Pengertian Achieved Status dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Achieved Status dan Contohnya

Achieved status dalam objek kajian sosiologi adalah kedudukan yang diperoleh seseorang lantaran adanya realitas yang menggambarkan pewarisan posisinya dalam hierarki sosial yang didasarkan jenis kelamin, ras, dan latar belakang sosial ekonominya.

Tentusaja dalam kehidupan sehari-hari ascribed status ini sangatlah mudah ditemukan lantaran berhubungan erat dengan adanya status sosial dan stratifikasi sosial. Misalnya saja paling mudah dalam sistem pemerintahan oligarki yang mewariskan pucuk kepemimpinan didasarkan pada faktor keturunan.

Pengertian Ascribed Status

Ascribed status adalah diperolehnya jenis status sosial seseorang yang ditetapkan sejak lahir lantaran diasumsikan secara tidak sengaja di kemudian hari sehingga prihal ini tidak dicapai berdasarkan prestasi, keterampilan, maupun kemampuan yang dimilikinya.

Praktik pemberian peran sosial semacam itu kepada individu ada secara lintas budaya dalam semua masyarakat dan didasarkan pada jenis kelamin, ras, asal-usul keluarga, dan latar belakang etnis. Contohnya saja seseorang yang lahir dalam keluarga kaya memiliki status yang dianggap tinggi hanya berdasarkan jaringan sosial dan keuntungan ekonomi yang diperoleh seseorang karena dilahirkan dalam keluarga dengan sumber daya lebih banyak daripada yang lain.

Contoh Ascribed Status

Adapun contoh status sosial ascribed status di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Jenis kelamin laki-laki

Bahkan saat ini, kita dapat melihat ketidaksetaraan yang ada antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat, meskipun banyak pula yang telah menjunjung tinggi kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan.

Akan tetapi, bagi masyarakat yang memandang status sosial laki-laki lebih tinggi dibanding perempuan, menyebabkan seorang laki-laki mendapat lebih banyak rasa hormat, lebih banyak kesempatan, dan lebih banyak kekuasaan dibanding perempuan.

  1. Royalti

Anggota keluarga kerajaan memiliki status yang dianggap tinggi karena garis keturunan, hubungan politik dan ekonomi, dan kekuatan atau kekuasaan yang mereka miliki. Setiap anggota baru dalam keluarga mendapatkan status yang dianggap tinggi, meskipun dia tidak melakukan apa pun untuk mendapatkannya.

  1. Pekerjaan keluarga

Dalam beberapa budaya, orang diharapkan hanya mengambil pekerjaan yang telah dipilih oleh nenek moyang mereka. Meskipun skenario ini berubah sekarang, sebelumnya menjaga kesenjangan antara kelas yang lebih tinggi dan kelas yang lebih rendah tetap utuh.

Mereka yang lahir dengan status yang lebih tinggi memegang pekerjaan kekuasaan dan kepemimpinan, sementara mereka yang lahir dengan status yang lebih rendah mempraktikkan pekerjaan yang dikendalikan oleh mereka yang berkuasa. Tidak masalah apakah mereka yang memiliki status lebih tinggi pantas mendapatkan kekuatan itu atau tidak, status mereka menentukan apa yang akan mereka dapatkan.

  1. Sistem Kasta

Kasta adalah sistem sosial kategorisasi bertingkat berdasarkan garis keturunan yang dimiliki seseorang sejak lahir, di mana individu tidak memiliki mobilitas karena adat atau hukum. Bagi penganut agama Hindu, sistem kasta adalah cara bagi mereka dalam membagi masyarakat ke dalam 4 kategori utama, yang terdiri atas Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.

Kasta yang menempati posisi paling tinggi adalah Brahmana, karena banyak yang percaya bahwa kelompok tersebut berasal dari Brahma, yaitu Dewa Pencipta Hindu. Sedangkan yang paling rendah adalah Sudra yang berasal dari kaki Brahma dan melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar.

  1. Ras dan Etnis

Perlu kita ketahui bahwa, definisi ras dan etnis masing-masing terkait dengan faktor biologi dan sosiologis. Ras merupakan ciri atau karakteristik fisik seseorang, misalnya struktur tulang, warna kulit, warna mata, dan bentuk rambut. Sedangkan etnis merupakan ciri atau karakteristik yang terkait faktor budaya, termasuk kebangsaan, budaya daerah, keturunan, dan bahasa.

Contoh ras adalah kulit coklat, putih, atau hitam (semua dari berbagai belahan dunia), sedangkan contoh etnis adalah keturunan Jerman atau Spanyol (tanpa memandang ras) atau Cina Han.

Ras kita ditentukan oleh penampilan kita, sementara etnis ditentukan berdasarkan bentuk kelompok sosial dan unsur budaya tempat kita berada. Kita dapat memiliki lebih dari satu etnis tapi kita dikatakan memiliki satu ras, bahkan jika itu “ras campuran”.

Nah, demikinalah artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian achieved status dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberi wawasan sekaligus referensi yang mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *