Pengertian Inovasi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Inovasi dan Contohnya dalam Sosiologi

DosenSosiologi.Com– Konsep perubahan sosial yang terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat pada dasarnya dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya yang dominan mempengaruhi masyarakat adalah prosespembaruan atau inovasi yang tidak lepas dari fakta sosial bahwa masyarakat adalah mahluk sosial yang bergerak secara dinamis. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan menjelaskan tetang pengertian inovasi dan contohnya.

Inovasi

Inovasi adalah istilah yang berasa dalam Bahasa Inggris “inovation” yang memiliki makna penemuan baru yang berbeda dari keadaan sebelumnya. Dalam inovasi diperlukan masyarakat yang siap untuk dikritik lantaran apa yang dijalankan dan dilakukannya tidak sesuai dengan sistem sosial yang ada sebelumnya (kebiasannya).

Pengertian Inovasi atau Penemuan

Pengertian inovasi adalah suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, dan modal, pengaturan baru dari tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru yang semua akan menyebabkan adanya sistem produksi, dan dibuatnya produk-produk yang baru. Oleh karena itulah inovasi seringkali dihubungan antara pembaruan kebudayaan, teknologi dan juga pada perekonomian.

Definsi lain, dalam sosiologi inovasi diartikan sebagai sikap yang dimiliki oleh seseorang untuk menerima cara baru dalam penempatan nilai budaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam inovasi upaya pencapaian tujuan tidak dilakukan dengan cara yang konvensional dan dilarang, khususnya yang dapat merusak integrasi sosial dan keteraturan sosial.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Imitasi dan Contohnya
  2. Pengertian Simpati dan Contohnya
  3. Pengertian Identifikasi dan Contohnya

Contoh Inovasi

Beragam contoh yang dapat diberikan dalam inovasi ini. Baik dalam pendidikan, kebudayaan, masyarakat, ataupun di dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalankan selama ini.

Contoh Inovasi dalam Pendidikan

Contohnya mengenai inovasi dalam pendidikan misalnya saja adanya seorang guru mengajar dengan cara yang membuat kelas ribut. Meskipun tadinya dianggap mengganggu dari adat yang sebelumnya dijalankan akan tetapi pada faktanya dengan cara itulah keberhasilan yang di dapatkan adalah meningkatkan semangat siswa belajar.

Contoh Inovasi dalam Budaya

Contoh inovasi dalam kebudayaan, misalnya saja mengenai adanya pembaharuan dalam memanfaatkan teknologi. Banyak ditemukan aplikasi di adroid yang membuat musik angklung secara online, musik dan suaranya diciptkan sama persis akan tetapi untuk alat yang dipergunakan berbeda dengan keadaan sebelumnya, yang cederung dengan tradisional.

Contoh Inovasi dalam Masyarakat

Masyarakat yang bergerak secara dinamis menimbulkan banyak indovasi. Pengertian masyarakat ini adalah sekumpulan orang yang beriteraksi berintergrasi untuk mencapai tujuan. Adapun contoh inovasi dalam masyarakat, khususnya seringkali dipergunakan dalam pertanian menggunakan traktor padahal pada saat sebelumnya pertanian menggunakan bajak sawah yang memanfaatkan hewan kerbau.

Contoh Inovasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Adapun di dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung kita juga menjalakan inovasi, dalam hal ini misalnya saja untuk berinterkasi dengan orang lain. Yang dahulu dipergunakan melalui surat menyurat akan tetapi pada saat ini bisa memanfaatkan media sosial, menelphon, dan kegiatan lainnya.

Dari penjelasan mengenai pengertian inovasi dan contohnya di atas, dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang baru dan belum ada pada saat sebelumnya dapat menciptkan masyarakat yang berkembang meskipun dengan keadaan yang berbeda. Oleh karena itulah ada pendapat yang mengatakan jika inovasi ini di definisikan sebagai penemuan unsur-unsur kebudayaan baru. Sebagiman dalam pengertian asimilasi dan pengertian akuturasi.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian inovasi dan contohnya, semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mendalami tentang “materi inovasi”. Trimakasih,

3.6 (72%) 5 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *