7 Contoh Aktivitas Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Aktivitas Sosial

Aktivitas sosial sejatinya menjadi bagian penting daripada kontribusi setiap individu dan kelompok untuk turut ikut serta dalam menuntaskan permasalahan sosial yang terjadi. Prihal ini keberadaannya menjadi bagian kegiatan sosial yang sejatinya dilakukan tanpa adanya keuntungan prihal ekonomi.

Meski demikian, dalam peranannya kegiatan yang termasuk ciri khas aktivitas sosial dijalankan bisa saja berhubungan dengan unsur budaya, permasalahan kesenjangan ekonomi, pengetahuan politik, dan lain sebaginya. Sehingga sejatinya cerminan yang termasuk kegiatan ini sangatlah mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Aktivitas Sosial

Aktivitas sosial adalah bagian daripada bentuk kegiatan sosial yang dilakukan secara bersamaan maupun pribadi dengan tidak mencari keuntungan dalam bidang perekonomian sebagau prilaku kepedulian yang ditunjukan kepada individu dan bentuk kelompok sosial tertentu terkait permasalahan yang dihadapi.

Contoh Aktivitas Sosial

Adapun untuk contoh kegiatan yang termasuk dalam aktivitas sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Menjadi Sukarelawan Bencana Alam

Hubungannya dengan aktivitas sosial yang mudah ditemukan misalnya saja menjadi seorang sukarelawan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan volunter untuk ikutserta mengetasi dampak bencana alam. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh tenaga kesehatan maupun seseorang yang peduli dengan jiwa masyarakat yang terkena becana alam.

  1. Pendidikan

Hubungannya dengan edukasi maupun pendidikan. Bagian daripada contoh aktivitas sosial yang bisa dilakukan misalnya saja melihat perkembangan teknologi informasi saat ini sangat berkembang pesat dan sangat bermanfaat untuk mempermudah penyampaian informasi, tetapi disamping manfaat ternyata juga banyak hal negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan teknologi informasi tersebut.

Salah satunya adalah dapat disalahgunakan oleh seseorang untuk menyebarkan informasi tidak valid (hoaks), sehaingga kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas sosial yang bisa dijalankan ialah turut serta membantu masyarakat untuk mengenali informasi yang valid sehingga masyarakat bisa teredukasi.

  1. Ekonomi

Adapun proses sosial dan interaksi sosial yang termasuk menjadi bagian daripada aktivitas sosial yang dilakukan berhubungan dengan ekonomi misalnya saja membentuk kelompok untuk berkeliling setiap malam dengan membagikan nasi bungkus kepada masyarakat yang kurang mampu. Seperti gelandangan, pengemis, dan lainnya.

  1. Budaya

Kegiatan yang termasuk dalam aktivitas sosial behubungan dengan unsur budaya misalnya saja menyelenggarakan perlombaan pidato bahasa daerah, membaca aksara daerah, dan lainnya oleh insitasi ataupun organisasi sosial tertentu dengan tujuan memelihara kebudayaan yang ada.

  1. Gotong Royong

Bagian daripada aktivitas sosial di masyarakat yang mudah ditemukan. Misalnya saja ikutserta dalam bergotong royong untuk membangun masjid, membersihkan lingkungan tempat tinggal, maupun mengikuti jadwal ronda yang dibuat oleh RT maupun RW.

  1. Memberikan Pelatihan Secara Gratis kepada Pelajar di Sekolah

Tindakan lainnya yang menjadi bagian daripada aktivitas sosial di masyarakat ialah memberikan pelatihan secara gratis kepada pelajar di sekolah untuk mengikuti ujian SBMPTN ataupun SNMPTN. Tujuannya tak lain ialah memberikan bekal kepada peserta didik agar memiliki kemampuan yang baik saat memasukin dunia perkuliahan.

Bahkan biasanya kegiatan ini bisa dilakukan di wilayah tinggal atau dekat kampus oleh organisasi kemahasiswan seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ataupun lainnya.

  1. Mendirikan Taman Baca

Proses mendirikan rumah baca bisa dikatakan sebagai bagian daripada aktivitas sosial yang bisa dilakukan. Prihal ini tentusaja diharapkan nantinya mendorong sekaligus memberikan bekal bagi peserta didik agar mampu melakukan suatu analisa, identifikasi, dan menyusun alternatif terhadap pemecahan dari setiap masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh aktivitas sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan beserta pengetahuan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *