Pengertian Kepribadian, Unsur, Jenis, dan Cirinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

DosenSosiologi.Com– Kepribadian menjadi salah satu asepk penting di dalam materi ilmu sosial, baik sosiologi ataupun pesikologi membahas tentang pengetahuan terhadap kepribadian. Oleh karenannya dalam tulisan ini akan memberikan bahasan mengenai pengertian kepribadian, unsur, jenis, dan cirinya.

Pengertian Kepribadian

Kepribadian adalah aspek-aspek yang meliputi tentang sikap dan perasaan yang dilakukan oleh secara individu ketika dihadapkan dengan hal-hal tertentu di dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap orang atau mahluk hidup tentusaja memiliki ciri khas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, perbedaan tersebut akhirnya menjadikan istilah kepribadian.

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Definisi para ahli, mengenai pengertian kepribadian antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Yinger, Definisi kepribadian menurutnya adalah keseluruhan perilaku yang dinilai secara individu dari serangkain instruksi/kegiatan yang dilakukan.
  2. Cuber, menurutnya definisi kepribadian ialah pengelompokan dari seluruh sifat manusia yang tampak terlihat nyata oleh manusia lainnya.
  3. Theodore R. Newcombe, menurutnya definisi kepribadian adalah sekumpulan sikap-sikap seseorang yang dilakukan dengan latar belakang kegitan sebelumnya.
  4. A.W Bouwer, menurutnya definisi kepribadian adalah kumpulan tingkah laku secara sosial yang didalamnya terdiri dari kekuatan dan keinginan untuk melakukan suatu hal dengan alasannya yang dimilikinya.

Dari pengertian kepribadian menurut para ahli di atas, dapatlah disimpukan bahwa secara umum kepribadian adalah kegiatan secara nyata yang dilakukan oleh seseorang dalam menyikapi masalah/problema di dalam kehidupannya.

Unusr-Unsur Pembentuk Kepribadian

Kepribadian seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai unsur-unsur dalam keturunan dan sosialisasi yang dilakukan individu. Berikut inila penjelasan mengenai faktor-faktor pembentuk kepribadian seseorang.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Sosialisasi, Proses, Tujuan, Bentuk, dan Media Sosialisasinya
  2. Pengertian Pengendalian Sosial, Proses, Bentuk, dan Fungsinya
  3. Pengertian Penyimpangan Sosial, Ciri, Faktor, dan Bentuknya

Unsur Biologis

Faktor biologi adalah faktor pembentuk kepribadian yang diperoleh dan gen keturunan orang tua. Unusr biologis ini memiliki peran yang cukup sentral, misalnya saja ketika anak dan ayah selalu memiliki ciri khas yang sama persis dalam tindakan, suka pemarah, senyum, dan lain sebaginya.

Unsur Prenatal

Faktor prenatal yaltu faktor yang berkaitan dengan pemberian rangsangan atau stimulus ketika anak masih dalam kandungan. Unusr ini bisa menjadi baik dan bisa menjadi buruk, contohnya nyatanya ketika mengalami unsur ini pada saat ini terutama banyak tersedia susu yang memberikan asupan kepada kepribadian calon anak.

Unsur Geografis

Unsur geografis yaitu faktor pembentuk kepribadian yang dipengaruhi oleh lingkungan alam. Unusr ini bisa membedakan antara satu masyarakat dengan amsyarakat lainnya, alaannya hal ini penting karena dalam proses interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat selalalu memiliki perebdaan yang nyata dengan adanya perbedaan gegrafis.

Unsur Pengalaman

Unsur pengalaman yaitu faktor pembentuk kepribadian yang berhubungan dengan pengalaman hidup. Unsur ini bisa menjadi pembeda yang jelas antara satu individu dengan individu yang lainnya. Sehingga dalam perkembangannya pengalaman menentukan jalan hidup yang akan dilakukan oleh seseorang.

Unsur Kelompok

Unsur kelompok yaitu kepribadian seseorang yang terbentuk akibat pengaruh lingkungan kelompok sosial. Unusr ini menjadi seserang lebih matang dan mempengaruhi jalan hidup yang ia jalani, oleh karenannya contoh nyata ketika masih kecil kita seringkali disaranakan untuk berkelopok dengan orang-orang yang memiliki keteraturan sosial yang baik.

Unsur kebudayaan

Unusr kebudayaan yaitu faktor pembentuk kepribadian yang dipengaruhi oleh lingkungan budaya dimana seseorang itu berasal. Unusr ini berpengaruh penting dengan asal muasal yang membentuk sikap, misalnya saja antara masyarakat yang ada di Papu dan Jawa Tengah, dari segi berbicara meraka tidak bisa disamakan, baik nada ataupun gaya biacaranya.

Jenis-Jenis Kepribadian

Macam atau jenis yang ada di dalam kepribadian, antara lain adalah sebagi berikut;

  1. Introvert, jenis kepribadian ini adalah kepribadian yang dalami oleh manusia dengan senang berada dalm lingkungan yang sepi, sunyi, dan lebih sneang sendiri melakukan suatu hal. Jenis kepribadian ini cederung menjadi pendiam seolah seperti sedang mengalami masalah. Contohnya adalah seorang pelajar yang tidak bisa belajar kelompok, dan lebih bisa kosentrasi dengan belajar sendiri.
  2. Extrovert, adalah jenis kepribadian yang berlawanan dengan arti introvert. Kepribadian ini lebih cederung menyukai suatu hal yang ramai, tidak suka dengan keadaan pendiam atau berdiam diri. Ia memilih dunia luar sebagian tujuan atau bagian daripada hidupnya.
  3. Ambievert, jenis kepribadian ini adalah kepribadian yang berubah-ubah (tidak tetap) lantaran kepribadian jenis ini sesuai dengan kondisi atau mod yang dialami oleh setiap individu-individu dalam melaukan sesuatu.

Ciri-Ciri Kepribadian

Ciri-ciri yang terdapat dalam kepribadian secara umum daoat dibedakan berdasarkan karakteristik yang akan dialami oleh seserang. Ciri kepribadian ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Ketekunan, ketekunan merupakan bagian daripada ciri keribadian yang bisa di dapatkan oleh seseorang mealui keturunan ataupun melalui pengalaman.
  2. Timbulnya kecenderungan turunan, artinya ciri ini adalah kecenderungan yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan pada pengalaman ataupun pada kebudayaan yang di dapatkan lewat suatu hal.
  3. Ambisi, ambisi adalah salah satu ciri kepribadian yang menjadi seseorang rela untuk berjuang keras dalam mengubah hidupnya.
  4. Kelainan seksual , banyak para tokoh mengatakan bahwa kelainan sosial bagian daripada ciri kepribadian yang sulit untuk dirubah. Kelanian seksual ini misalnya saja dalam hal suka terhadap sesama pria, suka terhdap sesama wanita, dan lain sebaginya.

Contoh Kepribadian

Contoh kepribadian, secara umumnya dalam tindakan sehari-hari yang kita lakukan, misalnya saja adalah sebagai berikut;

Contoh Kepribadian Baik

Contoh kepribadian yang bernilai baik misalnya saja ketika ada seseorang yang sedang mengalami masalah sosial dalam keluargannya kita datang untuk membantu menyelesaikan masalah atau kita datang untuk memberikan solusi dalam masalah tersebut. Kepribadian ini adalah jenis kepribadian yang peka terhadap fenomena sosial di lingkungan masyarakat.

Contoh Kepribadian Buruk

Contoh yang ada dalam kehiduan sehari-hari dalam kepribadian buruk misalnya saja sering emosi dan tempramental dengan kondisi-kondisi tertentu, sehingga kepribadian ini cenderung melakukan tindakan-tindakan yang diluar dugaan, misalnya membanting barang-barang, melakukan pemukulan, dan lain sebagainya. Bahkan kepribadian jenis ini juga seringkali melakukan tindakan KDART (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

Demikinalah bahasan mengenai tulisan pengertian kepribadian, unsur, jenis, dan cirinya. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Materi Kepribadian”. Trimakasih,

5 (100%) 2 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *