Penyebab Kemiskinan dan Solusinya Pada Saat Ini

Diposting pada

Penyebab Kemiskinan dan Solusinya

Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang biasa ditemui di kota-kota besar. Kemiskinan muncul akibat ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasar kehidupan. Kemiskinan ini dapat berdampak kepada tidak terpenuhinya kebutuhan hidup. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini penyebab kemiskinan dan solusinya.

Pengertian Kemiskinan

Kemiskinan merupakan kondisi absolut masyarakat dimana hanya memiliki sedikit sarana untuk mendukung kehidupan.

Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan individu yang tidak sanggup untuk memelihara dirinya sesuai denga taraf kehidupan dalam pengertian kelompok sosial dan juga tidak memanfaatkan tenaga fisik maupun mental dalam kelompok tersebut.

Pengertian Kemiskinan

Kemiskinan adalah kondisi seseorang saat tidak dapat mempertahankan skala hidup yang cukup tinggi untuk memeberikan efisiensi yang bersifat fisik dan mental untuk memungkinkan seseorang tersebut untuk menjalankan fungsi sesuai dengan standar dalam masyarakat  karena pendapatan yang tidak memadai ataupun pengeluaran yang tidak bujaksana.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Adapun kemiskinan menurut para ahli adalah sebagai berikut;

Karl Marx

Kemiskinan terjadi akibat adanya eksploitasi kaum pekerja oleh kaum kapitalis.

Robert Maltus

Kemiskinan terjadi akibat jumlah penduduk yang cenderung meningkat menurut deret ukur, sedangkan produksi sumber daya menungkat menurut deret hitung.

Henry George

Kemiskinan disebabkan oleh adanya kepemilikan pribadi dan monopoli individu atas kepemilikan lahan tanah. Kepemilikan tanah menjadi alat ukur kekayaan pribadi dalam masyarakat.

Hall dan Midgley

Kemiskinan merupakan kondisi deorivasi materi dan sosial yang dapat menyebabkan seorang individu hidup dibawah standar kehidupan yang layak.

Ellis

Kemiskinan adalah sebuah gejala multdimensional yang dapat dikaji dari segi ekonomi dan sosial politik.

Levitan

Kemiskinan menurut Levitan adalah kekurangan bahan dan pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup yang lebih layak.

Friedman

Kemiskinan merupakan ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan berupa jaringan sosial, keterampilan dan pengetahuan serta informasi yang dimiliki.

Penyebab Terjadinya Kemiskinan

Adapun penyebab terjadinya kemiskinan adalah sebagai berikut:

Tingkat pendidikan yang rendah

Pengertian lembaga pendidikan sangat penting untuk menunjang segala kehidupan untuk lebih baik lagi. Dengan pendidikan inilah sejatinya seseorang mendapatkan pekerjaan atau menciptakan inovasi baru di dalam pengertian masyarakat.

Adanya rasa malas yang tertanam pada diri individu

Rasa malas merupakan peyebab munculnya kemiskinan di kalangan masyarakat. Akibat rasa malas tersebut, menyebabkan kurangnya motivasi dalam memenuhi kebutuhan hidup seorang idividu dalam masyarakat.

Bencana alam

Bencana alam dapat mengakibatkan kemiskinan sebab harta benda yang dimiliki oleh seorang individu menjadi korban dari keganasan suatu bencana.

Tingginya tingkat pengangguran

Terjadinya kemiskinan dapat disebabkan oleh banyaknya pengangguran. Dampak pengangguran dapat terjadi akibat kurangnya lapangan pekerjaan atau kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh individu.

Tingginya tingkat korupsi di suatu daerah

Pengertian korupsi yang terjadi di kalangan pemerintah dapat menyebabkan terjadinya kemiskinan. Sebab, tindakan korupsi tidak hanya menyebabkan kerugian terhadap negara, namun masyarakat juga merasakan imbasnya.

Adanya konflik dan peperangan

Terjadinya contoh konflik sosial dan peperangan di suatu daerah menyebabkan kemiskinan. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak hanya korban jiwa, harta benda dan rumah tinggal menjadi korban dari adanya konflik dan peperangan tersebut. Selain itu, kegiatan perekonomian menjadi melumpuh.

Memiliki mental ketergantungan

Mental ketergantungan yang dimaksud adalah selalu mengharapkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya mental ketergantungan seperti ini, seseorang akan malas bekerja.

Keterbatasan sumber daya alam

Keterbatasan sumber daya alam menyebabkan tidak produktifnya masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

Kurangnya lapangan pekerjaan di lingkungan masyarakat.

Lapangan pekerjaan yang terbatas menyebabkan tingkat kemiskinan di suatu daerah menjadi meningkat. Hal ini perlu adanya pelatihan kerja kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Minimnya keahlian yang dimiliki oleh sumber daya manusia

Minimnya keahlian yang dimiliki seseorang disebabkan oleh kurangnya tingkat pendidikan dan rasa ingin tahu. Akibatnya, tidak ada keinginan untuk mencari pekerjaan.

Tidak memiliki sikap etos dalam bekerja

Sikap etos kerja sangat diperlukan dalam menjalani hidup. Tanpa adanya sikap tersebut, seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupmya.

Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi

Tingginya tingkat kepadatan dalam permasalahan penduduk akan berdampak pada ketidakmerataan dalam penyebaran penduduk. Selain itu tingkat persaingan sangat tinggi dalam mencari pekerjaan.

Distribusi sumber daya yang tidak merat

Distribusi sumber daya yang dimaksud adalah tidak meratanya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Akibatnya, daerah yang tidak diperhatikan tersebut mennadji terbengkalai dan terbelakang.

Kurangnya perhatian pemerintah

Akibat dari kurang fokusnya pemerintah terhadap masyarakat miskin adalah kualitas pendapatan negara yang tcenderung tidak mengalami perkembangan.

Terbatasnya akses dan rendahnya mutu layanan kesehatan

Adanya pembedaan dalam memberikan mutu layanan kesehatan pada masyarakat miskin menyebabkan tingkat kemakmuran pada daerah tertentu mengalami penurunan. Selain itu, mahalnya biaya berobat di rumah sakit menjadikan beban tambahan pada masyarakat miskin.

Solusi dari Penyebab Terjadinya Kemiskinan

Berikut beberapa solusi untuk mencegah terjadinya kemiskinan di masyarakat:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.
  2. Melatih keterampilan masyarakat dalam menekuni bidang keahliannya.
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.
  4. Turut serta dalam memberantas praktek korupsi.
  5. Memanfaatkan sumber daya alam untuk mensejahterakan masyarakat.
  6. Menumbuhkan sikap etos kerja dalam diri sendini mungkin.
  7. Mencanangkan program untuk menekan angka kepadatan penduduk.
  8. Menjaga keutuhan negara dengan sikap toleransi.
  9. Menjaga kelestarian lingkungan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam.
  10. Membantu pemerintah dalam pembentukan kebijakan dan program pembangunan.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab kemiskinan dan solusinya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘kemiskinan’. Terima kasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *