Ciri Nilai Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Nilai Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Nilai pada hakekatnya merupakan bagian daripada prestis yang penting keberadaan di lingkungan sosial bermasyarakat. Nilai ini sendiri terbagi ke dalam berbagai macam-macam nilai yang kesemuanya dianggap sebagai satu kesatuan yang saling berpengaruh.

Akan tetapi yang pasti, khusus pada nilai sosial yang berkembang memiliki karakteristik tersendiri diantaranya seperti di hasilkan dari proses sosial dan interaksi sosial yang tinggi, proses belajar setiap individu dan kelompok, menjadi ukuran dalam menentukan aturan sosial, memiliki model yang bervariasi, berpengaruh pada tindakan manusia, serta mendorong kegiatan setaip individu.

Nilai Sosial

Pengertian nilai adalah penghargaan yang diberikan kepada masyarakat atas kegiatan-kegiatan setiap individu kepada lingkungannya, sehingga atas dasar inilah ssetiap masyarakat yang ingin berada dalam kesatuan (integrasi sosial) haruslah selalu menjalankan nilai ini sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Disisi lainnya, nilai sosial adalah keberagaman padangan yang diberikan kepada masyarakat untuk memberikan lebel kepada setiap individu. Lebel ini bisa berarti baik jika yang dilakukan sesuai dengan kaidah sosial masyarakat, sedangkan lebel buruk akan diberikan apabila individu tersebut melakukan prilaku penyimpangan sosial.

Ciri Nilai Sosial

Ciri Nilai Sosial di Masyarakat dan Contohnya
Ciri Nilai Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Penjelasan lengkapnya mengenai karakteristik nilai sosial dan contonya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, ialah;

  1. Hasil Proses Interaksi

Karakteristik yang pertama sebagai ciri nilai sosial didapatkan dari adanya hasil dari proses interaksi antarmanusia secara intensif satu sama lainnya. Pengertian interaksi sosial ini sendiri adalah upaya mencipatakan hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Dari penjelasan tersebut dapatlah disimpukan bahwasanya nilai sosial bukanlah bawaan sejak lahir. Contoh kasus nilai sosial ini misalnya ada seorang anak yang bisa menerima “nilai” untuk menghargai waktu karena didikan orangtuanya yang mengajarkan disiplin sejak kecil. Dimana kedisiplinan sendiri menjadi objektiftas dalam menggapai cita-cita yang diinginkan.

  1. Proses Belajar

Yang terdapat dalam nilai sosial dihasilkan melalui seraingkai proses belajar tau lebih dikenal dengan istilah “ditransformasikan”. Upaya ini didapatkan dari adanya  tidankan manusia yang melakukan bentuk sosialisasi, akulturasi budaya, dan difusi kebudayaan kepada lingkungan dan keluarganya.

Contoh tindakan yang menjadi ciri khas ini misalnya saja penanaman nilai “menghargai kerja sama (kooperatif)” dengan selalu dipelajari anak dari sosialisasi dengan teman-teman sekolahnya. Tindakan ini lebih jelasnya seperti belajar secara kelompok dalam mencapai nilai yang diingikan, mengerjaan tugas, dan lain sebaginya.

  1. Menjadi Ukuran dalam Menentukan Peraturan Sosial

Yang terdapat dalam nilai sosial biasanya berupa ukuran atau peraturan sosial yang turut serta untuk memenuhi arti kebutuhan-kebutuhan sosial yang dimiliki oleh setiap individu.

Adapun untuk contohnya prihal ini misalnya saja pada unsur budaya masyarakat petani yang agraris di pedesaan yang umumnya terimlimenetasi melalui nilai memelihara ketertiban lingkungan, sehingga menjadi ukuran tertib tidaknya seseorang, sekaligus menjadi aturan yang wajib diikuti. Bentuknya seperti adanya gotong royong pada Hari Juma’at di daerah pedesaan tertentu.

  1. Bervariasi

Yang menjadi salah satu unsur nilai sosial ialah berbeda-beda pada tiap kelompok satu dengan lainnya. Kevariasan ini sendiri dapat dipengaruhi karena adanya perbedaan sifat kebudayaan, etnis, ataupun suku.

Adapun untuk contohnya saja  seperti nilai sosial yang ada di negara-negara maju manusianya sangat menghargai waktu, keterlambatan sulit ditoleransi. Sebaliknya untuk karakteristik negara berkembang seperti di Indonesia, keterlambatan dalam jangka waktu tertentu masih dapat dimaklumi.

  1. Berpengaruh pada Tindakan Manusia

Nilai sosial yang ada dalam kehidupan selanjutnya ialah berpengaruh terhadap bentuk tindakan sosial yang manusia jalankan, hal ini dilatarblakangi dengan adanya peranan setiap nilai yang mencoba untuk memberikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.

Contohnya dengan mengutamakan uang di atas segalanya akan senantiasan membuat orang berusaha mencari uang sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, jika nilai kebahagiaan dipandang lebih penting daripada sekedar uang, maka niscaya setiap orang akan lebih mengutamakan hubungan baik dengan sesama.

  1. Mendorong Kegiatan Individu

Nilai selanjutnya ialah mampu memberikan pengaruh pada setiap perkembangan kepribadian individu yang ada dalam anggota masyarakat, baik positif maupun negatif.

Contohnya fungsi nilai sosial ini sendiri misalnya saja kasus mengenai seseorang yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi akan melahirkan individu yang egois.

Adapun untuk ciri nilai yang lebih mengutamakan kepentingan bersama (umum) maka senantiasanya akan membuat individu tersebut lebih peka terhadap bergam masalah-masalah sosial, seperti kemiskinan, penganiyaaan, penggunaan narkoba, dan lain sebaginya.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa nilai sosial adalah sekumpulan konsepsi abstrak manusia yang dilakukan dengan pandangan objektif terhadap prilaku individu dalam melakukan kegiatan sosial, seperti tindakan sosial, hubungan sosial, ataupun proses sosialisasi, dan interkasi sosial.

Sehingga prihal inilah nilai sosial sangat erat kaitannya dengan pedoman hidup masyarakat yang mampu memberikan dorongan dan larangan untuk menciptakan kesetabilan, keteraman, dan kedamaian. Disisi lainnya, nilai merupakan suatu kebutuhan manusia yang digunakan untuk pedoman hidup tentang suatu perbuatan yang seharusnya dilakukan atau suatu perbuatan yang seharusnya dihindari.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri nilai sosial di masyarakat secara umum dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensinya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

2 thoughts on “Ciri Nilai Sosial di Masyarakat dan Contohnya

  1. Paparan isinya sistematis, lugas, dan padat,
    Sangat bermanfaat, terima kasih

    No votes yet.
    Please wait...
    1. Sama-sama. Sukses selalu juga ya

      No votes yet.
      Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *