Pengertian Maladjustment dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Maladjustment dan Contohnya

Pengertian Maladjustment dan Contohnya

DosenSosiologi.ComMaladjustment secara umumnya dapat diberi pengertian sebagai ketidak mampu melakukan penyesuaian terhadap perubahan sosial. Yang memang pada faktanya setiap perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dapat berdampak positif ataupun negatif. Meskipun demikian, kepada setiap masyarakat jangan pernah merasa takut terhadap perubahan sosial dalam masyarakat.

Pengertian Maladjustment

Definisi mengenai maladjustment adalah suatu keadaan apabila masyarakat tidak mampu melakukan penyesuaian (maladjustment) keadaan yang akan terjadi adalah anomi. Anomi terjadi ketika masyarakat mengalami kekacauan, tanpa peraturan karena faktor pendorong perubahan sosial yang cepat. Kondisi tersebut jelas akan mengakibatkan konflik yang merugikan. Selain itu juga ketidakmampuan melakukan penyesuaian dapat mengakibatkan permasalahan sosial pada masyarakat yang tidak mampu melakukan penyesuaian.

Pengertian Maladjustment Menurut Para Ahli

Istilah maladjustment ini menjadi salah satu istilah penting dalam ilmu sosial, khususnya adalah sosiologi. Oleh karena itulah beberapa ahli memberikan dasar pemahaman mengenai maladjustment salah satunya ialah Eko Sujatmiko yang memberi arti sebagai ketidakmampuan setiap individu yang ada dalam masyarakat untuk menyesuaikan diri dalam berbagai perubahan yang dialaminya.

Contoh Maladjustment

Contoh tindakan yang bisa diartikan maladjustment misalnya saja adalah tingkah laku yang menyimpang yang dilakukan oleh para remaja atau sekolah dalam menerima perubahan sosial yang terjadi. Tingkah laku ini khususnya dalam teknologi informasi seperti media sosial.

Para remaja dan pemuda di aman sekarang banyak sebagai penikmat media sosial sebagai lahan untuk menghina dan melecehkan pihak lain. Padahal perubahan teknologi informasi seperti ini tujuannya ialah untuk mempererat persahabatan antar teman, keluarga, dan lain sebaginya.

Ciri-Ciri Tindakan Maladjustment

Ciri khas seseorang yang tidak mampu untuk menerima perbuaha sosial atau maladjustment, ini adalah sebagai berikut;

  • Berprilaku menyimpang akan norma dan aturan yang berlaku
  • Sulit untuk melakukan adaptasi yang baik dengan pihak lain
  • Seseorang yang mengelami maladjustment akan merasa dirinya lebih baik, padahal dalam dirinya sendiri mengalami depresi dan kecemasan yang akut.

Dari berbagai pembahasan tentang pengertian maladjustment, ciri dan contohnya di atas, Dapatlah dikatakan jika kita gagal untuk beradaptasi dan bersikap kritis terhadap perubahan sosial, kesejahteraan masyarakat di sekitar kita tidak akan terwujud ke arah peradaban yang maju. Bahkan yang lebih ektreimnya lagi masyarakat akan banyak mengelami dampak negatif perubahan sosial daripada dampak positif perbuahan sosial yang akan di laluinya.

Demikinalah penjelasan mengenai Pengertian Maladjustment dan Contohnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan pemahaman dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari materi maladjustment. Trimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *