“Topik Penelitian” Pengertian, Unsur, Tips, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Topik Penelitian dan Contohnya

DosenSosiologi.Com– Topik penelitian pada hahaketnya selalu ada dalam rancangan penelitian kualitatif dan kuantitatif meskipun memiliki perbedaan diantara keduanya akan tetapi dalam penelitian sosial keduanya membentuknya topik penelitian. Oleh karena itulah tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian, unsur, tips, dan contoh topik penelitian.

Baca Juga:

  1. Metode Penelitian Sosial dan Contohnya Lengkap
  2. Pengertian Penelitian Sosial, Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Lengkap

Topik Penelitian

Topik adalah kata serapa dari Bahasa Yunani yaitu “Topoi” yang artinya umumnya adalah tempat landasan dalam tulis menulis. Topik penelitian sosial dapat berasal dan masalah di Iingkungan sekitar. Sebagai seorang yang akan melakukan penelitian perlu setidaknya meningkatkan wawasan dan daya kritis.

Pengertian Topik Penelitian

Pengertian topik penelitian adalah pokok dari penelitian atau pembicaraan dalam penulisan artikel ilmiah. Topik penelitian ini berada sebelum seseorang melakukan penelitian, hal ini lantaran topik penelitian akan menjadi landasan dasar setiap kegiatan penelitian dilakukan.

Pengertian Topik Penelitian Menurut Para Ahli

Definisi topik penelitian menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Howe Opik

Topik penelitian adalah landasan dasar yang harus dimiliki sebelum langkah penelitian dilakukan, hal ini menyangkut pada proses syarat terbentuknya wacana percakapan yang baik dan secara sistematis dilakukan untuk meningkatkan kreadibiltas penelitian yang dilakukan.

Dari pengertian diatas, dapatlah disimpulkan bahwa topik penelitian adalah landasan utama yang harus ada dalam penelitian-penelitian yang dilakukan. Oleh karena itulah penting bagi siapapun yang akan melakukan penelitian untuk terlebih dahulu memikirkan topik dalam penelitian.

Unsur-Unsur dalam Menentukan Topik Penelitian

Dalam menentukan topik penelitian, peneliti perlu memperhatikan berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Bermanfaat bagi masyarakat.
  • Dapat diteliti atau rasiopal.
  • Sesuai dengan keahlian yang dikuasal peneliti.
  • Dapat dijangkau (tempat, waktu, tenaga, dan dana).
  • Memiliki data-data pendukung atau penelitian yang relevan.
  • Menarik bagi peneliti.
  • Memiliki variabel yang jelas.

Tips MenemukanTopik Penelitian

Bagaimana cara menemukan masalah yang dapat dijadikan topik penelitian sosial? Selain dan kondisi di Iingkungan sekitar, topik penelitian dapat ditemukan melalui beberapa cara berikut.

  1. Topik penelitian diperoleh melalui pengetahuan dan pengalaman. Seseorang yang pernah mengalami pengalaman tertentu terkadang mendapat inspirasi untuk menjadikan pengalaman tersebut sebagai topik penelitian. Misalnya saja ketika kita bepergian dengan orang tua di tempat wisata, kita banyak sekali melihat ibu-ibu membawa anak dan meminta uang kepada pengunjung. Peristiwa tersebut dapat Anda dijadikan ide topik penelitian mengenai fenomena eksploitasi anak untuk memperoleh pendapatan.
  2. Laporan hasil penelitian lain. Penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain terkadang dirasa kurang sesuai. Kondisi mi disebabkan masyarakat terus berkembang sehingga memengaruhi variabel penelitian yang ikut berubah. Selain itu, topik penelitian dapat tercipta akibat pengaruh laporan penelitian yang dianggap masih memerlukan perbaikan sehingga memunculkan inspirasi untuk dikembangkan dalam penelitian lebih lanjut secara mendalam.
  3. Sumber pengetahuan lain. Perkembangan dan pengetahuan lain dapat memberi sumbangan dalam menemukan topik penelitian sosial, misalnya saja adalah perkembangan bioteknologi mendorong seseorang ingin meneliti konsekuensi sosial dan kemunculan bioteknologi dalam masyarakat. Kesempatan untuk mendapatkan topik yang berasal dan pengetahuan baru terbuka lebar mengingat perkembangan dalam pengetahuan selalu memiliki konsekuensi sosial.
  4. Diskusi ilmiah. Topik penelitian dapat diperoleh melalui kegiatan diskusi ilmiah. Diskusi dapat dilakukan antara peneliti dengan peneliti lainnya, orang yang ahli di bidangnya, tokoh masyarakat, dan objek yang akan diteliti. Adapun dalam lingkup kecil seseorang dapat menentukan topik penelitian sosial melalui diskusi antarteman di kelas bersama Bapak atau Ibu Guru. Oleh karena itulah diskusi kelompok di kelas dapat menjadi salah satu sarana menentukan topik penelitian sosial

Menentukan Judul Peneljtjan

Judul menunjukkan identitas penting dalam penulisan penelitian. Judul penelitian harus ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Judul juga harus memuat jenis hubungan antar variabel atau objek, lokasidan mencerminkan permasalahan secara jelas.

Judul terdapat pada halaman awal rancangan penelitian. Judul ditulis dengan ukuran huruf lebih besar. Adapun bagian halaman judul biasanya berisi topik penelitian, nama pembimbing penelitian dan peneliti, serta bagian pengesahan sebagai bukti rancangan penelitian telah disetujui oleh pembimbing.

Contoh Topik Penelitian Sosial

Contoh topik penelitian sosial yang dapat dengan mudah dilakukan misalnya saja dalam wisata, budaya, atau perkembangan dalam masyarakat. Kongritnya seseorang dapat melihat topik penelitian mengenai “Perkembangan Desa Adat Penglipuran Kabupaten Bangli di Bali”.

Dalam topik penelitian yang telah di contohkan ini kita dapat melakukan penelitian mengenai Adat Penglipuran dan perkembangan yang ada di dalamnya. Selain itu juga penelitian dapat menggali perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat di wilayah tersebut, yang dianalisa kemunduran dan juga kemajuan yang terjadi di dalamnya.

Demikinalah tulisan mengenai pengertian, unsur, tips, dan contoh topik penelitian. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi seteiap pembaca yang sedang mencari materi penelitian sosial. Trimakasih.

5 (99.09%) 22 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *