Pengertian Globalisasi Ekonomi, Dampak, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Globalisasi Ekonomi, dampak, dan Contohnya

DosenSosiologi.Com– lnteraksi sosial yang terjadi pada penduduk dunia pada saat ini tidak terbatas ruang dan waktu. Salah satu interaksi yang paling intens terjadi di bidang ekonomi, hal ini dibuktikan dengan semakin  berkembangnya globalisasi ekonomi serta perdagangan internasional. Oleh karena itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian globalisasi ekonomi, dampak, dan contohnya.

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Pengertian globalisasi ekonomi adalah segala bentuk aktivitas ekonomi yang menunjukkan integrasi pasar antarnegara tanpa hambatan batas teritorial dalam suatu negara. Gejala globalisasi ekonomi tampak pada sektor produksi, keuangan, investasi, dan perdagangan yang berpengaruh pada hubungan antarnegara.

Pengertian Globalisasi Ekonomi Menurut Para Ahli

Adapun definisi para ahli, mengenai pengertian globalisasi ekonomi ini antara lain adalah sebagai berikut;

Tanri Abeng

Menurut salah satu ekonom dari Indonesia ini memberikan pengertian globalisasi ekonomi adalah suatu aspek kegiatan-kegiatan manusia yang sejatinya dapat dilihat dalam bentuk globalisasi produksi, pembiayaan, tenaga kerja, jaringan informasi, dan perdagangan.

Adapun definisi globalisasi ekonomi ini merujuk pada kata dasar dalam globalisasi yang mana pengertian globalisasi adalah persatuan pada masyarakat dunia yang tidak ada batasan, termasuk di dalam teknologi dan sistem perekonomian.

Proses globalisasi ini terbentuk dari masyarakat dunia yang bisa saling berhubungan satu sama lainnya, yang dapat menciptkan peluang dan ancaman tersediri, peluang yang dicitakan adalah bisa menambah angkat kerja akan tetapi disisi lain dengan adanya globalisasi ekonomi produk-produk lokal kalah melakukan persaingan bebas pada produk yang sudah memiliki brand atau nama besar.

Dampak Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi membawa dampak positif dan negatif bagi perekonomian negara, hal ini sesuai dengan perkembangan globalisasi yang menciptakan pasar secara kapitalisme, artinya siapa saja yang mamiliki modal besar akan bisa memberikan pengaruh bahkan melemahkan masyarakat yang tak punya modal disisi lain dengan adanya globalisasi ekonomi produk-produk di negara tertentu akan mudah di dapatkan. Oleh karena itulah berikut ini serangkaian dampak globalisasi ekonomi;

Dampak Positif Globalisasi Ekonomi

Dampak atau akibat postif dari gobalisasi ekonomi tersebut, antara lain adalah sebagai berikut;

Meningkatnya Kapasitas Produksi

Peningkatan kapasitas produksi menjadi salah satu aspek penting dalam globalisasi ekonomi, dengan artian dalam masyarakat global yang melakukan perdangangan akan terus meluasakan pangsa pasaranya. Dengan adanya pasar yang luas penjualan juga akan meningkat tajam, hingga akhirnya kondisi ini menimbulkan adanya pengelola produk, baik jasa atau barang secara lebih besar.

Meningkatnya Kemakmuran Negara

Dampak positif lainnya, dari globalisasi ekonomi adalah peningkatan kemakmuaran pada suatu negara. Perolehan kemakmuran ini didapatkan dengan adanya hasil pajak yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan tertentu, apalagi jika sudah di hak patenkan setiap negara yang ikut meluasakan produknya haruslah meinta izin dengan memberikan distribusi pendapatkan tamabahan.

Semakin Luasnya Pasar Produk dalam Negeri

Meluasnya produk dalam negri yang dimaksudkan adalah produk-produk berkualitas dan berbeda dengan produk lainnya. Produk dalam negari yang ikut bergabung dalam globalisasi ekonomi ini akan mudah di dapatkan ketika seseorang pergi dan berkunjung ke negara lainnya.

Meningkatnya Modal untuk Membiayai Pembangunan Ekonomi

Dampak postitif globalisasi ekonomi, yang lainnya adalah menimgkatakan modal dalam membiayai ekonomi pembangunan. Baik perekonomian yang dilakukan untuk perusahaan itu sendiri ataupun perekonomian yang dilakukan untuk negara-negara yang bersangkutan.

Berkembangnya Teknologi

Teknologi dan ekonomi menjadi salah satu aspek bahasan utama dalam globalisasi ekonomi, teknologi memiliki peranan yang tinggi dalam hubungan sosial masyarakat. Peranan ini di dapatkan dari adanya keyakinan akan kebutuhan manusia. Misalnya saja berembangnya teknologi dalam globalisasi ekonomi ini adalah kasus penggunaan email untuk penjualan, berkembangnya waktu masyarakat lebih suka langsung pada marketplace (toko berbasis online).

Dampak Negatif Globalisasi Ekonomi

Selain memberikan dampak positif dalam globalisasi ekonomi tentusaja memberikan dampak negatif. Dampak ini paling sering dirasakan untuk karakteristik negara berkembang. Adapun secara lebih lanjut dampak negatif dari globalisasi ekonomi antara lain adalah sebagi berikut;

Perkembangan Industri dalam Negeri Terhambat

Industri kreatif di dalam negari akan terhambat dengan adanya globalisasi ekonomi, hal ini didasari pada kalahnya persaingan dan juga kalahnya modal dalam melakukan perdangan dan pengembangan produk, oleh karena itulah setiap masyarakat keratif mencipatakan produk-produknya harus lebih giat dibandingkan dengan sebelumnya.

Ketidakstabilan Neraca Pembayaran

Tidak stabil dalam globalisasi ekonomi tertutama dirasakan bagi neraca pembayaran, hal ini disebabkan kerana dalam globalisasi ekonomi seringkali harga jual dalam pasar lebih besar dengan proses pengirimannya yang akhirnya dengan keadaan ini banyak perusahaan menangah ke bawah gulung tikar atau bangkrut.

Sektor Keuangan Tidak Stabil Akibat Investasi Berlebihan

Investasi yang ada dalam masyarakat membuktikan adalah keinginan bangsa lain untuk ikut meluasakan pasar produksinya. Akan tetapi dengan investasi yang berlebihan membuat sulit untuk mengatur keuangannya, hal ini banyak disebabkan karena tingginya tuntutan dari para investor.

Prospek Pertumbuhan Ekonomi Jangka Panjang Melemah

Peluang ekonomi jangka pajang yang ada di setiap negara akan melamah, kebijakan yang dilakukan tidak akan berpangaruh signifikan pada perkembangan ekonomi global. Hal ini disebabkan karena banyaknya produk yang masuk di suatu negara membuat masyarakat hanya sebatas menjadi penonton dan penikmat daripada derasnya  globalisasi ekonomi.

Artikel Terkait;

  1. 11 Faktor Penyebab Globalisasi dan Penjelasannya
  2. 100 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Serta Contohnya
  3. 6 Tantangan Globalisasi di Indonesia dan Contohnya

Contoh Globalisasi Ekonomi

Beberapa contoh yang bisa disebutkan dalam globalisasi ekonomi, antara lain adalah sebagai berikut;

Contoh Globalisasi Ekonomi di Indonesia

Contoh globalisasi ekonomi yang dialami Indonesia pada saat ini misalnya dalam mie produk Indofood yang pada fakta globalisasi di Indonesia sudah dikenal sampai ke 100 Negara bahkan produk mie asli Indonesia ini menjadi primadona makanan serta menjadi produksi dominan di banyak negara-negara Afrika.

Contoh Globalisasi Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh lainnya dalam kehidupan sehari-hari kita merakan adanya dampak signifikan dalam globalisasi ekonomi, misalnya dalam penggunaan sepada motor dengan merek Honda, Yamaha, Suzuki, atau lain sebaginya. Yang banyak dikenal produk tersebut berasal dari Japan sebagai produsen industri sependa motor terkenal di dunia, termasuk dalam Indonesia. Keseharian kita sebenarnya sudah menimati kasus globalisasi ekonomi ini.

Contoh Globalisasi Ekonomi di Lingkungan Sekitar

Contoh lainnya, mengenai globalisasi ekonomi di lingkungan sekitar, misalnya saja dalam penggunan teknologi seperti Watshaap, Facebook, atupun Twitter yang banyak digunakan masyarakat di sekitar kita adalah produk-produk dari luar negri, kondisi ini bahkan menimbulkan kekalahan saingan para pembuat media sosial di Indonesia sendiri, dan ini tentusanya menjadi salah satu permasalahan sosial akibat globalisasi ini di Indonesia.

Contoh Globalisasi Ekonomi Dunia

Contoh globalisasi dunia yang sangat berpengaruh dan dipergunakan oleh masyarakat adalah penggunaan Ms Word karya salah satu Warga Negara Amerika Serikat, Bill Gats. Hampir setiap negara membutuhkan Ms Word untuk berbagai kepentingannya, hal ini merupakan contoh globalisasi dunia yang dilakukan dengan kasus perseorangan/perusahaan.

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian globalisasi ekonomi, dampak, dan contohnya di atas, dapa dikatakan bahwa yang dikatakan dengan globalisasi ekonomi memiliki ciri-ciri bahwa batasan negara menipis, mudahnya informasi menyebar disetiap negara dunia, dan selain itu adalah kegiatan perdangan semakin luas dari waktu ke waktu.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian globalisasi ekonomi, dampak, contoh, dan cirinya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang “globalisasi ekonomi”. Trimakasih,

5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *