11 Teori Modernisasi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Teori Modernisasi Menurut Para Ahli

Teori modernisasi selalu berkaitan dengan perubahan sosial dalam masyarakat, meskipun begitu modernisasi pada hakekatnya tidak terbatas pada pembangunan, industrialisasi, dan demokratisasi saja, akan tetapi menyangkut pula barbagai bidang kehidupan lainnya yang saling berhubungan sehingga kemajuan suatu bidang kehidupan akan diikuti oleh bidang-bidang kehidupan yang lain. Sebagai pembahasan lebih lanjut dalam artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai teori modernisasi dan contohnya.

Modernisasi

Pengertian modernisasi adalah bentuk perubahan sosial masyarakat dari keadaan tradisional atau pra-industri ke arah modernitas melalui proses peralihan (transisi). Dalam kehidupan masyarakat tradisional dapat dijelaskan bahwa seluruh aspek kehidupan masyarakat memiliki jiwa yang tradisional. Akan tetapi, pada masyarakat transisi ini terdapat masyarakat yang memiliki jiwa berlainan, yaitu tradisional, transisi, dan telah modern yang menyebabkan masyarakat tersebut dapat berbaur.

Teori Modernisasi

Teori modernisasi adalah semcam acuan yang menjadi landasari bagi teori sosiologi dan tokohnya. Teori ini mencuat pada pertengahan abad 20, yang berlatar belakang dari adanya kehidupan pada negara barat terutama Eropa seperti, Negara Inggris yang melakukan perkembangan indutri besar-besaran. Sedangkan untuk pengertian teori modernisasi ini adalah teori ahli yang banyak melihat proses perubahan dalam masyarakat yang melakukan mobilitas sosial dari awalnya kondisi tradisional menuju modern.

Teori Modernisasi Menurut Para Ahli

Sedangkan, definisi para ahli mengenai teori modernisasi ini, antara lain sebagai berikut;

Pearsons

Menurutnya, teori modernisasi adanya teori yang berhubugan dengan pandangan mengenai pentingnya westernisasi dalam upaya mendongkrak karakteristik negara berkembang untuk mengikuti pola pembangunan yang dilakukan oleh negara di eropa barat. Selengkapnya, baca; Pengertian Westernisasi, Ciri, dan Contohnya

Huttington

Menurutnya, teori modernisasi adalah teori yang ersifat revolusioner, sebagai bentuk pendorong perubahan sosial yang cepat. Teori ini tidak bisa dinidari setiap manusia dan akan mempengaruhi pada kehidupan masyarakat global. Pada teori ini lebih mengutamakan tentang pembangunan, ekonomi, dan globalisasi. SelengkapnyaPengertian Globalisasi, Teori, dan Prosesnya

Roy Harrod dan Evsey Domar

Kedua tokoh ini menbarakan bahwa dalam modernisi pola perekonomi dalam perkembangan global harus ditingkatan dengan cara investasi. Bentuk investasi bukan hanya meningkatkan pendapatkan akan tetapi secara khusus akan mampu memberikan pekerjaan bagi masyarakat lainnya.

Max Weber

Ahli sosiologi ini mengemukakan bahwa teori modernisasi adalah bagian daripada etika protestan yang memberi penekanan dalam budaya dan peran agama dalam pembentukan kapitalisme yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang bergama protestan.

David McClelland

Menurutnya, yang seorang ahli psikologi sosial yang memberikan penjelasan bahwa modernisasi akan mendorong setiap individu untuk mempercepat proses pembangunan dengan memberikan pedoman untuk masyarakat agar menjadi wiraswasta dengan n-Ach yang tinggi.

W.W. Rostow

Menurutnya, teori modernisasi adalah teori yang memberikan padangan bahwa setiap manusia harus memiliki pedoman hidup dalam menjadi aktivitas ekonomi dan menjaga keseimbangan sosial, cara yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan tahap pembangunan.

Bert. F. Hoselitz

Menurutnya, teori modernisasi adalah teori yang menkankan pada dorongan seseoran untuk memberikan pedoman dalam hidup, selain ini pedoman ini diperlukan kesadaran terhadap faktor ekonomi dan non ekonomi dalam perkembangan manusia seutuhnya.

Alex Inkeles

Teori yang dikenalkan oleh Alex ini berhubungan erat dengan manusia modern. Di dalamnya memberikan pandangan tentang pekerjaan dan aspek lingkungan material masyarakat. Dalam pedoman yang diberikan ialah melakukan pembangunan untuk mencapai kemajuan.

Dari penjelasan mengenai teori modernisasi menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa intisari dari teori ini adalah dorongan perubahan sosial dari masyarakat sederhana menjadi masyarakat maju, dengan sumber ekonomi dan pembangunan yang dilakukan.

Adapun kelamahan dalam teori medernisasi ini adalah penjelasan, terhadap proses perjananan negara barat menuju pada masyarakat maju atau (modern). Cara barat dalam melakukan  eksploitasi, penjajahan, kolonialisme praktik yang menjadikan negara lain sebagai bahan mencipatakan kamajuan di negara menjadi salah satu unsur penyimpangan sosial, karena dinggap merugikan bagi negara lainnya.

Contoh Teori Modernisasi

Kasus teori modernisasi di Indonesia, misalnya saja dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita seolah tidak bisa lepas dari media sosial yang ternyata menjadi kebutuhan, media sosial berperan penting dalam menjaga interaksi sosial dalam masyarakat. Padahal sebelum media sosial ditemukan masyarakat melakukan interaksi dengan cara tradisional, salah satunya menggunakan cara berkunjung (silaturrahmi) sebagai adat budaya asli Indonesia.

Kasus lainnya, mengenai aplikasi contoh modernisasi ini bisa dilihat dalam perkembangan era teknologi pada saat ini. Masyarakat melakukan transaksi jual beli secara online, selain mendapatkan harga lebih murah juga para belanja bisa mendapatkan barang dengan sangat mudah. Kondisi ini menjadi salah satu tahapan bagi masyarakat Indonesia bahwa telah mengenali modernisasi.

Artikel Terkiat;

  1. “Perubahan Sosial” Pengertian, Proses, Teori, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya
  2. Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya
  3. Teori Struktural Fungsional Menurut Para Ahli dan Contohnya

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian teori modernisasi menurut para ahli dan contoh kasus dalam teori modernisasi. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari literasi mengenai “teori sosiologi”, khususnya dalam modernisasi. Trimakasih,

3.8 (76.67%) 6 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *