Syarat Interaksi Sosial dalam Masyarakat Lengkap

Diposting pada

Syarat Interaksi Sosial dalam Masyarakat

DosenSosiologi.Com– Interaksi sosial dalam masyarakat pada dasarnya merupakan bagian naluriah setiap insan untuk bergaul. Dalam pergaulannya tersebut terdapat hubungan saling memengaruhi sehingga cenderung menimbulkan sikap saling membutuhkan satu sama lainnya. Sikap saling membutuhkan inilah kemudian dikenal dengan  interaksi sosial, oleh karena itu pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai syarat interaksi sosial dalam masyarakat.

Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial adalah bentuk perilaku individu atau kelompok untuk mencapai tujuannya sebagai makhluk sosial. Tujuan yang dilakukan haruslah sesuai dengan tindakan sosial yang berasal dari setiap kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-harinya.

Untuk melakukan tindakan tentusaja setiap manusia haruslah membutuhkan interakasi sosial, oleh karena itulah syarat paling utama dalam proses interaksi sosial dalam masyarakat ini harus memenuhi 2 unsur, antara lain adalah sebagai berikut;

Syarat Interaksi Sosial

Beragam syarat yang diperlukan dalam interaksi sosial;

Kontak Sosial

Kontak sosial dalam masyarakat adalah wujud daripada raksi-reaksi manusia yang meliputi kontak primer ataupun kontak skunder. Kontak primer dalam haruslah dilakukan melalui berhadapan langsung (face to face) dan kontak sekunder sendiri sebagai proses kontak sosial yang dilakukan melalui perantara.

Contoh Kotak Sosial dalam Proses Interaksi Sosial

  1. Kontak Sosial Primer, contohnya adalah kegiatan manusia di saat berkumpul bersama-sama masyarakat, seperti melakukan kegiatan safari politik, berkumpul dengan keluarga dalam rangka pernikahan, ataupun disaat seseorang berbelanja di pasar.
  2. Kontak Sosial Primer, contoh kontak sosial primer dalam bentuk interaksi sosial masyarakat misalnya saja dengan berkembangkan teknologi masyarakat berhubungan satu sama lainnya melalui telepon, menitipakan pesan pada orang lain, surat kabar, ataupun disaat seseorang melakukan tindakan stalking facebook, intagram, ataupun menggunakan media sosial lainnya. Hubungan yang tidak langsung bertemu ini juga menjadi salah satu contoh interaksi sosial, alam cangkupan kontak sosial sekunder.

Komunikasi Sosial

Komunikasi sosial dalam masyarakat menjadi salah satu syarat utama dalam interaksi sosial, syarat ini seringkali dikaitkan dengan bentuk langsung ataupun tidak langsung. Oleh kareannya secara luas sosiologi memberikan kajian terhadap syarat komunikasi sosial di dalam Sosiologi Komunikasi. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Komunikasi, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Contoh Komunikasi Sosial dalam Interaksi Sosial

Contoh kasus yang dapat digolongkan menjadi interaksi sosial , dalam komunkasi sosial ini misalnya sebegi berikut;

  1. Komunkasi Sosial Langsung, adalah bentuk komunkasi sosial yang dilakukan dengan atau tanpa perantara. Baik perantara media sosial ataupun perantara seseorang, contohnya dalam fenomena sosial masyarakat yang seringterjadi pada saat ini, yakni adanya ajakan untuk memilih Calon Presiden Indonesia, ajakar dari rumah yang dilakukan secara dor to dor (dari pintu ke pintu) adalah sarana polik yang efeksif.
  2. Komunikasi Sosial Tidak Langsung, adalah komunikasi sosial yang dilakukan melalui media komunikasi. Tidak selamanya kontak diikuti oleh komunikasi. Contohnya ketika akan bicara maka seseorang akan bertemu dengan lawan bicaranya. Berarti untuk berkomunikasi, seseorang harus melakukan kontak terlebih dulu.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya
  2. Pengertian Tindakan Sosial, Bentuk, dan Contohnya
  3. Pengertian Fakta Sosial, Bentuk, Sifat, dan Contohnya

Kajian kontak sosial disini dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial akan terjadi jika ada komunikan dan komunikator. Komunikan ialah orang yang memberikan informasi atau yang berbicara sedangkan komunikator ialah orang yang diajak untuk berbicara atau lawan dari pembericaraan. Selengkapnya, baca; Contoh Interaksi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai syarat- syarat interaksi sosial dalam masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan referensi mengenai “Interaksi Sosial”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *