9 Pengertian Organisasi Internasional Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Organisasi Internasional, Contoh Organisasi Internasional

DosenSosiologi.Com– Organisasi internasional menjadi salah satu bahasan penting dalam ilmu pengetahuan, bahsan ini menyangkup tentang keteraturan dan kedamaain dunia yang dibentuk berdasarkan tujuan umumnya, yakni menciptkan kesetabilan hidup dalam anggota masyarakat. Oleh karena itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian organisasi internasional dan contohnya.

Organisasi Internasional

Organisasi internasional adalah istilah yang tersusun dari dua kata “Organisasi” dan “Internasional”. Organisasi didefinisikan sebagai kumpulan masyarakat yang membentuk kesatuan dalam mempermudah tujuan yang diinginkan. Sedangkan internasional ialah persatuan bangsa-bangsa yang berbeda budaya, negara, atau adat untuk menyatakan kesiapannya bergabung dalam satu wadah yang sama.

Pengertian Organisasi Internasional

Pengertian organisasi internasional adalah perkumpulan beberapa anggota negara untuk mempermudah tujuan dengan menyamakan visi dan missi. Persamaan visi serta missi ini dilakukan melalui bentuk akomodasi yakni dengan kerjasama atau perundingan.

Pengertian Organisasi Internasional Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi organisasi internasional menurut para ahli antara lain adalah sebagai berikut;

N.A. Maryam Green

Pengertian organisasi internasional adalah kumpulan negara yang membentuk kerjasama atau perjanjian untyk mempercepat pembangunan serta konduktiitas masyarakat. Perjanjian ini nagara ini minimal diikuti oleh 3 atau lebih dari negara-negara di dunia.

D.W. Bowett

Pengertian organisasi internasional adalah organisasi nagara-negara yang sepakat saling berkontribusi memberikan subsitusi devisa negara, melalui teknologi atau bidang ekonomi. Organisasi ini bisa bersifat multilateral dan bilateral, tergantung dari jumlah negara yang terlibat.

Boer Mauna

Definisi organisasi internasional adalah himpunan berbagai negara untuk bersatu dan membuat kesepakan bersama dalam upaya memperoleh kepentingan yang diinginkan. Syarat mulatk harus dimiliki negara yang sepakat ini adalah negara yang merdeka dan negara berdaulat .

Pariere Mandalangi

Arti organisasi internasional adalah perjanjian yang dilakukan secara tertulis melalui serangkaian acara formal dalam menciptakan kesepakatan. Dalam hal ini minimal negara yang mengikutiperjanjian lebih dari 3 negara atau bisa juga gabungan dari organisasi-organiasasi lainnya yang bersatu dalam forum tertentu.

Dari pengertian organisasi internasional di atas, dapat disimpulkan bahwa intisari daripada definisi ini adalah kumpulan negara yang bersatu, berdaulat, dan mereka untuk membentuk visi dan misi yang sama, dengan diikuti 3 negara atau lebih.

Tujuan Organisasi Internasional

Tujuan dibentuknya organisasi internasional dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Mempermudah mencapai tujuan, kondisi ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan yang ada dalam seiap anggota.
  2. Membentuk keterikatan, penjelasannya organisasi internasional akan memberikan keterikan masyarakat dan setiap anggota sehingga hal ini mengontrol penyimpangan sosial dalam keteraturan yang sah.
  3. Mempermudah masyarakat untuk mengembangkan pemikiran, fungsi lainnya dilakukannya organisasi internasional dalam suatu negara adalah mengembangkan pemikiran serta wawasan global terhadap masyarakat atau negara yang bersangkutan.

Artikel Terkait;

  1. Perbedaan Lembaga dan Organisasi/Asosiasi
  2. Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya
  3. Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya

Contoh Organisasi Internasional

Beragai contoh organisasi internasional yang ada di dunia, antara lain adalah seagai berikut;

ASEAN

Organisasi internasional ASEAN adalah organgisasi yang berada di Asia tenggara, orgaanisasi ini juga diikuti oleh Indonesia dalam membangun dan mengembangkan potensi yang ada di Indonesia secara maksimal.  Singkatan ASEAN ini sendiri ialah Association of South East Asia Nations.

Pada saat ini jumlah negara yang tergabung dalam Asean ini ada sekitar 11 Negara diantaranya adalah Malaysia, Brunai Darussalam, Indonesia, Vietnam, dan Nagara-nagara Asia tenggara lainnya. Bentuk kerjama yang beraku di dalam organisasi internasional ini seperti Ekonomi, Olahraga, Pendidikan, Teknologi, dan lain sebaginya.

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Kerjasama dalam organisasi internasional yang selanjutnya, adalah PBB yang sangat familiar bagi perdamian di dunia. PBB yang bermarkas di Amerika Serikat ini dibentuk berdasarkan pada kenyataan bahwa negara-negara di dunia harus bersatu pada dan mengindari konflik yang dapat menyebabkan pertikaian atau peperangan.

PBB sampai saat ini masih eksist dalam mengupayakan berbagai bidang kerjasama, baik dalam bentuk kesehatan, pendidikan, perlindungan anak, atau dalam bentuk lainnya. Dengan dikepalai Jedaral sebagai Ketua PBB memberikan pengeruh besar bagi perdamaian di seluruh dunia.

Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non-Blok

Contoh kerjasama lainnya yang ada di negara-negara seluruh dunia adalah Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non-Blok, yang pertamakali penyelenggaraan dalam kerjasama atau organisasi ini dilakukan di Bandung, latar belakang terbentuknya konfrenesi ini ialah melihat perkembangan pada saat itu yang ternyata negara-negara dunia terpecah dalam 2 blok besar, yakni blog barat dengan ketua Amerika Serikat dan Blog Timur yang dikepalai oleh Negara Rusia.

OKI (Organisasi Kerjasama Islam)

OKI dilahiarkan dalam mengupayakan kerjasama masyarakat muslim di dunia, bentuk kerjama ini mendorong untuk ikutserta Agama Islam dalam menjaga perdamaian dunia serta pembangunan perekonomia, nama sebelum OKI dilahirkan ialah Organisasi Konferensi Islam lalu dirubah konferensi menjadi kerjama.

Upaya yang dilakukan OKI sebagai organisasi ini banyak melahirkan solusi dalam pengentasan masalah di dunia, seperti mencegah Amerika Serikat mendirikan Keduataan di Kota Yarusellem, dan bentuk lainnya. Indonesia juga tergabung dalam OKI, lantaran di Indonesia sendiri menjadi negara berpendudukan Islam terbesar di dunia.

Uni Eropa

Organgisasi yang dianggap dapat mempengaruhi perekonomian dunia, dalam wawasan globalisasi ekonomi ini adalah Uni Eropa, yang seringkali melakukan kebijakan dalam pembangunan negara di Benua Eropa sebagai bagian daripada negara-negara maju di dunia.

Kesempatan yang dilakukan dalam kerjasama oleh Uni Eropa ini banyak memberikan signal postif bagi perkembangan organisasi dunia, meskipun begitu beberapa waktu lalu Uni Eropa mengalami masalah cukup pelik, yakni dengan keluarnya Inggris sebagai bagian daripada Uni Eropa.

Dari berebagai penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan contoh organisasi internasional di atas, dapat dikatakan bahwa bentuk kerjama penting untuk dilakukan suatu negara dalam upaya meningkatan penghasilan dan devisa negara, selain itu juga organisasi internasional dapat mendorong perdamaian di seluruh negara dunia, baik negara maju ataupuan negara dengan karakteristik negara berkembang.

Demikianlah penjelasan dan pemahaman mengenai pengertian organisasi internasional menurut para ahli dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami tentang arti “organisasi internasional”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *