Pohon Masalah & Pohon Tujuan [Contoh dan Cara Membuatnya] Lengkap

Diposting pada

Pohon Masalah dan Pohon Tujuan

Pohon masalah merupakan salah satu unsur penting dalam kajian ilmu sosial. Pembuatan dalam proses pohon masalah ini haruspula disertakan dengan tujuannya yang berfungsi sebagai pengambaran di dalam prioritas kerja yang akan dilakukan. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membagikan tentang contoh dan cara membuat pohon masalah dan pohon tujuan.

Pohon Masalah

Pohon masalah adalah sistemasiasi dalam perencanaan sosial yang dilakukan sebagai bentuk upaya penyelesaian dengan langkah dan cara yang berurutan. Pembuatan dalam pohon masalah ini berkaitan erat dengan tahapan prioritas yang dilakukan.  Baik untuk analisa kekerasan, isolasi sosial, atau bahkan masalah kesehatan.

Pohon Tujuan

Pembuatan dalam proses perencanaan pohon masalah selalu takan lepas dari pohon tujuan. Hal ini sendiri mengandung intisari bahwa segala permasalahan yang tersaji harus diselesaikan secara berurutan, hubunga keduanya bagiakan kesatuan yang tidak dipisahkan.

Cara Membuat Pohon Masalah/ Pohon Tujuan

Ada beragam teori dan langkah pembuatan pohon masalah/tujuan. Hal ini dilakukan guna menyusunan kerangka konsep yang jelas antara satu masalah dengan masalah lainnya. Pembuatan di dalam tatacara ini, antara lain;

Menyusun Prioritas

Langkah yang pertama adalah dengan menyusun prioritas di dalam pembuatan pohon masalah dan tujuan. Pemanfaatkan prioritas yang disampaikan bisa melihat pada konsep dasar yang melndasi masalah itu muncul di dalam masyarakat.

Membuat Draf

Selanjutnya, sistemasiasi pembuatan pohon masalah ialah dengan membuat draf yang terkaiat dengan tujuan sasaran. Misalnya saja draf ini tentang putus sekolah, maka yang mendasi adanya tingginya putus sekolah antara lain ialah munculnya tingkat kemiskinan.

Membuat Sub Sasaran

Sistemasiasi pembuatan pohon masalah selanjutnya ialah membuat sub sasaran dalam tujuan permasalahan yang diungkapkan. Langkah ini bisa dengan mudah dilakukan jika tema yang diambil sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Membuat Team Yang Tepat

Pembuatan team atau kelompok yang tepat bisa mendorong terselesaikannya pohon masalah dan tujuan yang dilakukan. Langkah ini senderhana akan tetapi jarang oran yang memikirkan bagaimana apalikasi yang dinginkan.

Baca Juga;

  1. Rumusan Masalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya
  2. Permasalahan Penduduk di Indonesia dan Solusinya
  3. Masalah Sosial Di Indonesia Saat Ini dan Solusinya

Dari penjelasan mengenai pengertian dan cara membuat pohon masalah/tujuan di atas. Rasanya tidak cukup jikalau tidak memberikan contoh mengenai materi ini. Oleh karenannya contoh pembuatan pohon masalah/tujuan adalah sebagai berikut;

Contoh Pohon Masalah dan Tujuan

Contoh mengenai pembuatan pohon masalah dan tujuan disini, bertemakan tentang putus sekolah. Dimana kondisi putus sekolah menjadi masalah sosial di Indonesia yang pada saat ini sedang banyak terjadi. Dengan kalimat deskripsi mengenai materi ini, antara lain sebagai berikut;

Dari sejumlah contoh mengenai pohon masalah dan tujuan di atas, dapat disimpukjan bahwa salah satu unsur utama di dalam penulisannya harus ada solusi yang ditawarkan serta tujuan dan goal yang ada di dapatkan. Langkah ini bisa mempermudah seseorang dalam menganalisa berbagai problema kehidupan yang terjadi.

Demikianlah tulisan megenai pengertian, cara membuat, dan contoh yang ada di dalam pohon masalah dan pohon tujuan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan salah satu refrensi bagai para pembaca yang sedang mencari materi tentang “pohon masalah/tujuan”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *