Pengertian Sugesti, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sugesti

DosenSosiologi.Com– Faktor interkasi sosial dalam masyarakat terjadinya karena adanya sugesti, Sugesti ini menjai bahasan penting dalam berbagai kajian dalam sosiologi. Oleh karena itulah sebagai artikel penjelas, tulisan ini akan memberikan gambaran mengenai pengertian sugesti dan contohnya.

Pengertian Sugesti

Pengertian sugesti adalah proses dalam interkasi sosial yang biasanya dipergunakan untuk menjadikan individu menerima cara, perkataan, tingkah laku pihak lain, tanpa lagi adanya kritik yang diungkapkan terlebih dahulu. Akibatnya, untuk salah seseorang yang dipengaruhi akan segara mengikuti serta melakukannya tanpa adanya proses berpikir panjang.

Sugesti biasanya lebih cenderung dilakukan oleh orang-orang yang berwibawa atau memiliki pengaruh besar di lingkungan sosial yang ada dalam masyarakat. Akan tetapi, sugesti dapat pula berasal dari kelompok besar (mayoritas) terhadap kelompok kecil (minoritas) ataupun orang dewasa terhadap anak-anak.

Jenis-Jenis Sugesti

Dalam ilmu sosiologi, menurut “Buku Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat”, Karya Bagja Waluya (2019). Sugesti dapat dibedakan atas tiga jenis, yakni sebagai berikut

Sugesti Kerumunan (Crowd Suggestion)

Sugesti kerumunan adalah penerimaan yang bukan didasarkan pada penalaran, melainkan karena keanggotaan atau kerumunan. Contohnya, adanya tawuran antarpelajar. Siswa-siswa yang terlibat dalam tawuran pada umumnya dilakukan atas dasar rasa setia kawan.

Sugesti Negatif (Negative Suggestion)

Sugesti negatif adalah sugesti yang ditujukan untuk menghasilkan tekanan-tekanan atau pembatasan tertentu. Contohnya dalam sugesti negatif ini misalnya saja mengenai peran seorang pemuda yang akan mengancam kekasihnya apabila cintanya berpaling kepada pemuda lain sehingga kekasih pemuda tersebut akan menurut.

Sugesti Prestise (Prestige Suggestion)

Pengertian sugesti prestise adalah sugesti yang muncul sebagai akibat adanya prestise orang lain. Contohnya, tokoh masyarakat yang ada di Lingkungan Masyaraat banyak menganjurkan agar semua warganya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan maka anjuran tersebut akan dilaksanakan tanpa didahului dengan proses berpikir.

Contoh Sugesti

Beragam contoh dalam kehidupan yang kita jalani selama ini, seringkali ada kegiatan sugesti yang kita terapkan, baik disadari ataupun tidak di sadari.

  • Contoh sugesti misalnya, seorang siswa bolos sekolah karena diajak temannya bermain. Tanpa diamati manfaat nya, ajakan tersebut diterima dan dilaksanakannya untuk membolos dan meninggalakn sekolah.
  • Contoh sugesti lainnya, misalnya saa yang dilakukan kepala desa kepada masyarakatnya dalam bentuk kegiatan gotong royong membangun sarana dan prasarana desa. Kegiatan tersebut dilakukan untu meningkat kebersihan dan menyadarkan betapa pentingnya pola hidup yang sehat.
  • Adanya kegiatan atau tontonan dalam televisi yang dikeluarkan oleh Uya Kunya, untuk memberikan berbagai pertanyaan. Jawaban yang diberikan atas pertanyaan seperti dalam tayangan televisi terbut adalah bagian daripada contoh sugesti.
  • Dalam kehidupan sehari-hari misalnya yang dilakukan oleh Rina yang mengikuti kegiatan seminar, kegiatan yang dilakukan Rina pada seminar tersebut adalah mendorong untuk berwirausaha, setelah pulang seminar Rina langsung berinat membuka usahanya dan setelah itupun besoknya ia membuka usaha. Dari kasus/kejadian inilah Rina secar sadar atau tidak di sadari adalah bagian daripada sugesti yang sering kita alami, terutama setelah mengikuti seminar.

Dari berbagai penjelasan mengenai sugesti, di atas. Dapat disimpukna bahwa sugesti adalah kegiatan interkasi sosial yang paing mudah dilakukan. Asalkan tahu bagimana cara dan tekniknya. Selaian itu juga secara umum sugesti  adalah proses yang menjadikan seorang individu menerima suatu cara atau tingkah laku dari orang lain tanpa kritik terlebih dahulu. Selengkapnya, baca; Contoh Sugesti dalam Sehari-Hari

Demikianlah tulisan dan penjelasan mengenai pengertian sugesti dan contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan refrensi mengenai “Sugesti dalam Sosiologi”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *