Perasaan; Pengertian, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

emosi

Perasaan atau emosi menjadi salah satu element dasar dalam setiap kegiatan dan tingkah laku yang manusia kerjakan. Perasaan ini berkaiatan erat dengan unsur kejiwaan yang dimiliki oleh setiap individu yang ada kemudian di implementasikan dalam bermasyarakat. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh perasaan.

Perasaan

Perasaan adalah istilah yang awalnya berasal dari Bahasa Inggris “state”. Dalam istilah ini seseorang anak merasakan keadaan yang cukup untuk mendorong melakukan tindakan sosialnya hingga berpengaruh besar pada proses kepribadian yang dimiliki.

Pengertian Perasaan

Pengertian perasaan adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang menghasilkan penilaian positif atau negatif terhadap sesuatu. Bentuk penilaiannya selalu bersifat subjektif karena lebih didasarkan pada pertimbangan manusiawi daripada rasional. Perasaan mengisi penuh kesadaran manusia tiap saat dalam hidupnya.

Pengertian Perasaan Menurut Para Ahli

Adapun menurut pendapat para ahli, pengertian perasaan adalah sebagai berikut;

Menurut Chaplin (1972)

Menurutnya, definisi perasaan adalah keadaan (state) yang dialami oleh setiap individu sebagai bentuk proses akibat dari persepsi tindakan yang mempengaruhinya. Dalam arti ini keadaan tersebut dilakukan atas dorongan internal dan eksternal dalam kehidupan yang dijalankan.

Atas dasar pengertian perasaan atau emosi inilah dapat disimpulkan bahwa segala tindakan yang dilakukan oleh manusia didasari pada kejiawaan hati yang berada dalam pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat. Kemudian keadaan ini menjadi pemicu tindakan sosial yang dilakukan. Selengkapnya, baca; Pengertian Tindakan Sosial, Bentuk, dan Contohnya

Jenis Perasaan

Dilihat dari beragam macam bentuknya, jenis perasaan ini antara lain adalah sebagai berikut;

Senang

Perasaan terhadap kesenangan akan suatu hal membuat seseorang akan terdorong untuk menindaklanjutinya. Jenis perasaan ini sendiri dipicu dari adanya keadaan yang diharapkan sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada kehidupannya sendiri.

Sedih

Masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan manusia akan menciptkan perasaan sedih ini. Perasaan ini diakibatkan karena harapan tidak sesuai dengan haraan yang diinginkan, setiap orang pernah merasakan jenis perasaan ini. Selengkapnya, baca; Pengertian Masalah Sosial, Bentuk, Faktor, Dampak, dan Contohnya

Cinta

Cinta adalah salah satu karakteristik perasaan yang muncul dari tindakan setiap manusia. Cinta ini berasal dari istilah bahasa inggris “love”. Dengan keadaan ini bisa dipicu dari adanya faktor ekternel seperti menyukai lawan jenis, laki-laki atau perempuan, dan sebeliknya.

Takut

Ketakutan-ketakutan yang dialmi oleh setiap manusia merupakan bagian daripada perasaan yang dilamai oleh setiap manusia dalam menghadapi  berbagai bentuk pengertian fenomena sosial yang terjadi. Takut bisa terjadi lataran adanya sikap kewaspadaan.

Malu

Jenis perasaan selanjutnya adalah malu. Sifat pemalu adalah sifat mutlak yang dimiliki oleh setiap manusia, banyak hal yang melatarbelakanginya. Misalnya saja dengan adanya paradigma fakta sosial yang mengatakan bahwa perbedaan derajat membuat seseorang menjadi pemalu melakukan hal-hal yang dilakukannya.

Benci

Macam perasaan selanjutnya berkaiatan dengan benci, rasa ini muncul lantaran adanya sikap manusia yang selalu mengharapan lebih untuk mendapatkan bagian daripada hidupnya. Dalam perasaan benci seringkali dilandasi atas dasar keinginan tidak sesuai dengan harapan yang terjadi.

Marah

Jenis perasaan selanjutnya adalah marah. Bagian perasaan ini memicu seserang melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan keinginan dan keteraturan sosial dalam masyarakat. Bahkan perasaan marah seringkali mendorong seseorang melakukan tindakan kriminalitas.

Cemburu

Jenis perasaan selanjutnya adalah perasaan cemburu yang muncul karena adanya sikap yang tidak dingginkan oleh orang disekelilingnya. Contoh daripada perasaan ini sendiri seperti adanya persilingkuhan, atau adanya orang yang merasa kita benci lebih bahagia daripada kita sendiri.

Dari penjelasan mengenai pengertian, dan jenis perasaan tersebut. Dapat disimpukkan bahwa perasaan adalah bagian jiwa manusia yang selalu hadir dan mendorong kegiatan sosialisasi atau interaksi yang dilakukannya dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga;

  1. Pengertian Interaksi Sosial, Ciri, Syarat, Faktor, dan Bentuknya
  2. Pengertian Sosialisasi, Proses, Tujuan, Bentuk, dan Media Sosialisasi
  3. Disintegrasi; Pengertian, Bentuk, Faktor, dan Contohnya

Contoh Perasaan

Penjelasan lebih lengkapnya, mengenai arti perasaan di atas. Dalam artikel ini akan memberikan contoh-contoh kasus yang berhubungan dengan perasaan, misalnya saja kasus ini sendiri seperti saat seseorang merasa tertarik kepada lawan jenis.

Rasa ketertarian yang dialami tersebut adalah bagian daripada perasaan yang muncul lantaran adanya dorongan untuk menginginkan kehidupan sesuatu yang diharapkan. Oleh karena itulah seringkali perasaan dikaiatkan dengan hati.

Demikinalah penjelasan dan pembahasan secara lengkap mengenai pengertian perasaan, jenis, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pemahaman bagi segenap pembaca sekalian, yang mendalami tentang “perasaan”. Trimakasih,

4 (80%) 2 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *