Pengertian Penelitian Kualitatif, Ciri, dan Jenisnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Penelitian Kualitatif

DosenSosiologi.Com– Ilmu pengetahuan tidak akan bisa memiliki fungsi jika tidak memberikan subtansi penelitian yang bermanfaat untuk umat. Salah satu manfaat ilmu pengetahuan adalah memberikan kajian-kajian ilmiah agar memberikan soulsi atas permasalahan yang terjadi. Penelitian ilmiah sendiri dalam metode penelitian ada beragam jenisnya, salah satunya adalah penelitian kualitatif. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan memberikan gambaran dan wawasan mengenai pengertian, ciri, dan Jenis penelitian kualitatif.

Pengertian Penelitian Kualitatif

Pengertian penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang mengutamakan deskripsi atau penjelasan dalam membangun paradigma fakta sosial sosial. Metode penelitian yang dapat dilakukan dalam kualitatif ini adalah jenis penelitian yang lebih melakukan penekankan pada fenoemana sosial yang lebih mendalam. Oleh karena itilah analisis yang dilakukan di dalam penelitian kualitatif selalu bersumber pada informasi lisan maupun tulisan dalam sebuah penelitian.

Selengkapnya bacaPengertian Penelitian Sosial, Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Definisi para ahli, mengeai penelitian kualitatif antara lain adalah sebagai berikut;

Koentjaraningrat (1993).

Pengertian penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menggnakan tiga format, yakni deskriptif, verifikasi, dan grounded research. Karektisrik dalam penelitian kualitatif ini cederung melakukan kajian yang cermat terhadap berbagai gejala sosial dalam masyrakat, baik secara individu ataupun dilakukan dalam kelompok sosial.

Moleong (2007)

Definisi penelitian kualitatif adalah penelitian yang memberikan penggabaran yang jelas mengenai subjek dalam penelitian. Dalam penelitian kualitatif ini melakukan kajian yang holistik (menyeluruh) sehingga dalam metode penelitian kualitatif cenderung penelitian dilakukan dalam kurun waktu yang panjang.

Dari pengertian penelitian kualitatif menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang meletakan subjek penelitian sebagi sumber informasi mengenai masalah-masalah yang akan diteliti. Kajian penelitian ini umumnya dilakukan dengan langkah penelitian langsung di lapangan, seperti tinggal di area penelitian. Tujuannya ialah untuk memberikan analisa yang terduga.

Ciri Penelitian Kualitatif

Anekaragam ciri yang ada di dalam pendekatan kualitatif, diantaranya ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut;

  • Bersifat umum, fleksibel, dan berkembang dalam proses penelitian.
  • Emik yaitu mementingkan pemahaman dar dalam.
  • Menggambarkan beragam bentuk realitas yang sifatnya kompleks.
  • Berakhir dengan kesimpulan (induktif).
  • Peneliti berperan sebagai instrumen utama penelitian. Selengkapnya, baca; 5 Instrumen Penelitian; Pengertian, Jenis, dan Contoh
  • Teknik pengumpulan data atau instrumen penelitian yang biasa digunakan yaitu wawancara dan observasi.
  • Analisis dilakukan sejak awal hingga akhir penelitian.
  • Hubungan dengan informan cukup dekat.
  • Sajian data berupa deskripsi catatan lapangan, jawaban informan, dan dokumen.

Jenis Penelitian Kualitatif

Jenis-jenis penelitian kuatitatif yang ada di dalam metode penelitian. Antara lain adalah sebagai berikut;

Fenomenologi

Fenomenologi adalah jenis penelitian kualitatif yang berusaha untuk memberikan penjelasan suatu fenomena atau kejadian berdasarkan pemahaman dari hasil pemikiran informan atau objek penelitiannya. Fenomenologi ini seringakali berkaitan dengan penelitian-penelitian yang sifatnya adalah memahas dinamika kelompok sosial dalam masyarakat.

Contoh penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi ini misalnya menganalis tentang Pemilihan Daerah yang seringkali di warnai dengan money politic (politik uang). Keberadaan politik uang di Indonesia telah lama terjadi dan hal ini tentusaja menjadi Pemilihan Daerah atau Pemilihan Presiden tidak mencerminkan sikap demokrasi yang baik.

Deskriptif

Deskriptif adakah jenis penelitian kualitatif yang berupaya untuk memberikan gambaran secara lengkap mengenai suatu bentuk permasalahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karenannya penelitian deskriptif cenderung lebih panjang dalam proses pengerjaannnya.

Contoh dalam penelitian kualitatif deskriptif ini misalnya memilih topik dalam konflik sosial di masyarakat. Bahasan mengenai konflik sosial harus dijelaskan dari latar belakang yang mempengaruhinya, dampaknya, sampai upaya proses penyelesainnya.

Studi Kasus

Studi kasus adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan memberikan gambaran mendalam mengenai suatu kasus atau permasalahan pada unit sosial (bisa pada individu, kelompok, lembaga sosial, sebuah distrik, atau komunitas). Kasus yang diberikan dalam penelitian ini cenderung permasalahan berbeda atau khusus dan pada umumnya melibatkan periode waktu yang panjang.

Contoh penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus misalnya saja adalah kajian yang dilakukan dalam pernikahan usia muda. Pernikahan usia muda yang ada di desa lebih tinggi daripada pernikahan usia muda yang ada di perkotaan.

Penelitian Historis

Penelitian historis adalah penelitian yang bertujuan menjelaskan kembali peristiwa ataupun gejala sosial pada masa lampau. Penelitian jenis ini menggunakan tulisan, artefak, dan bukti-bukti peninggalan sejarah sebagai sumber informasi.

Contoh jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian historis ini misalnya saja adalah pelitian sejarah Candi Borobudur, Penelitian tentang Kekuasaan Kerjaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahi, bahkan penelitian mengenai sekarah kemerdekaan NKRI (Negara Republik Indonesia).

Teknik Pengambilan Informan pada Penelitian Kualitatif

Dalam metode penelitian kualitatif, ada beragam informan yang ditentukan secara khusus oleh peneliti. Informan dipilih karena dianggap mampu menjelaskan suatu permasalahan dan mampu membangun informasi yang dibutuhkan dalam penelitian kualitatif.

Informan dalam penelitian kualitatif relatif sedikit. Adapun teknik pengambilan informan pada penelitian kualitatif terdapat dua jenisnya, yaitu purposive sampling dan snowball sampling.

Purposive sampling

Purposive sampling atau sampel pada penelitian kualitatif adalah pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan subjektif, yaitu peneliti mengetahui dengan jelas kemampuan dan identitas informan dalam membangun informasi.

Snowball Sampling

Sedangkan teknik pengembilan snowball sampling dalam pengambilan informan di penelitian kualitatif adalah teknik bola salju yang merupakan pemilihan informan berdasarkan rekomendasi informan sebelumnya.

Artikel Terait;

  1. “Kerangka Penelitian” Pengertian dan Contohnya
  2. “Topik Penelitian” Pengertian, Unsur, Tips, dan Contohnya 
  3. Teknik Analisis Data Kuantitatif & Kualitatif

Contoh Judul Penelitian Kualitatif

Berikut ini adalah contoh mengenai judul penelitian kualitatif, karya Mahasiswa UNS (Universitas Sebelas Maret), dengan judul “Tradisi Mahesa Lawung Sebagai Aset Pengembangan Wisata Unggulan Melalui Potensi Folklor Punden Alas Krendowahono di Kabupaten Karanganyar”.

Dalam contoh judul di penelitian kualitatif tersebut dapat dikemukakan bahwa metode penelitian kualitatif yang dipergunakan adalah metode deskriftif dengan tetap menjunjung tinggi pada hasil penelitian yang luas. Untuk teknik pengambilan informan dalam judul ini bisa dilakukan menggunakan snowball sampling.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian penelitian kualitatif, ciri, dan jenisnya Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Materi Penelitian”. Trimakasih,

5 (100%) 3 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *