Unsur Budaya Secara Umum dan Contohnya

Diposting pada

Unsur Budaya Menurut Para Ahli

Suatu budaya memiliki sifat kompleks, abstrak, dan menyeluruh. Aspek budaya dapat menentukan perilaku individu yang komunikatif, dan berimplikasi pada kegiatan individu dalam lingkungan sosial. Budaya merupakan cara hidup yang dimiliki oleh pengertian kelompok sosial dan keberadaannya diwariskan dari generasi ke generasi. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini unsur budaya secara universal (umum) dan contohnya.

Budaya

Pengertian budaya adalah hasil dari proses dan penciptaan batin serta akal budi manusia yang berwujud ada istiadat, kesenian, maupun kepercayaan. Hal ini mengindikasikan bahwa budaya adalah akal, atau artinya adalah segala daya, kemampuan, dan kegiatan untuk mengolah, bahkan mengubah dan memanfaatkan alam (lingkungan).

PengertianBudayaMenurut Para Ahli

Adapun pengertian budaya menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Koentjaraningrat, Budaya merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar dalam rangka kehidupan dalam setiap pengertian masyarakat.
  2. Clifford Geetz, Budaya merupakan sebuah sistem mencakup konsep-konsep yang di turun temurunkan secara simbolik yaitu dengan cara berkomunikasi, melestarikan, dan juga mengembangkan pengetahuan dan sikap.
  3. B Taylor, Kebudayaan digambarkan sebagai keseluruhan kompleks, dimana dalam suatu kebudayaan selalu terselip ragam ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, bakat istimewa, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.
  4. Linton, Budaya menurut Linton, merupakan keseluruhan pola perilaku, pengetahuan dan sikap manusia. Keseluruhan tersebut kemudian menjadi kebiasaan yang keberadaannya diwariskan dan dimiliki oleh kelompok masyarakat.
  5. Effat Al-Syarqawi, Budaya merupakan sejarah dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Di dalamnya terdapat berbagai nilai yang mengandung makna dan tujuan bersifat religi.
  6. Selo Soemardjan, Budaya merupakan sebuah hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat.

Unsur Budaya Universal (Umum)

Adapun unsur budaya secara umum beserta contohnya adalah sebagai berikut:

Sistem Religi (Sistem Kepercayaan)

Unsur ini merupakan unsur yang sangat penting bagi manusia, karena terkadang manusia mempunya masalah kehidupan yang sangat begitu sulit untuk dihadapi sehingga tidak bisa masuk akal. Contohnya dalam hal ini misalnya saja Agama Islam melaksanakan ibadahnya di Masjid, Agama Hindu melaksanakan ibadahnya di Pura, Agama Kristen dan Katolik rutin melaksanakan ibadnya di Gereja.

Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan memiliki fungsi sebagai bentuk pemenuhan rasa ingin tahu manusia terhadap ilmu pengetahuan. Manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup melalui sistem pengetahuan. Contohnya yang terkait sistem pengetahuan seperti keberadaan Lembaga Pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanan, Sekolah Dasar, Menengah, sampai institusi Perguruan Tinggi menunjang segala kemampuan berpikir dan bernalar.

Sitem Teknik dan Teknologi (kemajuan teknologi mutakhir)

Teknologi yang digambarkan sebagai unsur kebudayaan ialah bagaimana teknologi berevolusi di mulai dari teknologi tradisional sampai teknologi modern yang berkembang beriringan dengan perkembangan budaya sepanjang zaman.

Contohnya dalam hal ini misalnya saja Rumah sebagai tempat berlindung manusia terus mengalami evolusi daei zaman ke zaman karena sistem teknologi yang semakin maju. Mulai dari evolusi bahan-bahan pembentuk rumah sampai pada tenaga kerjanya yang dilakukan oleh teknologi mutakhir masa kini.

Sistem Kemasyarakatan (sistem sosial atau kekerabatan)

Dalam kehidupan masyarakat, sistem pengertian sosial budaya dan kekerabatan hidup sebagai bentuk aturan yang mau tidak mau harus diikuti karena memegang teguh nilai-nilai kemasyarakatan. Contohnya dalam hal ini misalnya saja sistem kemasyarakatan bekerja di Indonesia, ialah sistem patriarki yang masih terus berkembang dan langgeng di tataran paling inti yaitu fungsi keluarga.

Sistem Ekonomi

Macam sistem ekonomi di Indonesia dan dunia dalam kebudayaan diartikan sebagai perkembangan secara bertahap bagaimana cara bertahan hidup manusia terus berevolusi dari yang paling tradisional hingga pada tahap yang paling modern saat ini.

Contohnya manusia berburu dan meramu, beternak, bercocok tanam di ladang, memanfaatkan setiap kesempatan kerja, ikut menjaga keteraturan ekonomi nasional dengan berwirausaha, bersaing dengan sehat, sampai berpartisipasi dengan lingkup sistem ekonomi dunia dengan lembaga-lembaga terkait.

Sistem Politik (Pengaruh kekuasaan)

Sistem dalam pengertian lembaga politik menjadi satu unsur budaya yang telah berkembang sejak zaman dahulu. Pada era Yunani, sistem politik telah menjadi suatu budaya yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan.

Contohnya dalam hal ini misalnya saja buta yang paling buruk ialah buta politik. Pengertian budaya politik ada di saat manusia pertama kali dilahirkan, politik sudah terjadi lewat tangisan pertama seorang bayi. Terjadi politik di sana, terjadi pengaruh, terjadi sistem kuasa.

Bahasa

Bahasa adalah suatu unsur kebudayaan yang digunakan untuk berkomunikasi.Bahasa adalah sistem perlambangan manusia yang dilakukan secara lisan ataupun tulisan. Contohnya dalam hal ini misalnya saja masyarakat yang memiliki ras yang sama belum tentu mempunyai bahasa yang sama, misalkan orang Thailand dan orang Sunda mereka memiliki kesamaan ras yaitu ras Paleo-Mongoloid, akan tetapi memiliki bahasa yang berbeda.

Kesenian

Unsur kebudayaan lainnya berada pada hal-hal terkait seni. Kesenian diartikan sebagai suatu ekspresi akan keindahan yang turut berkembang beriringan dengan zaman, dalam karya seni biasanya tersirat pesan-pesan yang ingin disampaikan.

Contohnya yang ada dalam pemujaan kepada Dewa, biasanya diiringin dengan musik yang indah disertai dengan tarian-tarian sakral. Musik dan tarian merupakan contoh dari unsur kesenian.

Keluarga

Pengertian lembaga keluarga menjadi satu unsur budaya yang penting karena keluarga merupakan satuan terkecil dalam masyarakat. Semua dimulai di dalam keluarga. Keluarga menjadi cerminan bagaimana karakter, perilaku, watak setiap individu terbentuk.

Contohnya dalam hal ini sebuah keluarga yang memiliki karakter primordial akan memengaruhi karakter keturunannya. Sedangkankeluarga yang modern, akan memengaruhi pola asuh terhadap anak, memengaruhi cara pandang melihat dunia.

Organisasi kekuasaan

Organisasi menjadi satu bentuk adanya instusionalisasi budaya di era ini, yang mana di dalam suatu organisasi tidak akan terlepas dari perihal kekuasaan. Contohnya dalam hal ini kuasa seorang pimpinan suatu organisasi akan berbeda dengan wewenang yang dimiliki seorang bawahan, adanya kedudukan sebagai pimpinan juga menambah tanggung jawab dan lahirnya budaya kepemimpinan di dalam suatu organisasi.

Sistem norma

Sistem dalam peranan nilai dan norma sosial berkaitan erat dengan bagaimana nilai-nilai yang dijunjung dalam masyarakat juga dianggap sebagai sebuah unsur pembentuk kebudayaan. Contohnya konstruksi terahadap sesuatu dapat bertahan bersamaan dengan nilai-nilai yang dianggap baik atau buruk oleh suatu lingkungan.

Seperti sampai saat ini, perempuan yang pulang larut malam akan dianggap kurang baik karena tidak berkenaan dengan nilai dan konstruksi dalam masyarakat.

Media Komunikasi

Media komunikasi menjadi satu bagian dari unsur kebudayaan karena keterlibatan perkembangannya yang sangat pesat memengaruhi sistem kerja di setiap lini kehidupan. Contohnya saja seperti Internet, sosial media, kanal-kanal online dapat membantu perkembangan budaya dengan sangat cepat, berkembang tanpa batas.

Profesi

Saat ini profesi mengalami perkembangan signifikan beriringan dengan kemajuan unsur-unsur budaya lainnya. Profesi menjadi satu simbol tersendiri yang mencerminkan perilaku setiap individu. Contohnya saja profesi impian tidak lagi hanya bergantung pada lapak kantor atau seragam pegawai, individu kontemporer lahir dengan pemikiran menyebarkan jasa sebagai seorang Influencer, Content Creator, Selebgram, bahkan sampai Gamer.

Adat Istiadat

Pengertian adat istiadat ada dan masih bertahan untuk menyeimbangkan perkembangan budaya. Kebiasaan-kebiasaan baik dan unik yang berkembang di masyarakat akan menjadi sebuah kekuatan sosial. Contohnya saja seperti bagaimana Bali sebagai salah satu destinasi wisata dunia, dengan segala bentuk budaya asing yang turut masuk dan memenuhi Bali, tidak pernah memadamkan kebiasaan-kebiasaan adat istiadat yang telah mengakar sejak dulu di Bali. Sebaliknya adat isitiadat ini menjadi kekuatan bagi pemeluknya.

Asal usul, Sejarah, Mitos

Keberadaan semua unsur budaya tidak akan terlepas dari kehadiran sejarah, pengenalan asal usulnya di masyarakat, dan mitos-mitos yang berkembang bersamanya. Contohnya saja adanya museum, lembaga-lembaga penelitian sosial humaniora, mengembangkan asal-usul, sejarah, dan mitos menjadi kebudayaan yang layak dipelajari dan diketahui oleh masyarakat luas.

Demikianlah penjelasan mengenai unsur budaya secara universal dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘budaya’. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *