Bentuk Integrasi Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Bentuk Integrasi Sosial Adalah

Pada hakikatnya sebagai bangsa Indonesia kita harus dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Rasa cinta terhadap tanah air hanya perlu melakukan tindakan saling mengerti dalam pengertian toleransi kepada keragaman unsur budaya yang ada di Indonesia. Dengan timbulnya rasa cinta terhadap tanah air tersebut dapat menjadikan munculnya integrasi sosial.

Integrasi sosial ini merupakan sikap toleran yang dilakukan suatu wilayah tertentu yang belum mencakup wilayah tanah air. Oleh karena itulah tulisan ini akan membagikan tentang bentuk integrasi sosial yang ada di masyarakat.

Integrasi Sosial

Pengertian integrasi sosial adalah prosesi kegiatan dalam masyarakat dengan ciri khas dilakukannya berbagai pihak di dalam mengatasi wujud masalah sosial yang timbul di dalamnya. Masalah disini ini umumnya di latar belakangi  dengan kesenjangan sosial ataupun konflik sosial.

Bentuk Integrasi Sosial

Berikut ini adalah bahasan materi tentang bentuk integrasi sosial dan contohnya, akan kita kaji sebagai berikut;

  1. Asimilasi

Bentuk Integrasi Sosial
Asimilasi

Asimilasi budaya merupakan percampuran dua kebudayaan yang berbeda dalam satu wilayaha. Asimilasi budaya menyebabkan munculnya kebudayaan baru di suatu tempat. Kebudayaan baru tersebut lahir karena dua kebudayaan yang berbeda.

Contoh integrasi sosial asimilasi adalah apabila kita melihat pada kebudayaan di Kalimantan, apabila terdapat transmigran dari Pulau Jawa mereka akan bersatu padu dalam menyampurkan kebudayaan hingga muncul kebudayaan baru.

  1. Akulturasi

Pengertian akulturasi budaya merupakan perpaduan kebudayaan yang berbeda dalam suatu wilayah. Perpaduan tersebut menjadikan tambahan kebudayaan baru yang berkolaborasi dengan kebudayaan setempat.

Contoh integrasi sosial akulturasi adalah kebudayaan di Kalimantan berbeda dengan kebudayaan di Jawa. Oleh karena itu sebagai bentuk toleransi agar terciptanya integrasi sosial di masyarakat maka perlu sajian budaya tersendiri di wilayah tersebut agar masing-masing kebiudayaan dapat bersatu padu.

  1. Instrumental

Integrasi sosial instrumental adalah integrasi nasional yang berdasarkan peraturan tertulis. Integrasi sosial jenis instrumental berdasarkan peraturan yang berlaku dalam berbangsa dan bernegara yaitu Undang-Undang Dasar 1945. Ikatan sosial yang terdapat dalam masyarakat akan dengan sendirinya memenyesuaikan kebiasaan dengan norma-norma instrumental yang menjadi tolak ukur pandangan hidup.

Contoh dari integrasi sosial instrumental adalah penyatuan kebudayaan yang berdasarkan dengan peraturan pemerintah. Dalam hal ini peraturan pemerintah berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia.

  1. Ideologis

Integrasi sosial ideologis terbentuk melalui perintah penguasa atau pemimpin. Integrasi sosial ideologis ditetapkan sendiri oleh pemerintah agar ditaati oleh bangsanya. Integrasi sosial jenis ideologis dibuat berdasarkan amandemen pemerintah.

Contoh dari integrasi sosial ideologis adalah penetapan kebijakan amandemen yang disetujui oleh Presiden agar dalam penerapannya dilakukan oleh seluruh lapisan bangsa Indonesia dikemudian hari.

  1. Normatif

Normatif adalah sesuai norma yang berlaku di masyarakat. Dalam jenis ini contoh integrasi nasional yaitu integrasi nasional normatif terbentuk karena peraturan tidak tertulis dalam masyarakat yang ditaati oleh seluruh lapisan masyarakat. Integrasi sosial normatif terbentuk karena masing-masing nilai sosial dan adat yang berlaku dalam lapisan masyarakat.

Contoh dari integrasi sosial normatif adalah penerapan nilai-nilai dan norma di masyarakat yang telah ada sejak turun temurun diyakini oleh masyarakat. Norma tidak dapat hilang begitu saja dalam lapisan hidup bermasyarakat.

  1. Fungsional

Integrasi sosial fungsional merupakan bentuk integrasi sosial yang tidak tertulis. Dalam hal ini diharapkan penerapan pada integrasi sosial dalam jenis ini mampu untuk memenuhi kebutuhan khalayak banyak. Contoh dari integrasi sosial fungsional adalah memfungsikan perintah tidak tertulis ndari pemimpin daerah.

Dengan terciptanya integrasi sosial fungsional ini maka sejatinya diharapkan dapat terjadi persatuan bangsa yang kokoh.

  1. Koersif

Integrasi sosial koersif adalah integrasi sosial dalam masyarakat yang terjadi karena adanya suatu paksaan. Integrasi sosial pada bentuk ini cocok digunakan untuk masyarakat yang bersifat radikal. Untuk masyarakat yang aman dan tentram tidak perlu menggunakan integrasi sosial koersif, melainkan menggunakan pendekatan integrasi sosial persuasif.

Contoh dari integrasi sosial koersif adalah penerapan dalam bentuk paksaan pada masyarakat yang tidak dapat diatur dengan pendekatan persuasif. Dengan adanya integrasi sosial koersif dapat mewujudkan masyarakat yang patuh akan peraturan.

  1. Persuasif

Tindakan persuasif adalah tindakan yang merupakan bujukan agar merubah atau membawa masyarakat ke arah yang lebih baik. Pada tahapan integrasi sosial, pendekatan integrasi persuasif ini mampu digunakan untuk masyarakat pada tipe aman dan tentram.

Contoh dari integrasi sosial dengan pendekatan persuasif adalah melakukan pendekatan secara mendalam dengan jalan damai pada pihak yang sedang terjadi konflik agar terwujud suasana yang aman, damai, dan tentram.

  1. Identifikasi

Integrasi sosial identifikasi adalah cara melakukan sebuah pendekatan kepada massyarakat dengan memberikan pengertian pentingnya budaya tolernasi di masyarakat. Integrasi sosial identifikasi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengetahui tentang kegiatan sosial.

Contoh dari integrasi sosial identifikasi adalah menerapkan suatu identitas pada bangsa dengan cara menumbuhkan sikap cinta pada tanah air agar semakin terwujud integrasi yang mana tidak hanya dalam lingkup sosial tetapi dapat terwujud dalam lingkup nasional.

  1. Kerjasama

Kerjasama dalam hal integrasi sosial diartikan sebagai suatu sikap gotong royong. Gotong royong akan menimbulkan sikap saling membantu di masyarakat. Sikap saling membantu tersebut akan membawa keuntungan yaitu terciptanya integrasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh dari integrasi sosial kerja sama dapat kita lihat pada masyarakat pedesaan. Pada masyarakat pedesaan sering kita lihat masing menjunjung tinggi sifat paguyuban dari pada masyarakat kota yang sudah mengganti paguyuban dengan patembayan.

Manfaat Integrasi Sosial

Manfaat Integrasi Sosial

Adapun beberapa manfaat jika dalam masyarakat terbentuk integrasi sosial, antara lain;

  1. Mencegah terjadinya disintegrasi pada kehidupan masyarakat
  2. Mengurangi adanya beragam contoh konflik sosial yang ada dalam kehidupan
  3. Mencitakan kehidupan yang damai antar hubungan sosial yang terjadi di dalamnya
  4. Terbentuknya kesatuan dan persatuan dalam masyarakat

Nah, pengertian diatas merupakan artikel yang membahas tentang bentuk-bentuk integrasi nasional dan contohnya di masyarakat. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan pembaca serta pengetahuan pembaca. Terima kasih!

Rating: 2.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *