga rekan kita. kita mendapati pelayanan rekan kita terhadap orang tersebut secara cepat tanpa melalui prosedur yang jelas, sehingga setelah diselidiki ia menerima suap dari seseorang yang meminta pelayanan.

Prihal ini tentusaja sikap anti korupsi yang bisa dilakukan ialah tidak ikut serta sekaligus memperingatkan pemeri sekaligus rekan kita untuk berprilaku sesuai dengan SOP perusahaan, alias tidak memperkaya diri sendiri.

  1. Sekolah

Cerminan atas sikap anti korupsi di sekolah ialah dengan menghindari prilaku memalak maupun mengancam teman lain. Alasannya dengan memalak melalui acaman tersebut telah melanggar etika beserta norma sosial yang berlaku. Bahkan dengan amanah ketika menjadi bendara kelas atau dipercaya oleh teman-teman untuk memgang uang kita catat secara rinci kemudian dilaporkan dalam agenda bulanan.

  1. Mahasiswa

Untuk sikap anti korupsi yang bisa dilihat dalam kehidupan perkuliahan, khususnya mahasiswa ialah dengan tidak memanipulasi data demi mendapatkan beasiswa pendidikan. Misalnya saja mengaku-ngaku sebagai orang miskin padahal kondisinya tidak.

Perilaku tersebut menjadi bagian daripada contoh sikap anti korupsi yang harus selalu dipegang kuat serta menjadi integrasi bagi setiap individu.

Nah, demikianlah penggamabaran atas contoh tindakan yang termasuk dalam sikap anti korupsi di masyarakat dalam keseharian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *