Contoh Tindakan Rasional dan Irasional di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Tindakan Rasional dan Irasional

Diantara mahkluk hidup lainnya, manusia memiliki kelebihan yakni mampu berpikir akan setiap tindakan yang akan dilakukan. Bentuk tindakan sosial manusia secara lumrah dapat dibedakan menjadi 2, yakni rasional dan tindakan rasional yang kesemua itu tentusaja senantiasa dijalankan oleh setiap orang yang ada dalam lingkungan sosial.

Tindakan Rasional dan Irasional

Pengertian tindakan sosial rasional merupakan tindakan yang masuk ke dalam logika, tindakan yang dibenarkan dan menjadi suatu keharusan dalam menjalani hidup. Sementara definisi tindakan irasional ialah tindakan yang tidak masuk di logika, namun tetap dilakukan oleh sebagian orang yang cenderung dilakukan dengan alasan yang tidak jelas.

Contoh Tindakan Rasional dan Irasional

Dalam upaya memahami lebih lanjut maka berikut di bawah ini merupakan contoh tindakan sosial yang bersifat rasional dan irasional yang sering dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

Tindakan Rasional

Pengamalan atas macam-macam tindakan rasional yang dijalankan oleh setiap orang ataupun kelompok, antara lain sebagai berikut;

  1. Seseorang dengan profesi sebagai dokter akan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan anjuran obat kepada pasiennya.
  2. Seorang guru dalam sebuah contoh lembaga pendidikan akan memberikan mendidik serta mengajarkan pelajaran yang sifatnya akademis maupun non akademis kepada setiap siswa.
  3. Siswa-siswi di sekolah melakukan proses belajar keras untuk berhasil menempuh ujian nasional dan mendapatkan nilai terbaik.
  4. Seorang koki akan belajar dengan membaca buku resep, menonton video-video demo memasak, kemudian mencoba membuat replika makanannya, untuk menambah pengetahuan memasak.
  5. Seorang penyanyi datang tepat waktu untuk melakukan gladi bersih sebelum konser.
  6. Setiap mahasiswa di Indonesia akan menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir untuk menebus ijazah dan dinyatakan lulus secara sah.
  7. Setiap orang akan tertidur apabila merasakan kantuk.

Tindakan Irasional

Adapun untuk pengamalan atas tindakan irasional yang kerapkali ditemukan dalam masyarakat, diantaranya sebagai berikut;

  1. Membeli makanan dan minuman dingin di musim dingin.
  2. Seseorang yang ingin memiliki pekerjaan dengan posisi tinggi dan merasakan hidup penuh kekayaan, memilih mendatangi dukun untuk meminta jimat.
  3. Para pelajar mengandalkan dan mempercayai begitu saja kunci jawaban yang tersebar untuk menjawab soal ujian.
  4. Seseorang yang masih merasa mengantuk, meskipun telah tertidur lebih dari 10 jam. Hal ini disebabkan karena dalam ilmu kesehatan maksimalnya tidurnya seseorang yang paling baik adalah selama 8 Jam dalam kurun waktu 24 Jam.
  5. Sikap fanatik yang begitu berlebihan membuat oknum-oknum meruak kerukunan umat beragama dengan merusak tempat ibadah agama lainnya.
  6. Sikap over protective orang tua yang mengekang anak di rumah.
  7. Seorang guru yang melakukan tindakan amoral pada siswa
  8. Seseorang yang menyalahgunakan kekuasaan dan menggunakan pelayanan publik untuk kepentingan pribadi tidak mendapatkan hukuman berat karena koneksi.

Demikianlah serangkain artikel yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengamalan atas beragam contoh-contoh tindakan rasional dan tindakan irasional di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan edukasi bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *