Pengertian Kemiskinan, Jenis, dan Cirinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kemiskinan, Jenis Kemiskinan, Contoh Kemiskinan, Bentuk Kemiskinan, Macam Kemiskinan, Faktor Kemiskinan, Ciri Kemiskinan

DosenSosiologi.Com– Kemiskinan yang disetiap wilayah pada dasarnya menajdi salah satu masalah sosial karena faktor ekonomis. Pengertian masalah sosial seperti ini seringkali menjadi penyebab negara datau daerah sulit mengalami kemajuan, hal ini di dasarkan pada kekuarangan sektor ekonomi yang dapat mempengaruhi kesehatan, kriminalitas, dan maraknya keteraturan sosial yang di langgar. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian kemiskinan, jenis, dan ciri kemiskinan.

Kemiskinan

Perbedaan kedudukan berbagai sektor kehidupan manusia seringkali di dasari pada ekonomi masyarakat, hal ini ditentukan secara jelas karena berkembangnya nilai-nilai sosial baru tentang kedudukan yang berkenaan dengan pemilikan benda-benda bernilai ekonomi.

Kondisi ini menjadi salah satu problem dilematik dalam kehidupan manusia. Yang mana persoalan akan terjadi, bagi masyarakat yang memiiki ekonomi tinggi atau baik akan mendapatkan kedudukan dan bagi masyarakat yang memiliki perekonomian buruk (miskin) akan mendapatkan status sosial yang rendah.

Pengertian Kemiskinan

Pengertian kemiskinan adalah suatu keadaan yang terjadi pada seseorang dengan kondisi tidak sanggup memelihara dirinya sendiri yang sesuai dengan taraf kehidupan dalam kelompok sosial, selain itu juga kemiskinan dianggap tidak mampu memanfaatkan tenaga mental ataupun fisiknya dalam pergaluan dalam kelompok masyarakat. Selengkapnya, baca; Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Menurut ahli, definisi kemiskinan adalah sebagai berikut;

Prof.Mubiyarto

Pengertian kemiskinan adalah rendahnya pendapatkan ekonomi masyarakat, yang menjadi penyebab taraf kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan dalam masyarakat menurut. Keadaan ini bukan hanya terjadi di wilayah pedesaan akan tetapi juga terjadi di wilayah perkotaan.

Levitan

Definisi kemiskinan adalah kondisi kekurangan barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan hidup. Keadaan ini menjadikan masyarakat dalam keadaan yang tidak mampu menempuh pendidikan serta kesehatan yang baik. Oleh karennya perlu adanya solusi dalam menciptkan kesetabilan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemiskinan ialah kondisi kekuarangan masyarakat dalam mendapatkan hajat kebutuhan hidupnnya. Baik kebutuhan primer seperti sandang, papan, dan pangan. Ataupun untuk memenuhi kebutuhan skunder.

Jenis-Jenis Kemiskinan

Ada beragam macam kemiskinan yang terjadi di suatu masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Kemiskinan Subjektif

Pengertian kemiskinan subjektif adalah kondisi kemiskinan yang dialami masyarakat berdasarkan pada hasil pemikirannya sendiri. Seseorang tersebut cenderung ingin mengetakan miskin karena kebutuhan serta keinginannya tidak terpenuhi secara cukup.

Contoh masyarakat miskin jenis ini misalnya saja adalah para pengemis musiman di yang ada di Kota-Kota Provinsi di Jawa Tengah, Medan, dan kota lainnya. Yang seringkali setiap ada momentum keadaerahan memilih mendapatkan yang dari belas kasihan orang.

Kemiskinan Absolut

Kemiskinan Absolut adalah kondisi kemikiskinan yang dialami oleh anggota keluarga, baik anak, dan orangtua. Keadaan ini terjadi dalam kurun waktu tertentu serta sulit bagi mereka mendapatkan pendidikan yang tinggi, kesehatan memadai, dan kebutuhan lainnya.

Contoh yang menjadi jenis kemikiskinan ini misalnya adalah keluarga yang kurang mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan SMP, atau SMA yang menjadikan anak-anak mereka bekerja serabutan, seperti menjadi pemulung, ataubahkan menjadi buruh harian. Dengan keadaan ini mereka akan selalu berada dalam lingkarang kemiskinan.

Kemiskinan Relatif

Kemiskinan relatif adalah kondisi kemiskinan yang seringkali terjadi pada karekateritik negara berkembang, yakni perubahan kebijakan pembangunan dalam masyarakat yang tidak merata antara di daerah-daerah maju dan daerah tertinggal. Karena kondisi tersebut masyarakat sulit menjual hasil pertanian mereka atau sulit mengakses kemajuan sosial yang ada.

Contoh yang menajdi bagian daripada kemikiskinan jenis ini misalnya saja kurangnya lapangan kerja yang ada di Papua, kekeuarangan ini secara langsung akan berdampak pada persoalan banyaknya pengangguran di dalam kehidupan masyarakat.

Kemiskinan Alamiah

Kemiskinan alamiah adalah jenis kemiskinan yang terjadi karena kurangnya masyarakat dalam dalam SDA (Sumber Daya Alam), hal ini seringkali didasarkan pada tandusnya kondisi tanah, seringkali terkena bencana alam, dan sektor lainnya yang berhubungan dengan alam sekitar.

Contoh yang nyata dalam jenis kemikiskinan ini misalnya saja  orang yang berada di Negara Zimbabwe mereka sulit menjadi negara maju karena daerah mereka terkenal sangat tandus dan tidak ada SDA yang bisa dikelola untuk kejehteraan masyarakat.

Kemiskinan Kultural

Kemiskinan kultural adalah kondisi kemikiskinan yang di dasari pada subtural kebudayaan, terkekeangnya kebudayaan menolah perubahan sosial yang ada. Padahal perubahan sosial ini akan senantiasanya di alami oleh masyarakat.

Contoh yang nyata dalam jenis kemiskinan ini ada Suku Badui di Provinsi Banten, Suku Badui secara kekeh menolak ajaran-ajaran dalam sistem modern, seperti pemenfaatnya teknologi, dan lain sebaginya. Keadaan ini didasarkan pada aliran kepercayaan mereka terhadap adat yang kuat.

Kemiskinan Struktural

Kemiskinan struktural adalah kondisi kemikiskinan yang terjadi pada masyarakat untuk menghubungkan antara sumber daya dengan sektir struktural masyarakat. Pengertian struktur sosial ini adalah sistem sosial yang memberikan banyak peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan taraf hidup yang lebih baik.

Contoh nyata dalam kasus kemikiskinan ini misalnya saja adanya masyarakat di daerah tertentu yang malas bekerja, kasus perusahaan freeport yang dikelola orang asing, dengan latar belakang masyarakat di papau hanya sebagi buruh harian yang bekerja, itupun pada pekerjaan-pekerjaan yang tidak menaikan kompetesinya untuk mengelola daerah sekitar.

Ciri Kemiskinan Secara Umum

Berbagai latar belakang yang menjadi faktor penyebab kemiskinan dalam masyarakat, antara lain haruslah memilii ciri-ciri sebagai berikut;

Sulit Memenuhi Kebutuhan Primer

Salah satu identik dengan kemiskinan adalah sulitnya dalam memenuhi kebutuhan primer, kebutuhan ini menjadi penentu masyarakat dalam memperoleh  sandang dan pangan. Bagi seseorang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan primer bisa dikatkan sebagai salah satu kategori dalam masyarakat miskin.

Sulit Mengelola SDA Karena Minimnya SDM

Kesulitan masyarakat dala mengelola SDA sebagai sumber kekayaan dari Alam menjadi salah satu ciri kemikiskinan yang terjadi dalam masyarakat, kesulitan ini banyak di dasari karena masyarakat kurang bisa memberikan kontribusi dalam berbagai sisi kehidupannya, terutama dalam mencipataan SDM yang berkompeten.

Dari penjeleasan mengenai pengertian kemikiskinan, jenis, contoh, dan cirinya diatas, dapat dikatakan bahwa kemikiskinan yang terjadi dalam masyarakat membuat masyarakat akan senantiasa sulit meningkatkan kualitas hidupnya, selain itu juga kemiskinan akan memberikan dampak bagi orang-orang melakukan tindakan yang melanggar norma dan nilai, misalnya mencuri, melacur, atau korupsi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kemiskinan, jenis, dan ciri kemiskinan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refensi mengenai “kemiskinan”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *