11 Pengertian Penyimpangan Primer dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Penyimpangan Primer, Contoh Penyimpangan Primer

DosenSosiologi.Com– Penyimpangan sosial dalam masyarakat merupakan salah satu penyimpangan yang sangat sering dilakukan. Prilaku menyimpang ini akan menimbulkan rusaknya keteraturan sosial, keharmonisan masyarakat, dan rusaknya tatanan hukum yang sudah dijalankan. Dalam masyarakat penyimpangan sosial dibagi menjadi dua bentuk, pertama penyimpangan sosial primer dan kedua adalah penyimpangan skunder. Adapun dalam tulisan akan lebih menjelasan tantang penyimpangan primer.

Penyimpangan Sosial

Pengertian penyimpangan sosial adalah bentuk perbedaan yang terjadi dalam masyarakat. Perbedaan ini bisa disebabkan dengan adanya rasa ketidakpuasan terhadap keteraturan sosial, selain itu dipengaruhi pula dengan perubahan sosial dan perkembangan dalam aspek-aspek globalisasi dalam kehidupan masyarakat.

Penyimpangan Primer

Penyimpangan primer adalah istilah dari Bahasa Inggris yang berasal dari kata deviation primary. Bentuk penyimpangan ini intensitasnya paling sering dilakukan, baik secara individu ataupun secara kelompok, baik di sadari ataupun tidak disadari.

Pengertian Penyimpangan Primer

Pengertian penyimpangan primer adalah penyimpangan yang bersifat sementara (temporer) atau perbuatan menyimpang dalam masyarakat yang pertama kali dilakukan seseorang yang pada aspek kehidupan lainnya selalu berlaku konformis (mematuhi norma yang berlaku).

Oleh karena itulah salah satu dasar bagi seseorang yang telah melakukan penyimpangan primer masih tetap dapat diterima masyarakat dalam kelompok sosial. Syarat ini terpenuhi jika yang dilakukannya masih ukuran yang reatif kecil.

Pengertian Penyimpangan Primer Menurut Para Ahli

Adapun definisi, penyimpangan primer menurut pendapat para ahli. Antara lain adalah sebagai berikut;

Lemert

Teori sosiologi dan tokohnya ini memberikan penjelasan bahwa penyimpangan primer adalah bentuk prilaku yang menyimpang dalam masyarakat dengan perbuatan melanggar kecil sehingga masyarakat masih menganggap sebagai sebagai bagian atau fungsi sosial yang dapat diterima serta di toleransi.

Artikel Terkiat;

  1. Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya
  2. Pengertian Konflik Sosial, Faktor, Dampak, Bentuk, dan Proses Penyelesain
  3. Pengertian Kesenjangan Sosial, Dampak, dan Contohnya di Masyarakat

Contoh Penyimpangan Primer

Beragam contoh tindakan yang dapat dikategorikan sebagai kasus dalam penyimpangan primer , antara lain adalah sebagai berikut;

Makan dengan Tangan Kiri

Prilaku memakan pada dasarnya sangatlah dibiasakan dalam masyarakat untuk menggunakan tangan kanan. Tangan kanan yang identik dengan hal-hal yang bagus dapat mencirikahskan kepribadian yang dimilkinya bagus, meskipun begitu adakalah masyarakat memakan dengan tangan kiri, sehingga kondisi ini dianggap melanggar tapi masih dalam batasan toleransi.

Makan dan Minum dengan Berdiri

Begitupula dalam contoh lainnya yang disebut kasus penyimpangan primer adalh prilaku makan dengan berdiri, prilaku ini bahkan seringkali kita jalankan. Meskipun begitu seseorang yang makan dengan berdiri juga bisa disebut menyimpang, tapi masih dalam batasan tertentu.

Melanggar Rabu Lalu Lintas

Pelanggaran masyarakat dan seringkali dijalankan dalam kehidupan adalah melanggar rambu lalu lintas, pelenggaran jenis ini bisa dikategorikan sebagai bentuk penyimpangan primer masyarakat.  pelanggaran rambu-rambu lalu lintas yang dilakukan di jalan raya, atau di jalan lintas adalah pelanggaran yang sangat masih di maklumi.

Anak Perempuan Tomboy

Jenis serta contoh daripada prilaku penyimpangan primer misalnya saja adanya anak perempuan yang tomboy (berperilaku kelaki-lakian). Prilaku ini masih dalam batasan toleransi karena berhubungan dengan tindakan seseorang yang ada di masyarakat serta intensitasnya sering dijalankan.

Dari penjelasan mengenai pengertian penyimpangan primer dan contohnya diatas, dapat disimpulkan bahwa karektristik atau ciri penyimpangan primer, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Masih di toleransi
  2. Prilakunya atau tidnakannya sering dilakukan
  3. Pelakuknya masih pertamakali melakukannya

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian, contoh, dan ciri penyimpangan primer. Semoga dengan adanya tulisan ini tentunya bisa memberikan wawasan dan penjelasan kepada para pembaca mengenai “penyimpangan sosial”, khususnya penyimpangan primer. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *