Pengertian Identifikasi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian dan Contoh Identifikasi Sosiologi

DosenSosiologi.Com– Identifikasi menjadi salah satu bentuk interaksi sosial dalam masyarakat. Identifikasi ini begitu penting untuk di pahami, terutama di pahami oleh seseorang yang mengambil studi ilmu sosiologi. Oleh karena itulah tulisan ini akan menjelaskan tentang pengertian identifikasi dan contohnya.

Pengertian Identifikasi

Pengertian identifikasi adalah kecenderungan dalam yang ada dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Identifikasi merupakan bentuk lebih lanjut dari proses imitasi dan proses sugesti yang berlangsung dalam diri seseorang, perbedannya dalam proses identifikasi memiliki pengaruh yang  cukup kuat.

Adapun istilah lain bagi orang lain yang menjadi sasaran dalam identifikasi dinamakan idola. Dimana untuk seluruh tindakan, sikap, kepercayaan dan bahkan sampai pada pola hidup yang dilakukan oleh indivud tersebut sama pesis dalam idola.

Contoh Identifikasi

Beberapa contoh yang ada dalam identifikasi khususnya dalam objek kajian sosiologi, misalnya saja mengenai adanya  Yusuf sebagai mahasiswa di PTS Swasta di Jakarta, ia mengidentifikasikan dirinya dengan tokoh artis holliwod terkenal yang ia kagumi, seperti Syahruh Khan. Kemudian, yusuf tersebut berusaha melakukan perubahan yang besar, baik dalam penampilan, tarian, gaya bicara, bahkan sampai minuman kesukaannya pun di ikuti demi sama persis dengan sanga idola, yaitu Syahruh Khan.

Contoh Identifikasi dalam Budaya

Contoh lainnya, mengenai identifikasi lainnya. Terutama dalam permasalahan budaya, misalnya saja mengenai adanya klim yang dilakukan oleh Malaysia terhdap kebudayaan Reog Ponorogo. Reog Ponorogo dalam hal ini diakui sebagai kebudayaan negara tersebut, pada sejarah hitorinya, sangatlah jelas Reog Ponorogo sebagai kebudayaan asli Indonesia.

Demi mengklaim bahwa Reog Ponorogo adaah kebudyaan Malaysia meraka bahkan mendatangkan langsung para budayawan di Indonesia untuk memberikan pelatihan dan kterampilan yang sama dengan Reog Ponorogo dimana berasal.

Contoh Identifikasi dalam Masyarakat

Contoh terakhir mengenai proses identifikasi dalam masyarakat dan dapat memberi pengaruh yang baik, misalnya saja adanya seorang remaja yang mengidolakan secara berlebihkan tokoh-tokoh wirasudaha, demi mengidolakan tersebut seorang remaja rela melakukan apa yang dulu di lakukan oleh tokoh wirausaha, seperti berani berjualan di saat rekan-rekan sebaya dengannya bermain.

Hingga akhirnya, dengan adanya kecenderungan yang ia lakukan sama, lambat laut dia sendiri akan mendapatkan apa yang ia inginkan. Sebab baiar bagimanapun dalam fikiran yang muncul adalah kata “Tidak Pantang Menyerah, Meski Gagal”.

Dari contoh kasus tersebut dapatlah dikatakan jika pada dasarnya identifikasi dapat berdampak postif dan dapat berdampak sebagai hal yang negatif. Semuanya memang tergantung daripada kegiatan yang dilakukan, sebagai antisipasi dari identifikasi alasangkan baiknya sebelum meniru pada tahap identifikasi diamanti mengenai pengaruh yang akan terjadi dalam diri sendiri, karena apa yang kita lakukan akan menjadi teladan di masa mendatang.

Oleh karenanya, kesimpulan mengenai tulisan ini dapat diartikan bahwa berbagai bentuk masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat yang ada di lingkungan seringkali terjadi identifikasi, yang atinya adalah kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian identifikasi dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Identifikasi dalam Sosiologi”. Trimakasih,

1.2 (23.78%) 37 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *