Pengertian Realitas Sosial dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Realitas Sosial, Contoh Realitas Sosial

DosenSosiologi.Com– Realitas sosial di dalam kehidupan masyarakat merupakan bagian daripada objek kajian sosiologi. Hal ini sebgaimana Emile Durkheim yang memberikan gambaran bahwa hal tersebut bagian daripada terbentuknya fakta sosial dalam masyarakat. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian realitas sosial dan contohnya.

Realitas Sosial

Realitas sosial dalam sosiologi adalah isi dasar yang mampu memperjelasan tentang kenyataan kehidupan sosial seperti adanya masyarakat, kelompok sosial, dan para individu yang tergabung menjadi satu di dalam melakukan komunikasi sosial dan kontak sosial.

Pengertian Realitas Sosial

Pengertian realitas sosial adalah bentuk kegiatan, perubahan, dan kejadian nyata dalam masyarakat yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Peristiwa ini terbentuk karena proses interaksi yang berlangsung di masyarakat yang seringkali menjadi penyebab dalam dinamika kelompok sosial masyarakat.

Dari penjelasan mengenai pengertian realitas sosial diatas, dapat dikatakan bahwa apa yang dipelajari sosiologi terhadap sifat-sifat manusia adalah pola-pola hubungan dalam masyarakat dan mencari pengertian pengertian umum secara rasional dan empiris, hal ini dilakukan dengan bentuk pengamalan terhadap realitas sosial.

Artikel Terkait;

  1. Fungsi dan Manfaat Sosiologi Secara Umum
  2. Teori Sosiologi dan Tokohnya
  3. Sejarah Sosiologi [Awal-Akhir]

Contoh Realitas Sosial

Contoh realitas sosial yang ada dalam kehudupan, misalnya saja adalah sebagai berikut;

Contoh Realitas Sosial Masyarakat

Masyarakat yang menjadi objek utama dalam kajian ilmu sosial bisa terlihat realitas kehidupan yang dilakukan, kegiatan sehari-hari seperti makan, cara berfikir, sampai pada tahap cara mempengaruhi satu dengan lainnya merupakan bagian daripada realitas sosial masyarakat.

Contoh Realitas Sosial Kelompok

Contoh lainnya mengenai realitas sosial dalam kelompok bisa dilihat dari proses hubungannya yang mana telah terjadi umum bahwa hubungan sosial dalam kelompok ini dapat mengakibatkan integrasi sosial dan konflik sosial. Jika hubungan secara realitas sosial baik maka akan menciptakan kerukunan, ketentraman masyarakat, akan tetapi sebaliknya jika buruk maka hanya akan menimbulkan konflik sosial. Selengkapnya, baca; Pengertian Konflik Sosial, Faktor, Dampak, Bentuk, dan Proses Penyelesain

Contoh Realitas Sosial Individu

Prilaku individu yang ada dalam masyarakat adalah salah satu aspek penting sebagai bagian daripada realitas sosial, hal ini banyak dilihat dari interaksi sosialnya dengan tetangga, saudara, ataupun dengan orangtua. Proses kejian dalam realitas sosial ini bisa dilihat dikehidupan sehari-hari mulai dari makan, minum, dan lainnya sebaginya adalah bagian daripada realitas sosial individu. Selengkapnya, baca; Contoh Realitas Sosial dalam Masyarakat

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai pengertian realitas sosial dan contohnya. Semoga dengan adaya bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca untuk mendalami maksud “realitas sosial”. Trimakasih,

5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *