6 Contoh Simpati di Sekolah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Simpati di Sekolah

Simpati pada hakikatnya bisa diartikan sebagai emosi yang dialami sebagai reaksi terhadap sesuatu yang terjadi pada orang lain. Hal ini ketika kita merasa kasihan pada seseorang, artinya kita memiliki simpati untuk orang tersebut.

Contoh perwujutannya saat teman sekolah kita kehilangan orang yang dicintai, maka menjadi hal yang umum untuk merasa simpati terhadap teman kita itu, yaitu dengan mengungkapkan perasaan berbelasungkawa. Selain terhadap teman, rasa simpati juga harus kita tunjukkan kepada kelaurga kita sendiri maupun masyarakat yang ada di sekitar kita karena pada dasarnya kita adalah bagian dari bentuk kelompok sosial tersebut.

Simpati di Sekolah

Simpati di lingkungan sekolah adalah prilaku dan sikap yang tumbuh ataupun muncul di lingkungan sosial di sekolah terhadap orang-orang yang termasuk dalam kategori warga sekolah. Misalnya saja kepada sesama teman, guru, dan seluruh staff ataupun karyawan.

Contoh Simpati di Sekolah

Adapun untuk contoh penerapan dan prilaku sikap simpati di sekolah yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Menolong teman yang belum paham materi pelajaran

Menolong teman kita yang masih belum memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh bappak/ibu guru merupakan salah contoh simpati kita terhadap teman di lingkungan sekolah. Mengajari bukan berarti menggurui mereka, tapi itu justru dapat menjadi bentuk atas manfaat sikap simpati kita terhadap guru karena sedikit meringkankan beban mereka dalam mengajari teman kita yang belum memahami materi pelajaran.

  1. Meminjamkan peralatan belajar kepada teman

Ketika ada teman kita yang tidak membawa peralatan tulis mereka, kita dapat meminjamkan alat tulis kita kepada mereka apabila kita memiliki lebih dari satu dari yang kita gunakan, sebagai bentuk rasa simpati kita kepada teman kita.

  1. Menjenguk teman yang sakit

Ketika ada teman kita yang sakit, kita harus menjenguk mereka sebagai wujud simpati kita. Bukan berarti kita harus dating dengan membawa sekeranjang makanan, tapi kehadiran kita dapat menjadi penyemanagat tersendiri agar teman kita yang sakit cepat sembuh dan bisa masuk sekolah Kembali.

  1. Berbela sungkawa terhadap teman kita yang kehilangan anggota keluarganya

Apabila ada anggota keluarga atau kerabat dari teman kita yang meninggal dunia, kita harus menunjukkan sikap turut berbela sungkawa sebagai bentuk simpati kita atas kesedihan yang dia alami karena telah kehilangan anggotan keluarganya.

  1. Menghibur teman kita yang merasa sedih

Saat kita melihat teman kita di sekolah nampak murung dan bersedih, kita dapat menunjukkan rasa simpati kita dengan menghibur mereka agar tidak sedih terus-menerus karena apabila dalam kondisi tersebut, maka biasanya akan kesulitan pula dalam menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru.

  1. Memberikan ucapan selamat kepada teman kita yang berprestasi

Ketika ada teman kita yang berprestasi sehingga dapat membanggakan nama baik sekolah, sejatinya prilaku kita dapat menunjukkan rasa simpati dengan memberi ucapan selamat kepada mereka atas prestasi yang telah diraih sehingga pada akhirnya realitas sosial seperti ini mampu memberi motivasi kepada diri kita juga.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh sikap dan prilaku simpati di sekolah yang bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.