Sistem Ekonomi Indonesia yang Berlaku pada Saat Ini

Diposting pada

Sistem Ekonomi Indonesia Yang Berlaku Pada Saat Ini

Macam-macam sistem ekonomi  Indonesia pada saat ini  menjadi pengaruh besar pada pedoman yang berlaku pada struktur ekonomi yang dikembangkan. Indonesia pada saat ini memiliki sistem ekonomi yang berbeda dari negara lainnya, sistem ekonomi indonesia tersebut ada sistem demokrasi ekonomi atau sistem ekonomi Pancasila.

Sistem Ekonomi Indonesia

Pengertian sistem demokrasi ekonomi adalah kegiatan ekonomi dilakukan oleh, dan, dan untuk rakyat. Pemerintah disini hanya berperan sebagai pelakuekonomi sekaligus pengatur dan pengawas kegiatan ekonomi di Indonesia. Pelaksanaan demokrasi ekonomi dijiwai nilai-nilai Pancasila yang menjadi pedoman meliputi asas kekeluargaan, pandangan agamis tentang masyarakat, dan asas keadilan.

Pengertian Sistem Ekonomi Indonesia

Menurut para ahli, definisi sistem ekonomi Indonesia antara lain sebagai berikut;

Prof. Dr. Mubyarto

Pengertian sistem ekonomi adalah pedoman terhadap perekonomian yang berada di tengah sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi komunis. Sistem ekonomi Indonesia berpedoman pada pancasila sialain mengatur berbagai bentuk kegiatan ekonomi pemerintah juga sebagai pengawasan dalam barang dan jasa yang berlaku.

Dalam pengertian sistem ekonomi Indonesia yang sudah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem perekonomian Pancasila adalah pedoman perekonomian yang mementingkan kepentingan masyarakat secara umum. Dengan ciri-ciri khas yang melakat pada sistem perekonomian ini antara lain adalah sebagai berikut;

Ciri Sistem Ekonomi Indonesia

Berikut inilah penjelasan mengenai karakteristik tentang sistem ekonomi Indonesia;

Sesuai perkembángan dan ideologi bangsa.

Karakteristrik dari pedoman perekonomian Indonesia tentsuaja berpedoman pada ideologi Pancasila sebagai idologi dasar negara yang terbuka dan dalam segi-segi tertentu bersifat tertutup. Pedoman menjadilan ekonomi di Indonesia haruslah menyangkut pada 5 butir Pancasila sebagai objek dan subjek dalam penjelanan ekonomi.

Berlandaskan Pancasiladan UUD 1945.

Penjalanan pada sistem ekonomi di Indonesia didasarkan pada kesesuaian antara UUD 1945, yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat umum. Dengan pedoman di atas, setiadaknya apa yang dijalankan oleh pemerintah tidak menyimpang dengan UUD.

Mengutamakan Keadilan dan Kesejahteraan Bagi Seluruh Masyarakat

Ciri selanjutnya, daripada sistem ekonomi Indonesia adalah mengutamakan tentang keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Nilai keadilan dan kesejahteraan ini hanya akan di dapatkan jika tidak ada masyarakat yang bergejolak dalam mendapatkan kesuaian antara Hak dan Kewajiban.

Kegiatan Ekonomi Berdasarkan atas Asas Kekeluargaan

Asas yang dipergunakan Indonesia dalam menjalankan sistem ekonomi ialah dengan berdasarkan pada asas kekeluargaan. Asas ini dianut secara penuh dalam mensejahterakan masyarakat, kultur atau perubahan sosial budaya juga selalu dijaga dengan tertis mengutamakan asas kekeluargaan.

Sumber Daya Ekonomi

Indonesia menganut pedoman yang berbeda dengan pedoman negara lain, ciri khas ini selain menerapkan pada mekanisme pasar, perekonomian di Indonesia juga menguasai hajat hidup orang banyak dikuasal oleh negara. Misalnya ciri khas ini Pemerintah mengatur harga BBM, ataupun Pemerintah Pusat mengatur dalam Harga LPG.

Penggunaan Sumber Daya Ekonomi

Prosesi dalam penerapan sistem ekonomi Indonesia memiliki karektriktik haruslah berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, secara umum. Sehingga dengan adanya kondisi ini masyarakat akan bisa sejahteraan secara bersama-sama.

Dari penjelasan mengenai pengertian dan ciri sistem ekonomi Indonesia di atas, dapat dikatkan bahwa penerapan sistem ekonomi Indonesia mengalami rentetean perjalanan yang panjang. Sehingga , untuk penerapannya agar dianggap tidak menyimpang maka sistem ekonomi harus menghindari aspek-aspek negatif antara lain sistem persaingan bebas (free fight liberalism), sistem etatisme, monopoli, dan persaingan tidak sehat. Baca, juga; Ciri Lembaga Ekonomi dan Jenisnya

Sistem Ekonomi Yang penah Dilakukan di Indonesia

Selain menjelankan pada sistem demokrasi ekonomi Indonesia selatinya juga pernah mengalami perubahan sistem ekonomi. Misalanya beberapa pemberlakukan sistem ekonomi di Indonesia Pada tahun 1950—1959 Indonesia menerapkan sistem ekonomi liberal (masa demokrasi liberal); tahuni 959—1966 menerapkan sistem ekonomi etatisme/sosialis (masa demokrasi terpimpin); tahun 1 966—1998 menerapkan sistem ekonomi Pancasila (demokrasi ekonomi); dan tahun 1998—sekarang menerapkan sistem ekonomi Pancasila (demokrasi ekonomi). Yang ditemukan atau dicetuskan oleh Muhammad Hataan sebagai tokoh yang menjadi pencetus kegiatan ekonomi.

Adapun tujuan dari adanya perubahan sistem ekonomi tersebut diharapkan membawa perubahan positif dalam perekonomian suatu negara. Hal ini di dasarkan pada kegiatan Ekonomi dalam perubahan Sistem Ekonomi mempunyai fungsi tertentu yang harus dijalankan selama berlangsungnya kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dilakukan manusia dalam memperoleh barang atau jasa untuk rnemenuhi kebutuhan hidup. Jenis kegiatan ekonomi meliputi konsumsi, produksi, dan distribusi.

Untuk mengatur dan mengendalikan kegiatan ekonomi inilah, pemenintah menerapkan sistem ekonomi tertentu. Saat ini hampir tidak ada negara yang murni menerapkan sistem ekonomi terpusat atau pasar. Negara-negara yang cenderung menerapkan sistem ekonomi pasar antata lain Amerika Serikat, Hongkong, dan negara-negara di Eropa Barat.

Sementara itu, negara yang pernah menerapkan bentuk daripada sistem ekonomi terpusat adalah Kuba, Polandia, dan Rusia. Sedangkan untuk sebagian besar negara menganut sistem ekonomi campuran seperti Indonesia, Malaysia, dan Prancis.

Pada perkembangannya, sistem ekonomi akan berubah karena adanya perubahan sistem politik. Perubahan politik dunia dapat memengaruhi perubahan sistem ekonomi suatu negara. Contohnya sistem ekonomi Uni Soviet beralih dan sistem ekonomi terpusat ke sistem ekonomi liberal. Perubahan ni tidak lepas dan hancurnya sistem ekonomi yang berlaku pada masa itu.

Contoh Iainnya pada era sebelum tahun 1990-an sistem ekonomi Tiongkok bersifat tertutup atau menganut sistem ekonomi sosialis. Oleh karena hancurnya sistem ekonomi sosialis, pemerintah Tiongkok beralih ke sistem ekonomi pasar.

Baca Juga;

  1. 32 Macam Sistem Ekonomi di Indonesia dan Negara Lain dan Cirinya
  2. Kelangkaan Ekonomi; Dampak, Faktor, dan Contohnya
  3. Pembangunan Ekonomi dan Tahap Perencanaannya

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai sistem ekonomi Indonesia yang berlaku pada saat ini. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari materi tentang “sistem ekonomi”, khususnya di Indonesia. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *