Pengertian Representasi, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Representasi Adalah

Representasi menjadi salah satu kamus dalam ilmu sosial yang memberikan berbagai pergulatan di bidang politik ataupun budaya di dalam kehidupan masyarakat. Diakui ataupun tidak peristilahan ini juga masuk dalam kamus sosiologi yang artinya adalah pemaknaan sendiri. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan memberikan ulasan tentang pengertian representasi, jenis, dan contohnya.

Representasi

Representasi merupakan paraparshe kata yang memberikan arti pengulangan. Hal ini sejalan dengan makan dalam kalimat re (Bahasa Inggris) yang artinya adalah mengulang tentang pemaknaan sesuatu hal dengan hal yang lainnya.

Pengertian Representasi

Representasi adalah mekanisme tentang memberikan arti terhadap apa yang diberikan pada benda yang sebelumnya telah digambarkan, definisi ini tentusaja lebih mengerucut pada premis bahwa ada ketimpangan (gap) tentang representasi yang menjelaskan perbedaan terhadap makna yang diberikan serta representasi dan arti benda yang sebenarnya telah digambarkan.

Pengertian Representasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi tentang representasi yang telah dikemukakan oleh para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Chris Barker

Definisi representasi adalah kajian utama dalam cultural studies yang mengartikan sebagai langkah dalam mengkonstruksikan secara sosial tentang penyajian makna kepada masyarakat dan oleh masyarakat di dalam pemaknaan yang berbeda.

Dalam kajian kebudayaan (cultural studies) ini tentusaja akan lebih fokus pada individu tentang bagaimana proses pemaknaan sebuah arti masalah sosial/fakta sosial terhadap representasi (pemaknaan setiap individu-individu).

Marcel Danesi

Pengertian representasi adalah serangkaian proses perekaman gagasan, pengetahuan, atau pesan secara fisik. Secara lebih tepat dapat di pemahamanya sebagai penggunaan akan tanda-tanda untuk menampilkan ulang sesuatu yang diserap, diindra, dibayangkan, atau dirasakan dalam bentuk fisik.

Stuart Hall

Arti representasi adalah salah praktek-praktek penting yang dilakukan oleh setiap individu dalam mengelola unsur-undur kebudayaan, hal inilah memberikan penjelasan bahwa kebudayaan merupakan konsep-konsep yang perlu dilakukan pemahaman lebih lanjut terutama tentang hal-hal yang berkaitan dengan ideologis manusia.

Jenis Representasi

Istilah tentang representasi secara umumnya kerapkali dikaitan dalam kehidupan manusia, akan tetapi secara umumnya penggunaan bahasa ini mengecut pada kajian tentang budaya, politik, dan pemaknaan hidup setiap insan, seperti film, novel, dan lain sebagainya.

Politik

Representasi dalam arti lembaga politik dimaknai sebagai kaidah dasar dalam membentuk pola pengatahuan dalam menjalankan sistem pemerintahan dari negara lain kepada negara yang berbeda. Politik bukan hanya perebutan kekuasaan akan tetapi akan lebih pada ideology yang dianut oleh sebuah masyarakat dalam negara.

Budaya

Pengertian budaya dalam representasi adalah pemaknaan tentang berbagai kebiasaan hidup masyarakat yang didalami sebagai pemuktiaan atas pemaknaan itu sendiri. Maka dalam konsep inilah setiap masyarakat yang memiliki kebudayaan akan mendapatkan arti tentang representasinya itu sendiri.

Kehidupan Manusia

Pemaknaan representasi juga diberikan kajian terhadap kehidupan setiap kelompok masyarakat. Hal ini sesuai dengan kebiasaan setiap manusia yang berbeda dari jaman satu kepada zaman sebelumnya. Misalnya saja kebiasaan dalam merepresentasi radio, lalu bernajak pada Koran, film/televisi, dan sekarang pada youtube atau media sosial.

Contoh Representasi

Sebagai penjelasan lebih lanjutnya berikut ini adalah beragam contoh representasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja;

Memakai Jilbab

Konteks jilbab yang dipergunakan oleh masyarakat Indonesia teruatama yang beragama Islam sebagai suatu pengetahuan dengan banyak menebarkan bentuk-bentuk representasi pada esensi artinya. Representasi dalam penggunaan jilbab akan menunjuk pada bagaimana seseorang atau suatu kelompok, gagasan atau pendapat tertentu yang memaknai jilbabnya itu sendiri.

Misalnya saja adanya tokoh politik dengan ibu-ibu pengajian akan memberikan representasi yang berbeda dalam pengunaan jilbabnya. Hal ini sangat kontras terlihat pada saat ini beragam jenis jilbab muncul serta berbagai gaya pengunaannya juga bertebaran.

Musik K-Pop

Musik K-pop selain sebagai salah satu contoh internalisasi dalam kehidupan masyarakat juga bisa disebutt sebagai representasi dalam segi kebudayaan. Musik ini dikenalkan oleh negara asal yaitu Korea Selatan tentusaja memiliki makna yang berbeda daripada apa yang berkembang di Indonesia.

Maka sudah sepantasnya jika kedua contoh diatas itulah membuktikan bahwa setainya arti representasi ini lebih mengerucut pada pemakanaan setiap orang yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Nah, itulah tadi materi yang memberikan pengulasan terkait dengan pengertian representasi menurut para ahli, macam, dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *