8 Ciri Pergaulan Tidak Sehat dalam Keseharian

Diposting pada

Ciri Pergaulan Tidak Sehat

Pergaulan tidak sehat adalah bentuk pergaulan yang mengarah pada hal-hal negatif yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.  Salah satu ciri pergaulan yang tidak sehat misalnya saja ialah memiliki sikap yang tidak sabaran dalam segala hal. Sehingga membuat segala keputusannya merugikan bagi keberlangsungan kehidupannya sendiri.

Namun pastinya, adanya bentuk pergaulan sehat dan tidak sehat dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari proses sosial dan interaksi sosial yang terjalin antara individu dalam lingkungan sosialnya. Sehingga keduanya kerapkali dijalankan oleh seseorang.

Pergaulan Tidak Sehat

Pergaulan tidak sehat ialah pergaulan yang lebih mengarah pada pergaulan bebas, maupun berbagai hal negatif lainnya. Pergaulan tidak sehat juga dapat diartikan sebagai proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan tersebut.

Ciri Pergaulan Tidak Sehat

Seseorang yang memiliki pergaulan tidak sehat ditunjukkan oleh beberapa ciri atau karakteristik berikut ini, antara lain:

  1. Boros atau suka menghamburkan harta untuk hal yang tidak bermanfaat

Salah satu ciri orang yang terbiasa dalam pergaulan tidak sehat adalah memiliki sikap boros atau menghambur-hamburkan harta untuk hal-hal yang tidak baik atau kurang bermanfaat. Misalnya menggunakan uang untuk membeli narkoba dan minum-minuman keras.

  1. Sering menghalalkan segala cara dalam mencapai suatu hal

Seseorang seringkali menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu hal yang diinginkan, bahkan tak segan atau takut menggunakan jalan yang haram dan cara yang keji.

Contohnya saja, seorang siswa yang ingin memiliki HP keluaran terbaru seperti miliki teman sekelasnya, tapi tidak memiliki cukup uang untuk membelinya, akhirnya berusaha untuk mewujudkan keinginannya tersebut dengan cara mencuri.

  1. Munafik

Munafik dapat diartikan sebagai sikap seseorang yang ketika ia berkata-kata, apa yang dikatakan tersebut adalah dusta atau kebohingan; ketika ia membuat janji dengan orang lain, ia kan mengingkarinya. Ketika diberi amanah atau kepercayaan, ia malah khianat; dan ketika bersumpah, maka sumpahnya tersebut hanyalah palsu. Sikap buruk ini juga termasuk ciri orang yang terbiasa berada di lingkungan pergaulan tidak sehat.

  1. Menggunakan media sosial untuk melakukan hal yang buruk

Media sosial dapat digunakan sebagai sarana komunikasi sekaligus berbagi informasi. Orang-orang yang terjebak dalam pergaulan tidak sehat seringkali menggunakan media sosial untuk melakukan hal yang buruk, termasuk melakukan penipuan.

Misalnya dengan menyebarkan berita yang palsu atau hoax, menyebarkan fitnah atau mencemarkan nama baik orang lain.

  1. Selalu ingin melawan

Seseorang yang selalu ingin melawan atau memiliki jiwa pemberontak biasanya juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan pergaulannya yang tidak sehat. Ia akan selalu berusaha melawan hal-hal yang telah tertata rapi dalam kehidupan sosial masyarakat.

Contoh sederhana dari sikap ingin melawan misalnya tidak menuruti nasehat baik yang diberikan oleh orang tua atau guru.

  1. Rasa ingin mencoba dan merasakan hal negatif

Para remaja biasanya sangat suka untuk mencoba hal-hal yang baru dalam kehidupan mereka karena mereka mudah penasaran dengan segala hal.

Rasa ingin mencoba tersebut dapat mengarah pada hal yang baik, misalnya melakukan eksperimen ilmiah. Akan tetapi, jika terjebak dalam pergaulan yang tidak sehat, maka rasa ingin mencoba tersebut dapat mengarah pada hal yang negatif, misalnya mencoba untuk menggunakan obat-obatan terlarang.

  1. Rasa malas

Rasa malas dapat menghambat keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam segala hal. Orang yang berada di lingkungan tidak sehat seringkali bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas yang sifatnya produktif dan bermanfaat bagi dirinya.

  1. Tidak bertanggungjawab

Setiap orang harus memiliki dan menanamkan sikap tanggung jawab dalam segala hal yang dilakukan. Akan tetapi, orang-orang bergaul di lingkungan yang tidak sehat seringkali mengabaikan sikap tanggungjawab tersebut.

Contoh sederhananya yaitu ketika adanya seorang siswa diberi pekerjaan rumah (PR) oleh gurunya, ia tidak mengerjakan PR tersebut; tidak melakukan piket kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan berbagai contoh lainnya.

Dampak Pergaulan Tidak Sehat

Pergaulan yang tidak sehat dapat memberikan beberapa dampak negatif, diantaranya yaitu:

  1. Terjerumus dalam pergaulan bebas
  2. Mengonsumsi obat-obat terlarang
  3. Menurunnya tingkat kesehatan
  4. Meningkatnya angka kriminalitas
  5. Menyebarkan penyakit menular
  6. Menurunnya prestasi

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan ciri pergaulan yang tidak sehat, contoh, dan dampaknya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.