Perubahan Sosial Budaya: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Bentuk Perubahan Sosial Budaya, Contih Perubahan Sosial Budaya

DosenSosiologi.Com– Kondisi masyarakat yang berbeda dalam kurun waktu tertentu menyebabkan banyak gejala sosial yang berubah-ubah, perbedaan ini dikenal dengan perubahan sosial. Bahkan dalam perkembangan kehidupan manusia yang kompleks perubahan tidak hanya berada di dalam keteraturan sosial atau kontak sosial akan tetapi juga menyelemuti pada budaya. Oleh karena itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian, bentuk, dan contoh perubahan sosial budaya.

Perubahan Sosial

Pengertian perubahan sosial adalah keadaan masyarakat yang berbeda dari yang sebelumnya dengan kondisi saat ini terjadi. Perubahan ini selalu dialami masyarakat, lantaran masyarakat bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman bukan bergerak secara tetap (statis). Hal ini juga terjadi pada kebudayaan. Selengkapnya baca; “Perubahan Sosial” Pengertian, Proses, Teori, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Pengertian perubahan sosial budaya adalah perubahan masyarakat pada asepek rutinitas keseharian, baik di dapatkan dari warisan ataupun di dapatkan dari proses asimilasi dan akulturasi masyarakat. Anggap terhadap munculnya perubahan sosial budaya dalam masyarakat ini muncul dari keberadaan masyarakat yang merasa kurang puas sehingga menyebabkan masyarakat memunculkan kebudayaan baru yang dianggap lebih pantas.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi para ahli, mengenai arti perubahan sosial budaya ini antara lain sebagai berikut;

Tonnies

Menurutnya, definisi perubahan sosial budaya adala perubahan sosial dalam masyarakat yang terjadi dari arah individualisasi dan pencarian kekuasaan. Gejala itu perubahan sosial ini akan tampak jelas pada masyarakat perkotaan, dan akan terasa minim dalam masyarakat pedesaan.

Dari pengertian perubahan sosial budaya di atas, daoat dikatakan bahwa perubahan sosial budaya adalah proses perbedaan dalam masyarakat yang menyebabkan adanya rutinitas baru dan dianggap lebih pantas untuk menggantikannya.

Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk yang terjadi dalam proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat ini antara lain adalah sebagai berikut;

Perubahan Sosial Budaya dengan Cepat

Bentuk pertama yang hadir dalam perubahan sosial budaya ini adalah prosesnya dilakukan dengan cepat dengan melibatkan sektor kehidupan masyarakat secara menyeluruh, proses terajadinya perubahan cepat ini dapat dipengaruhi dengan keberadaan masyaraat yang tidak puas dengan kinerja suatu lembaga sosial.

Contoh dalam perubahan sosial budaya dengan cepat dalam masyarakat misalnya saja reformasi. Reformasi merupakan salah satu bentuk perubahan sosial yang menjadikan masyarakat secara dratis melakukan sesuatu yang baru. Pada zaman reformasi sebagaiman pemerintahan yang lekat dengan Soeharto masyarakat saat ini selalu memilih politik dengan Parati Golkar yang identik dengan penguasa, sedangkan setelah Soeharto tidak lagi menjadi pejabat segala simbul yang ada dalam pemerintahan orde baru dilucuti atau dihilangkan.

Perubahan Sosial Budaya dengan Lambat

Bentuk kedua dalam perubahan sosial budaya, ini adalah proses yang dilakukannya dengan lambat. Baik melalui kerjasama atau dalam internalisasi yang dilakukan dengan bertahap. Contoh yang nyata dalam perubahan sosial ini misalnya saja masuknya kebudayaan Korea Selatan melalui Film dan Musik.

Perkembangan indutri film serta musik dalam perubahan sosial budaya ini menjadikan masyarakat Indonesia memburu dengan cepat produk-produk yang berasal dari Korea Selatan, seperti produk baju, sepatu, henphone, dan lain sebaginya. Contoh nyataan ini bisa dilihat pada gernerasi muda sekarang, bahkan mereka lebih senang dengan jenis musik k-pop dibandingkan dengan jenis musik dangdut, sintreng, atau lain sebaginya.

Dari penjelasan mengenai perubahan-perubahan sosial diatas, dalam hal ini bisa dikemukakan bahwa perubahan berdampak pada kemajuan dan bisa berdampak pada kemuduran, yang kesemua itu tentusaja dilihat dari fragmentasi sosia (perpecahan dalam masyarakat) yang lekat kaitannya dengan tindakan sosial yang dilakukannya.

Contoh Perubahan Sosial Budaya

Beregam contoh yang bisa dikemukakan mengenai perubahan sosial budaya ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Dalam Masyarakat

Kehidupan masyarakat yang mengelami perubahan sosial budaya misalnya saja adalah rutinitas keseharian yang pada zaman dahulu masyarakat saling mengunjungi untuk sekedar bersosialisasi akan tetapi pada zaman sekarang, kamajuan teknologi membuat masyarakat hanya cukup melakukan interaksi sosia di dalam media sosial

Sehari-Hari

Contoh lainnya, mengenai tindakan perubahan sosial budaya dalam keseharian ialah budaya makan menggunakan sendok, ini adalah jenis budaya yang harus diakui, bahwa makan dengan sendok adalah imitasi masyarakat Indonesia terhdap kebudayaan Eropa, khusus belanda atau portugis yang pernah menjajah Indonesia.

Pendidikan

Melalui kurikulum pendidikan, sistem perubahan sosial budaya juga dilakukan. Kajian mengenai hal ini bisa dilihat pada sistem pendidikan sekarang yang mana masyarakat menggunakan meja, bangku sebagai tempat belajar, padahal sejatinya budaya Indonesia belajar tanpa menggunakan peralatan tersebut, sebagimana sistem pendidikan di Indonesia menggunakan sistem pondok pesantren.

Artikel Terkait;

  1. Dampak Positif Perubahan Sosial dan Contohnya
  2. Dampak Negatif Perubahan Sosial dan Contohnya
  3. 6 Teori Perubahan Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial budaya, bentuk, dan contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “perubahan sosial”, khususnya dalam budaya. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *