Pengertian Rasisme, Penyebab, dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Rasisme Menurut Ahli
Pandangan perbedaan yang berdasarkan warna kulit ini secara implisit masih terjadi. Fakta sosial ini memicu timbulnya gerakan-gerakan yang mengutamakan rasnya sendiri dan nantinya akan menimbulkan contoh konflik di masyarakat. Tipikal penduduk yang menganut pandangan seperti itu merupakan praktik dari rasisme. Lebih dalam, artikel ini membahas pengertian rasisme, penyebab, dan contohnya.

Rasisme

Rasisme seringkali disamartikan dengan rasislisme, karena terjemahan dari bahasa inggris racism dan racialism, yang memiliki makna yang sama. Rasisme menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, kekerasan rasial, bahkan pemicu genosida. Selengkapnya, baca; Pengertian Genosida, Bentuk, dan Contohnya

Pengertian Rasisme

Pengertian rasisme adalah pandangan terhadap ideologi atau paham yang dianut oleh masyarakat yang menolak atau tidak suka pada suatu golongan masyarakat tertentu yang biasanya berdasarkan rasnya, derajat, dan lain sebagainya.

Pengertian Rasisme Menurut Beberapa Ahli 

Adapun penejelasan dari beberapa ahli tentang rasisme adalah antara lain sebagai berikut:

Pramoedya Ananta Toer

Rasisme atau rasialisme ialah pemahaman yang menolak suatu golongan masyarakat yang berdasarkan atau berbeda ras. Dengan kata lain, mempunyai kelainan daripada umumnya.

Alo Liliweri

Pengertian rasisme adalah suatu ideologi yang mendasarkan diri pada diskriminasi terhadap seseorang atau sekelompok orang, karena ras mereka bahkan ini menjadi doktrin politis.

Human Rights and Equal Opportunity Commission

Definisi rasisme merupakan suatu ideologi yang menyumbangkan pernyataan mitos perihal kelompok ras dan etnis lainnya yang merendahkan kelompok atau komunitas tersebut.

Oliver C. Cox

Rasisme merupakan peristiwa, situasi yang menilai berbagai tindakan, dan nilai dalam suatu kelompok berdasar perspektif kulturalnya yang memandang semua nilai sosial masyarakat lain diluar diri mereka itu salah dan tidak dapat diterima.

Dari penjelasan pengertian rasisme menurut beberapa ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian rasisme adalah ideologi yang berlandaskan pada kepercayaan bahwa ciri-ciri tertentu yang melekat sejak lahir menandakan yang memiliki ciri tersebut lebih rendah sehingga otomatis didiskriminasi.

Penyebab Rasisme

Adapun beberapa penyebab dari rasisme adalah antara lain sebagai berikut

Sosialisasi dalam keluarga

Apa pun yang diajarkan oleh orangtua pada anaknya, pasti akan melekat dalam diri anaknya, apa itu baik atau buruk. Ironisnya, orangtualah yang menjadi salah satu faktor penyebab rasisme muncu, sehingga hal ini akan terjadi rantai kebencian yang tidak putus karena terus didoktrin antargenerasi.

Keputusan Kebijakan Pemenrintah

Umumnya, penyebab rasisme yang paing sering terjadi karena keputusan kebijakan pemerintah, tak terlepas pun di Indonesia seperti itu. Hal ini dipengaruhi oleh keotoriteran dari pemimpin dalam pemerintah. Misalnya, dari orla dan orba, etnis Tionghoa didiskriminasi dan membatasi ruang geraknya mereka.

Budaya serta Adat Istiadat

Budaya serta adat istiadat setiap pelosok daerah atau bangsa tentu berbeda-beda yang otomatis mempengaruhi pikiran serta pemahaman juga perasaan yang tentu mempengaruhi kultur atau pandangan penanganan dalam suatu fenomena sosial di masyarakat. Selengkapnya, baca; Pengertian Fenomena Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Selain penyebab yang disebutkan di atas, penyebab rasisme muncul yang lain adalah karena kesenjangan ekonomi, kesenjangan sarana dan prasarana, dan rasa cinta yang berlebihan serta munculnya rasa iri.

Contoh Rasisme

Ada begitu banyak praktik rasisme yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan, baik dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar. Adapun beberapa contoh rasisme yang dilakukam secara implisit dalam bidang olahraga adalah antara lain sebagai berikut:

Kasus Mihajlovic dan Vieira

Mantan pemain tim nasional Yugoslavia dan pemain Intermilan, Sinisa Mihajlovic, melakukan penghinaan kepada mantan pemain Arsenal, Patrick Vieira, dengan kata-kata : “black shit”.  Atas tindakannya tersebut, Mihajlovic diganjar hukuman dua kali larangan bermain.

Rasisme Suporter Lazio

Suporter klub Lazio sudah terkenal atau dikenal sebagai klub paling rasisme di Italia. Aron Winter, mantan pemain timnas Belanda adalah pemain berkulit hitam yang terakhir bergabung dengan klub ini. Pada saat kedatangannya ke klub ini, ia mendapatkan cemoohan yang menyakitkan hati, dicemooh dengan kata-kata : “Yahudi Negro”.

Rasisme Jean Marie Le Pen Pada Pemain Sepakbola Perancis

Jean Marie Le Pen membuat sensasi dengan mengatakan “tim sepakbola Perancis tidak pantas dihuni oleh orang-orang pendatang”. Jelas yang dimaksud “orang-orang pendatang” tersebut adalah imigran seperti Zinedine Zidane,  Lilian Thuram, Thierry Henry, Patrick Vieira, dan lain-lain.

Rasisme Klub Sepakbola Spanyol Pada Samuel Eto’o.

Samuel Eto’o berkali-kali menjadi korban tindakan rasisme beberapa klub Spanyol. Bentuk tindakan rasisme yang dilakukan oleh tim lawan adalah mengejek Eto’o dengan mengeluarkan suara mirip suara monyet setiap kali Eto’o membawa bola.

Rasisme Klub Sriwijaya FC Pada Pemain Persipura

Dunia sepakbola di Indonesia pun tercemar oleh kasus rasisme. Suporter klub Sriiwjaya FC menghina pemain-pemain Persipura dengan cara mengeluarkan suara yang menyerupai suara monyet. Hinaan tersebut ditujukan kepada pemain-pemain Persipura yang berasal dari Papua.

Demikinalah pembahasan mengenai pengenalan pengertian rasisme, penyebab, dan contohnya. Melalui penjelasan ini, semoga bisa memberikan referensi dan memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari ihwal atau ingin mengenal “rasisme”. Terimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *