Pengertian Kepribadian dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kepribadian dan Contohnya

Pengertian kepribadian secara umum merupakan bagian konsep yang sangat luas, akan tetapi secara khusus istilah kepribadian ini erat kaiatannya dengan karakteristik perilaku individu. Setiap individu yang lahir di bumi ini memiliki kepribadian unik yang dapat dibedakan dari individu yang lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang pengertian kepribadian dan contohnya.

Kepribadian

Kepribadian adalah dorongan seseorang melakukan tindakan sosial atas dasar perasaan, pengetahuan, dan naluri ilmiahnya. Setiap manusia tentusaja memiliki kepribadian yang berbeda, hal yang tidak mungkin terjadi apabila seseorang dapat memiliki banyak kepribadian. Mekipun telah melakukan imetasi ataupun identifikasi.

Baca Juga;

  1. Pengertian Imitasi dan Contohnya
  2. Pengertian Identifikasi dan Contohnya
  3. Pengertian Sugesti, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Kepribadian

Agar materi ini terasa lebih luas, maka perlu setidaknya memahami konsep dan pengertian tentang kepribadian menurut para ahli. Antara lain;

Theodore R. Newcombe

Menurutnya, pengertian kepribadian adalah sekumpulan organisasi sikap-sikap (predispositions) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku atau tindakan sosial yang dilakukannya terhadap lingkungan sekitar.

Roucek dan Warren

Definisi kepribadian adalah sekumpulan organisasi atas berbagai bentuk faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku individu seseorang terhadap fenomena sosial atau keadaan sosial yang sedang dialaminya.

Yinge

Arti kepribadian  adalah adalah keseluruhan pola perilaku yang dilakukan oleh seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu untuk terdorong melakukannya secara kontinyu (terus menerus). Akhirnya dengan keadaan itulah ia akan berinteraksi dengan serangkaian situasi yang dialaminya.

Koentjaraningrat

Tokoh budaya dan sosiologi ini memberikan pengertian kepribadian karatekteritik seseorang yang dilandasi atas dasar watak dengan mununjukan secara konsisten dan konsekuen, sehingga keadaan ini mendorong seorang individu memiliki suatu identitas yang khas dan berbeda dari individu-individu lainnya.

Robert Sutherland

Pengertian kepribadian adalah abstraksi yang dilakukan secara individu dan kelakuannya sebagaimana halnya dengan masyarakat dan kebudayaan. Dengan arti inilah setidaknya kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling memengaruhi antara tiga aspek tersebut.

Dari serangkaian pengertian kepribadian menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kepribadian merupakan proses integrasi sosial dari serangkaian kecenderungan seseorang untuk berperasaan, bersikap, bertindak, dan berperilaku sosial tertentu.

Ciri-Ciri Kepribadian

Dilihat dari pengertian tersebut, dalam dikatakan bahwa karateristik kepribadian yang ada disetiap individu, antara lain;

Kepribadian Baik

Ciri melakat dalam proses kepribadian yang pertama adalah kepribadian baik, terbentuknya kepribadian ini berasal dari penjelanan fungsi keluarga dengan baik. Proses ini mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan keteraturan sosial dalam masyarakat.

Contoh prilaku dengan kepribadian baik misalnya saja tentang tindakannya yang selalu beribadah setiap waktu. Misalnya saja dalam Agama Islam, ada seseorang yang menjalankan ritual Ibadah Sholat tepat pada waktunya dengan cara berjamaah. Secara otomatis tindakan ini menjadi ciri kepribadian yang baik.

Kepribadian Buruk

Ciri yang kedua, hadir dalam kehidupan setiap manusia adalah jenis kepribadian buruk. Yang dilatar belakangi dengan adanya tindakan menyimpang dari biasanya yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Tindakan ini bahkan tak jarang menimbulkan konflik sosial yang berakibat fatal.

Contoh kepribadian buruk yang bisa dijabarkan misalnya saja adanya seseorang yang melakukan tindakan kriminalitas, dengan cara mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupanya. Secara tindaka langsung tindakan kriminalis adalah bagian daripada kepribadian buruk.

Dari serangkaian penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwasanya kepribadian secara tidak langsung akan memberi watak yang khas bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian bukanlah perilaku, namun kepribadianlah yang membentuk perilaku manusia, sehingga dapat dilihat dari cara berpikir, berbicara, atau berperilaku. Kepribadian lebih berada dalam alam psikis (jiwa) seseorang yang diperlihatkan melalui perilaku.

Aspek-Aspek Kepribadian

Dilihat dar aspeknya, kepribadian dapat terbentuk karena beberapa faktpr berikut;

Perasaan

Pengertian perasaan adalah tingkah individu yang didasari pada faktor kejiwaan dalam hatinya. Kondisi ini akan mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan kata hati. Oleh karenannya banyak pihak mengetakan bahwa perasaan sama arti dengan emosi.

Pengetahuan

Wawasan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang satu dengan lainnya, tentusaja tidak bisa disamakan. Akan ada perbedaan yang mendalam, dengan kadaan ini pengatahuan menjadi aspek terpenting dalam membentuk kepribadian seseorang.

Naluri

Terakhir, yang menjadi pendorong dalam kepribadian adalah naluri. Naluri membentuk manusia untuk bertingkah laku sesuai dengan kata hati. Naluri memiliki karakteristik yang berbeda daripada aspek lainnya, lantaran naluri di bawa sejak ia lahir.

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian, ciri, aspek kepribadian di atas, Penting bagi artikel ini untuk mengulas lebih dalam tentang contoh kepribadian. Tujuannya agat materi ini dapat lebih mudah untuk dipahami dan ditelaah lebih lanjut.

Contoh Kepribadian

Contoh mengenai kepribadian yang dapat disebutkan misalnya saja, ketika ada seseorang seorang siswa di sekolah yang harus menyelesai kan perselisihan yang terjadi antara dua orang temannya. Keinginannya untuk menyelesaikan perselisihan merupakan kepribadiannya.

Adapun tindakan untuk upaya penyelesaian konflik tersebut merupakan bagian daripada perilakunya. Dengan contoh inilah setidaknya kepribadian mencakup kebiasaan, sikap, dan sifat seseorang yang khas dan berkembang apabila berhubungan dengan orang lain

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian kepribadian dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang membutuhkan materi tentang “kepribadian”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *