8 Pengertian Sosiologi Politik, Ruang Lingkup, Konsep, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli

DosenSosiologi.Com– Perkembangan ilmu sosial pada saat ini semakin lebih baik dari sebelumnya. Terutama adalah disipilin ilmu sosiologi yang pada awal mulanya sosiologi ini menjadi bagian daripada ilmu filasat. Sosiologi terus berkembang dalam kajiannya hingga memunculkan salah satu kajian khusus mengajartakan tentang politik atau lebih dikenal dengan “Sosiologi Politik’.

Sosiologi Politik

Sosiologi politik adalah dua istilah yang menjadi satu yaitu istilah sosiologi dan politik. Sosiologi diberi pengertian sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan akibat daripada apa yang dilakukan masyarakat, artinya sosiologi disini adalah ilmu yang mengajarkan serta meneliti dalam tindakan yang ada dalam masyarakat.

Sedangkan definisi politik adalah ilmu pengetahuan yang menuntaskan berbagai konflik dalam kehidupan manusia, khususnya dalam membuat keputusan melalui kebijakan-kebijakan tertentu yang dipengaruhi oleh aturan, nilai, dan norma yang ada dalam masyarakat.

Pengertian Sosiologi Politik

Pengertian sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari keteraturan kekuasaan, pemerintahan, lembaga negara, otoritas, dan hal lainnya yang ada dalam kehidupan masyarakat dan mepengaruhi pola hidup yang ada dalam masyarakat.

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli

Definisi lainnya, dari pada ahli mengenai sosiologi politik ini adalah sebagai berikut;

  1. Tom Bottomove, menurutnya pengertian sosiologi politik adalah ilmu pengetahua yang memberikan kajian dalam kelas sosial, gerakan sosial, lembaga politik, parpol, politik lokal dan politik global.
  2. Maure Dekverger (1996), arti sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang memberikan pengajaran tentang kekuasaan terhadap kehidupan masyarakat.
  3. Fanlks, dalam pandangannya arti sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kekuasaan antara masyarakat dan lembaga negara.
  4. Kolkori, dalam kajiannya sosiologi poltik adalah studi yang khusus memberikan penjelasan mengenai partisipasi masyarakat dalam pengeturan kekuasaan yang ada di lembaga sosial.
  5. Rush dan Ahoff, definisi sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan tentang hubungan masyarakat dan politik, hingga pada akhirnya mempengaruhi kehidupan yang ada dalam dalam tatanan sosial.
  6. Maunce Duverger, studi mengenai sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan tentang kekuasaan kepada manusia, baik secara berkelompok ataupun secara individu.
  7. Pitirim Sorokin, salah satu ahli sosiologi ini memberikan penjelasan bahwa pengertian sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang memberikan penjelasan mengenai hubungan antara manusia dan kekuasaan serta dampak yang diakibatkan dari hubungan tersebut.
  8. Gordon Marshall, dalam pandangannya pengertian sosiologi politik adalah bagian ilmu sosiologi yang mengkaji tentang sebab dan akibat kekuasaan yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Dari pengertian diatas, dapatlah dikatakan jika pengertian sosiologi politik secara umum adalah cabang ilmu pengetahuan dalam sosiologi yang mengajarkan tentang fenomena-fenomena sosial sebagai akbiat dari adanya hubungan antara kekuasaan lembaga sosial dan masyarakat.

Ciri-Ciri Sosiologi Politik

Menjadi salah satu ciri dari sosiologi politik adalah sebagai berikut;

  • Empiris, artinya ilmu sosiologi politik tidak diahasilkan dari prasangka atau sikap menduga-duga dengan keadaan sosial.
  • Teoritis, dalam pandangan ini ciri sosiologi politik sebagai ilmu pengetahuan adalah berdasarkan kajian teori yang ada dalam sosiologi dan ilmu politik.
  • Logis, ciri ini mengindikasikan bahwa kajian yang ada dalam ilmu sosiologi politik dapat ditangkap dengan akal sehat.
  • Komulatif, yaitu artinya terjadi hubungan yang baik dalam sosiologi politik, misalnya hubungan antara teori satu dengan lainnya atau bahkan bantahan yang disusun dalam teori sebelumnya.
  • Nonetis, artinya dalam pandangan ilmu sosiologi politik tidaklah mempersoalkan baik dan buruk akan tetapi lebih mendeskripsikan pada tujuan yang ingin dijelaskan sesuai kapastitas dalam sosiologi politik.

Ruang Lingkup Sosiologi Politik

Ruang lingkup kajian dalam sosiologi politik adalah sebagai berikut;

Sosiologi Politik Sebagai Studi Tentang Negara

Kajian dalam sosiologi politik yang pertama adalah spesifik dalam negara, khususnya dalam tanggapan masyarakat yang ada di dalamnya serta kebijakan yang mesti diambil untuk melangsungkan dan mensejahterakan masyarakat. Dalam hal ini contoh yang bisa dilakukan adalah Kebiajakn Program Indonesia Pintar atau Program Indonesia Sehat yang dilakukan dalam upaya menyambul Bonus Demografi di Indonesia. Kebijakan ini diambil oleh negara berdasarkan pada kajian sosiologi politik.

Sosiologi Politik Sebagai Studi Tentang Kekuasaan

Selaian sebagai studi tentang negara dalam peranannya sosiologi politik juga dipergunakan dalam menggapi keuasaan yang langgeng dengan cara-cara yang baik. Kekuasaan ini dipereoleh melalui kajian dalam sosiologi politik terutama dalam menarik partisipasi masyarakat untuk dapat memeberikan kepercayaan. Contoh yang bisa diberikan misalnya saja adalah disaat kamapanye politik yang banyak membutuhkan peranserta masyarakat Indonesia agar memeperoleh dukungan.

Konsep Sosiologi Politik

Konsep dalam kajian yang ada di dalam sosiologi pilitik adalah sebagai berikut;

  1. Sosialisasi Politik, sosialisasi dalam sosiologi politik sangatlah penting dilakukan bagi siapapun yang ingin memeproleh kekuasaan. Konsep ini ditemukan melalui penelitian sosial, sehingga hasilnya pas dengan apada yang ada di masyarakat.
  2. Partai Politik, konsep kedua ini berhubungan dengan partai politik dalam memberikan pengajaran dan memberikan wawasan kepada masyarakat.
  3. Pengerekutan Politik, bagian ketiga dalam konsep sosiologi politik adalah denan memberikan pengerekutan politik, baik menjadi anggota ataupun dalam partisipasi yang dingginkannya.
  4. Komunikasi Politik, komunikasi politik menjadi hal penting dalam konsep yang diterapkan di dalam sosiologi politik. Komunikasi ini diberikan melalui kajian yang dalam memperoelah kekuasaan.

Contoh Kajian dalam Sosiologi Politik

Kajian dalam sosiologi politik pada saat ini sangatlah mudah ditemukan di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kajian politik yang terlihat di saat ada survai tentang elaktabilitas calon dalam Pilkada atau Pilpres yang dihasilkan data-data akurat serta rekomenasi agar dapat tercapai kekuasaan yang diinginkan. Contoh Lembaga Politik yang sering melakukan kajian ini adalah LSI, LPI, dan lain sebaginya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Sosiologi Politik, Ruang Lingkup, Konsep, dan Contohnya. Semoga dengan adana bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Sosiologi Politik”. Trimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *