Pengertian Westernisasi, Ciri, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Westernisasi, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Westernisasi, Ciri, dan Contoh

DosenSosiologi.Com– Masyarakat sering mengaburkan pengertian modernisasi dan pengertian westernisasi. Dua konsep tersebut dianggap seringakali ada anggapan sama. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian , Ciri, dan Contoh Westernisasi.

Pengertian Westernisasi

Westernisasi secara umum dan khusus dapat diartikan sebagai kecenderungan untuk menjadi sama dengan negara Barat. Westernisasi paling mudah dilihat dalam perilaku seseorang yang kebarat-baratan. Dampak yang ditimbulkan dari westernisasi salah satunya dapat melunturkan rasa nasionalisme seseorang dan menghilangkan jati din bangsa. Selain itu, westernjsasi dapat mematikan kreativitas seseorang akibat peniruan budaya Barat secara berlebihan.

Pengertian Westernisasi Menurut Para Ahli

Pemahaman mengenai westernisasi in juga banyak dilakukan oleh ahli-ahli dalam bidang Ilmu Sosial, diantarnya adalah sebagai berikut;

  • Soerjono Soekanto, menurut ahli ini makna yang terkandaung dalam westernisasi adalah proses kehidupan yang mengedepakan pada industrialisasi dan sistem ekonomi kapitalis. Sehingga kehidupan di dalamnya meniru atau sama persis dengan kehidupan masyarakat yang ada di dunia barat.
  • Koentjaraningrat dalam pandangannya westernisasi diartikan sebagai satu peniruan gaya hidup orang barat yang dilakukan masyarakat secara berlebihan, pergaulan, kebiasaan, proses gaya hidup danlain sebaginya. Sehingga hal ini mengindikasikan bahwa westernisasi tidak cocok untuk dipergunakan atau diterpakan di Indonesia yang notabene masyarakatnya masih memegang erat kehidupan dengan budaya.

Ciri-Ciri Westernisasi

Ada beberapa ciri yang melekat pada istilah westernisasi, diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Gaya hidup mengikuti perkembangan yang ada di dunia barat, misalnya berkehidupan mewah dan juga boros dalam membelanjakan sesuatu hal
  2. Terjadinya hubungan sesama jenis yang hal tersebut sangatlah dilarang di Indonesia
  3. Terjadinya kasus atau perniakahan yang tidak sah
  4. Maraknya penyebaran video porno yang dapat merusak generasi bangsa
  5. Menyukai kehidupan yang menggunakan minuman keras, tarian dansa di bar, dan lain sebaginya.

Contoh Westernisasi

Contoh westernisasi yang terjadi pada saat ini misalnya saja banyaknya anak  punk dan geng motor yang dianggap keren dan gaul. Padahal hal tersebut merupakan salah satu bentuk hilangnya jati din bangsa. Kebudayan akan budaya lokal seolah mulai untuk ditinggalkan masyarakat yang lebih senang menikmati acara konser musik mancanegara danipada mendatangi pentas-pentas seni tradisional.

Dampak Westernisasi

Pihak-pihak yang mudah mengalami westernisasi adalah remaja dan masyarakat industri di kota-kota besar. Beberapa aspek yang mengindikasikan westernisasi sebagai berikut.

Perubahan Perilaku Masyarakat

Adanya pengaruh dan dunia Barat melalui tayangan televisi, majalah, dan internet menimbulkan perilaku yang berbeda dan masyarakat kita. Masyarakat mulai mengenal bahasa-bahasa gaul yang tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, misalnya kepo.

Kepo merupakan akronim dan knowing every particular object, yaitu sebutan untuk orang yang serba ingin tahu secara mendetail segala sesuatu yang menarik perhatiannya. Di Indonesia kepo merupakan sebutan gaul untuk orang yang serba ingin tahu hingga hal-hal terkecil. Apabila masyarakat membiasakan berbicara menggunakan bahasa gaul, nilai-nilai sopan santun dalam masyarakat dapat memudar.

Jati Diri Bangsa dan Budaya Lokal Mulai Luntur

Adanya anggapan bahwa segala sesuatu yang berasal dan Barat adalah budaya tenbaik dapat menyebabkan lunturnya jati din bangsa. Remaja menupakan pihak yang paling sering mengalami hal tensebut. Maraknya sub budaya menyimpang.

Perubahan Cara Hidup Masyarakat

Masyarakat di setiap negana memiliki kebiasaan atau cara hidup masing-masing Cara hidup menyesuaikan dengan kondisi geografis negara, seperti keadaan alam dan iklimnya, misalnya masyarakat di Amerika Serikat yang mengonsumsi minuman keras untuk menghangatkan badan mereka akibat iklim subtropis.

Di negara tropis yang cenderung panas seperti Indonesia, apabila mengonsumsi minuman keras, selain tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat serta ajaran agama juga akan mengakibatkan efek bunuk bagi kesehatan.

Demikinalah penjelasan secara lengkap mengenai Pengertian Westernisasi, Ciri, dan Contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi atau materi westernisasi. Trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *