7 Ciri Pergaulan Sehat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Ciri Pergaulan Sehat

Pergaulan bisa dikatakan sebagai proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan oleh individu dengan individu lain atau individu dengan bentuk kelompok sosial lainnya. Sehingga setiap saat, manusia selalu bergaul dengan orang lain karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dalam kehidupan bermasyarakat, ada bentuk pergaulan yang sehat dan pergaulan yang tidak sehat.

Dimana pergaulan sehat adalah interaksi sosial dalam masyarakat yang mengarah pada hal-hal positif atau bermanfaat. Pergaulan sehat tersebut tentusaja memiliki beberapa ciri, salah satunya yaitu bersikap baik kepada orang lain. Contoh kasusnya ialah dengan membentuk komunitas untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran, dan lainnya.

Pergaulan Sehat

Pergaulan sehat ialah hubungan sosial yang memberikan positif bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Melalui pergaulan yang sehat, orang-orang yang terlibat bukan hanya akan memiliki kepribadian yang positif, tapi melalui pergaulan yang sehat juga akan tercipta lingkungan sosial pertemanan yang nyaman.

Ciri Pergaulan Sehat

Seseorang yang memiliki pergaulan sehat ditunjukkan oleh beberapa ciri atau karakteristik berikut ini, antara lain:

  1. Pemaaf

Seseorang yang memiliki sikap pemaaf akan memaafkan kesalahan yang dilakukan orang lain terhadapnya dengan mudah, dan tidak menaruh dendam maupun berencana untuk membalas dendam kepada orang yang bersangkutan. Selain itu, seseorang dengan sikap pemaaf lebih mudah terhindar dari konflik sosial atau perselisihan dengan orang lain.

  1. Selalu berprasangka baik

Seseorang yang terbiasa berada di tengah-tengah masyarakat dengan pergaulan yang sehat akan senantiasa menanamkan prasangka baik atau dalam Islam disebut dengan husnuzan, yaitu sikap serta cara pandang yang menyebabkan seseorang melihat segala sesuatu secara positif serta dibekali dengan hati yang bersih, serta tindakan yang lurus.

  1. Memiliki akhlak mulia

Orang yang terbiasa bergaul dengan lingkungan yang sehat, akan terbentuk sebagai pribadi yang memiliki akhlak mulia atau akhlak terpuji, yaitu sikap dan tingkah laku yang mulia atau terpuji terhadap Tuhan YME, sesama manusia dan lingkungannya.

Akhlak mulia yang melekat dalam diri seseorang diwujudkan dalam bentuk perbuatan yang baik dan positif bagi kehidupan.

  1. Tidak mudah iri atau dengki

Orang yang terlibat dalam pergaulan sehat akan menhindarkan diri dari sifat iri atau dengki, yaitu suatu emosi yang timbul saat seseorang yang tidak mempunyai suatu keunggulan, baik dari segi prestasi, kekuasaan, atau lainnya, dan menginginkan yang tidak dimilikinya tersebut, atau mengharapkan orang lain yang memiliki hal-hal tersebut agar kehilangan apa yang dimiliki.

  1. Memiliki sikap sopan santun

Sopan santun merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan menunjukkan sikap sopan santun seseorang bisa dihargai dan disenangi keberadaannya oleh orang lain.

Sopan santun dapat berlaku dalam semua aspek, termasuk ketika berbicara, berpakaian, dan lain sebagainya. Sikap sopan santun ini harus diterapkan dimanapun mulai dari rumah, sekolah, masyarakat sekitar, bahkan ketika berkomentar media sosial.

  1. Memberi nasehat yang baik

Mampu memberikan nasehat yang baik merupakan salah satu ciri atau karakteristik orang yang terbiasa dalam pergaulan sehat, karena nasehat yang baik diberikan bukan untuk menyinggung atau menyakiti orang yang diberi nasehat, melainkan agar orang tersebut bisa menjadi lebih baik atau tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.

  1. Berusaha menepati janji

Orang yang terbiasa dengan pergaulan yang sehat biasanya akan berusaha untuk selalu menepati janji yang dibuat dengan orang lain, karena bentuk tindakan sosial seperti itulah menunjukkan sikap amanah atau dapat dipercaya yang ada di dalam dirinya.

Manfaat Pergaulan Sehat

Pergaulan sehat memiliki manfaat yang sangat beragam, diantaranya yaitu:

  1. Meningkatkan tujuan hidup yang positif
  2. Meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri
  3. Mengurangi stress
  4. Membuat hidup semakin bahagia
  5. Membantu mengatasi trauma, seperti kematian orang yang dicintai, penyakit serius, perceraian, atau kehilangan pekerjaan

Contoh Pergaulan Sehat

Adapun untuk contoh adanya pergaulan sehat di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Membentuk Kelompok Belajar

Kelompok belajar yang ada di sekolah ataupun ruang lingkup pertemanan bisa dikatakan sebagai bagian dari adanya peragulan sehat yang bisa menjadikan seorang murid ataupun siswa paham dengan materi pelajaran tertentu. Kelompok dalam belajar ini juga bisa menjadi bagian daripada upaya untuk memahamkan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru ataupun dosen dalam pendidikan formal yang dianutnya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya ciri pergaulan sehat di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan contohnya. Semoga saja mampu memberi pengatahuan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.